Pilgub Jabar: PAN dukung Deddy Mizwar

Yuli Saputra

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Pilgub Jabar: PAN dukung Deddy Mizwar
"Banyak warga masyarakat yang ketemu saya meminta kepada PAN agar mencalonkan Deddy Mizwar."

BANDUNG, Indonesia — Partai Amanat Nasional (PAN) mengusung Deddy Mizwar sebagai calon gubernur di Pilkada Jawa Barat yang akan digelar 2018 mendatang.  Pengusungan itu merupakan aspirasi masyarakat yang berasal dari berbagai organisasi Islam di Jawa Barat, seperti NU, Muhammadiyah, dan Persis.

“Saya hampir tiap minggu ke Jawa Barat, sudah hampir satu tahun, banyak warga masyarakat yang ketemu saya meminta kepada PAN agar mencalonkan Deddy Mizwar untuk menjadi gubernur Jawa Barat,” kata Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan, saat jumpa pers di Bandung, Rabu 25 Oktober 2017.

Dukungan itu, lanjut Zulkifli, diberikan tanpa syarat hanya berlandaskan aspirasi dari masyarakat.  Kendati demikian, Zulkifli dengan nada berseloroh mengungkapkan, PAN telah menerima “mahar” dalam bentuk air zamzam dan kurma buah tangan dari Deddy Mizwar sepulang ibadah umrah.

“Ya, memang tanpa syarat.  Tapi ada oleh-oleh.  Maharnya ada.  Kemarin kami dibawai satu air zam-zam dan kurma Ajwa.  Jadi maharnya air zamzam dan kurma, kemarin sudah diserahkan ke DPW PAN untuk dinikmati sambil buka puasa bersama,” ujar Zulkifli yang disambut tawa hadirin.

Namun dengan hanya 4 kursi PAN di DPRD Jawa Barat, membuat partai berlambang matahari itu harus berkoalisi dengan partai lain agar bisa memenuhi 20 kursi syarat pencalonan di Pilgub Jabar.  Dengan kondisi itu, Zulkifli mengatakan, PAN akan terus melakukan komunikasi dengan parpol lain terutama yang tergabung dalam Koalisi Poros Baru, yakni Partai Demokrat dan Gerindra.  Komunikasi dengan partai koalisi itu juga termasuk dalam hal menentukan calon wakil gubernur yang akan mendampingi Deddy Mizwar.

“PAN tidak bisa sendiri.  Oleh karena itu, akan terus berkomunikasi, berdiskusi, bertemu dengan teman koalisi, Partai Gerindra, Demokrat, dan lain-lain, untuk terus melakukan komunikasi politik agar bisa bersama-sama nanti mendukung Bung Deddy Mizwar,” kata Ketua MPR itu.

Zulkifli menegaskan, dukungan PAN hari ini memang belum formal.  Baru sebatas pengumuman yang akan segera ditindaklanjuti PAN dengan menggelar rapat nanti malam di Jakarta.   Dukungan itu akan dinyatakan final setelah PAN menyerahkan surat keputusan (SK) kepada Wakil Gubernur Jawa Barat itu. 

“Resminya setelah ada SK.  Nanti kita akan segera bertemu dengan teman-teman partai lainnya, karena gubernur gak bisa maju kalau gak ada wakilnya.  Nanti tentu harus ada kesepakatan bersama tidak bisa kalau PAN sendiri, kami menyadari itu,” ungkap Zulkifli.

Menanggapi dukungan terhadap dirinya, Deddy Mizwar mengaku mendapat kehormatan yang luar biasa, apalagi dukungan itu didapatnya tanpa syarat.  Menurutnya, itu sebuah komitmen yang luar biasa dari PAN.

“Tanpa syarat tadi sudah komitmen yang luar biasa, dari pak ketua umum karena banyak dukungan.  Dukungan ini tanpa syarat, saya kira ini hal yang luar biasa,  hal yang mewah di dunia perpolitikan saat ini,’ ujar Jenderal Naga Bonar itu.

Munculnya dukungan dari PAN, kata Deddy, seolah menjadi pemecah kebekuan setelah kegaduhan atas pencalonannya selama dua bulan terakhir ini.  Ke depannya, Deddy berharap, proses politik antara partai koalisi bisa berlangsung terus menerus hingga ditetapkannya pasangan cagub dan cawagub yang ideal dan bisa memenangkan kursi Jabar satu.

Ini perlu kerja keras, bekerja sama, dan bersama-sama bekerja,” ujar Deddy.  —Rappler.com 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!