Jokowi menolak menerima sumbangan dalam acara pernikahan Kahiyang Ayu

Ari Susanto

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Jokowi menolak menerima sumbangan dalam acara pernikahan Kahiyang Ayu

ANTARA FOTO

Jokowi juga menolak menerima sumbangan ketika menggelar pernikahan putra pertamanya Gibran Rakabuming Raka

SOLO, Indonesia – Menteri Dalam Negeri Tjhajo Kumolo memastikan jika Presiden Joko “Jokowi” Widodo tidak menerima hadiah atau pemberian barang dalam bentuk apa pun dalam acara pernikahan putrinya Kahiyang Ayu. Yang diterima, ujar Tjahjo, hanya terbatas karangan bunga.

Padahal, sebelumnya Jokowi juga sempat menolak pemberian karangan bunga tersebut, kendati diizinkan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Beliau ingin memberikan contoh sebagai pejabat tinggi negara apalagi Presiden tidak mau menerima gratifikasi (hadiah). Itu kan di dalam Undang-Undang jelas dan Beliau konsisten,” ujar Tjahjo usai berbicara di Universitas Gadjah Mada pada Senin, 6 November kemarin.

Sikap serupa juga ditunjukkan Jokowi ketika menggelar acara pernikahan untuk putra pertamanya Gibran Rakabuming Raka. Jokowi juga menolak menerima hadiah apa pun.

“Hadiah kepada mempelainya juga tidak boleh, karena yang punya kerja kan bukan mempelai, tetapi orang tuanya,” kata dia.

Oleh sebab itu, Tjahjo berharap seluruh kepala daerah atau pejabat tinggi negara lainnya dapat meniru apa yang dicontohkan oleh Presiden. Jika menerima pun harus segera dilaporkan ke KPK.

Salah seorang warga Solo Sumartono Hadinoto yang ikut diundang ke acara resepsi pada malam ini menjelaskan larangan itu tertera di dalam kartu penukar souvenir yang diselipkan di setiap undangan.

Kental nuansa Jawa

TOLAK SUMBANGAN. Kartu yang disisipkan di dalam undangan pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution yang menolak menerima sumbangan. Foto: istimewa

Rangkaian acara pernikahan Kahiyang dan Bobby sudah dimulai sejak pukul 08:00 WIB. Keluarga Kahiyang dan Bobby, termasuk Jokowi bertolak menuju ke lokasi akad di Graha Saba Buana menggunakan kereta kencana.

Nuansa Jawa yang kental terlihat dalam dekorasi, menu makanan dan acara pernikahan. Bahkan, susunan kegiatan pernikahan dibacakan oleh MC dengan menggunakan Bahasa Jawa alus.

Saat dilakukan penjemputan mempelai pria oleh keluarga Jokowi, panitia memainkan musim gamelan Jawa. Selain itu, keluarga juga menyajikan makanan tradisional seperti serabi Solo, martabak telur, dan martabak manis, sate kere, timlo, cabuk rambak, serta minuman sari buah.

Saat akad, Bobby menyerahkan seperangkat alat salat dan emas 80 gram kepada Kahiyang. Usai akad, keluarga kedua mempelai menggelar resepsi pada siang dan malam hari. – dengan laporan ANTARA/Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!