Polisi tetapkan sopir yang menyebabkan Setya Novanto celaka jadi tersangka

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Polisi tetapkan sopir yang menyebabkan Setya Novanto celaka jadi tersangka
Namun, Hilman tidak ditahan karena ancaman kurungan penjara kurang dari lima tahun

JAKARTA, Indonesia – Polisi menetapkan pengendara mobil Toyota Fortuner dengan nomor pelat B 1732 ZLO dan membawa Ketua DPR Setya Novanto resmi sebagai tersangka. Identitas pengendara diketahui bernama Hilman Mattauch, seorang jurnalis stasiun televisi swasta.

Hilman dikenakan UU Lalu Lintas dan Angkutan Jalan nomor 22 tahun 2009.

“Makanya, kami kenakan UU Lalu Lintas ya, spesialis ini di pasal 283 kemudian juncto Pasal 310 ancaman (penjara) 3 bulan. Namanya seseorang ditilang itu, tersangka bukan?” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes (Pol) Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya pada Jumat, 17 November.

Namun, Hilman tidak ditahan karena ancaman kurungan penjara di bawah lima tahun. Saat diperiksa polisi, Hilman bisa menjawab dengan lancar.

“Ya (Hilman) enggak ditahan dong,” kata dia.

Hingga saat ini, Hilman masih berada di kantor Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Pancoran, Jakarta Selatan dan menjalani pemeriksan. Begitu juga mobil Toyota Fortuner yang bagian depannya terlihat ringsek.

“Hilman masih di Pancoran. Masalah SIM-nya ditahan atau tidak kami cek dulu,” tutur Argo.

Menurut informasi Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes (Pol) Halim Pagarra menjelaskan jika Hilman mengemudikan kendaraan tidak dalam konsentrasi penuh. Ia sempat menyetir sambil menerima panggilan telepon, berbicara dengan Setya dan dalam situasi letih.

Hilman rencananya tengah mengantarkan Setya untuk ke kantor stasiun televisi tempatnya bekerja karena akan menjadi nara sumber di satu program acara di sana.

“Di tengah perjalanan, disepakati untuk live saja melalui telepon. Kemudian pengemudi bermaksud mencari tempat yang aman. Selesai melakukan pembicaraan melalui telepon, yang bersangkutan merespons pembicaraan dengan Setya dan sambil sesekali menegok ke belakang. Ia juga sempat menerima telepon dari kantor untuk segera membawa Setya ke studio,” ujar Halim melalui keterangan tertulis pada hari ini.

Karena kurang konsentrasi, maka Hilman justru mengemudikan mobil ke bagian sebelah kanan, naik ke atas trotoar dan menabrak tiang listrik. Mobil mengalami kerusakan di bagian bemper depan dan kap, ban bagian depan sebelah kanan pecah, kaca tempat duduk penumpang di sebelah kiri pecah.

Perawatan Setya sendiri saat ini sudah dipindahkan dari semula di RS Medika Permata Hijau ke RSCM. – Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!