Pilgub Jabar: Diplomasi air zam-zam ala Deddy Mizwar

Yuli Saputra

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Pilgub Jabar: Diplomasi air zam-zam ala Deddy Mizwar
Selepas umrah, Deddy Mizwar rajin bersafari politik. Ia mengunjungi sejumlah partai politik sambil membawa kurma dan air zam-zam

BANDUNG, Indonesia — Mendekati masa pendaftaran Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar 2018, Deddy Mizwar semakin intensif menjalin komunikasi dengan sejumlah partai politik.  

Wakil Gubernur Jawa Barat itu, misalnya, mendatangi PDI Perjuangan (PDIP) dan Perindo di awal safari politiknya.  Sepulang dari umrah, aktor berjuluk Jenderal Naga Bonar itu kembali melanjutkan safari politik ke partai politik lain. 

Dari tanah suci, Deddy langsung mengunjungi Kantor DPD Partai Gerindra Jawa Barat yang berlokasi di Jalan PHH Mustafa Kota Bandung, Senin 23 Oktober 2017. Tak lupa, ia membawa oleh-oleh air zam-zam dan kurma.“Ini bukan mahar,” ujar Deddy sambil tertawa.

Memang bukan mahar, sebab partai yang dipimpin Prabowo Subianto itu belum menentukan calon gubernur atau wakil gubernur yang bakal diusungnya di Pilgub Jabar.  

Tapi air zam-zam dan kurma dianggap Deddy sebagai “mahar” untuk merekatkan kembali hubungan dirinya dengan Gerindra yang sempat dikabarkan renggang.

“Urusan-urusan kemarin yang seolah-olah hingar bingar tadi, mudah-mudahan dengan pertemuan ini bisa cair dan bagaimana pilgub nanti bisa berjalan dengan suasana lebih baik. Makanya itu, bukan mahar tapi buah tangan dari Mekah,” kata Deddy.

Diplomasi air zam-zam dan kurma juga dilakukan Deddy saat berkunjung ke kantor DPD Partai Demokrat Jawa Barat, Jalan Sinom Kota Bandung, Selasa 24 Oktober 2017.  Ia kembali membawa satu galon air zam-zam dan kurma.  

Kali ini, Deddy terang-terangan menyebutkan oleh-olehnya itu adalah mahar, meski dalam konteks bercanda.

“Dan mahar tetap kurma. Mahar harus dimudahkan, diringankan, supaya ijab kabul jangan sampai tersendat karena mahar,” katanya disambut gelak tawa pengurus Partai Demokrat Jabar yang hadir.“Oke juga diplomasi kurma,” imbuhnya.

Deddy lalu menjelaskan manfaat air zam-zam yang bisa mengabulkan keinginan orang yang meminumnya.“Dan kenapa zam-zam? Itu manfaatnya sesuai yang dikehendaki oleh yang minum.  Niatnya apa bagi peminumnya dan itu akan dikabul,” sebut Deddy.

Partai Amanat Nasional (PAN) kebagian pula oleh-oleh khas Arab Saudi itu.  Deddy membawanya saat melakukan safari politik ke kantor PAN yang berlokasi di Jalan Ibrahim Adjie Kota Bandung, Selasa.

Sepertinya, diplomasi air zam-zam dan kurma Deddy Mizwar kepada PAN berhasil.  Terbukti, sehari setelah kunjungan tersebut, PAN menyatakan dukungannya terhadap suami dari Giselawati Wiranegara ini.

“Ya, memang (dukungan) tanpa syarat.  Tapi ada oleh-oleh.  Maharnya ada.  Kemarin kami dibawai satu air zam-zam dan kurma Ajwa,” ujar Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan yang disambut tawa hadirin.

Dengan adanya dukungan dari PAN, Deddy Mizwar telah mengantongi 4 kursi menuju syarat minimal 20 kursi sebagai tiket melaju ke kontestasi Pilgub Jabar.  

Nampaknya, Deddy masih harus melakukan komunikasi lebih lanjut dengan partai politik lain untuk memuluskan langkahnya ke petarungan meraih kursi Jabar satu. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!