FOTO: Saksi bisu kecelakaan Setya Novanto

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

FOTO: Saksi bisu kecelakaan Setya Novanto
Polisi memastikan Setya Novanto mengalami kecelakaan tunggal

JAKARTA, Indonesia – Ketua DPR Setya Novanto mengalami kecelakaan pada Kamis malam, 16 November di Jalan Permata Berlian, Jakarta Selatan. Menurut klaim pengacara, Setya terlibat kecelakaan di saat tengah menuju ke kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Berdasarkan keterangan Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya AKBP Kingkin W, Setya diketahui menumpang mobil Toyota Fortuner dengan nomor polisi B 1732 ZLO dan dikendarai oleh Hilman Mattauch. Diduga Hilman kehilangan konsentrasi sehingga menabrak pohon dan tiang lampu.

“Saya pastikan kembali hasil olah TKP itu dipastikan kecelakaan tunggal,” ujar Kingkin pada Jumat kemarin, 17 November.

Kesimpulan itu diperoleh usai dilakukan olah TKP lanjutan di lokasi kecelakaan kendaraan yang ditumpangi Setya. Olah TKP meliputi pemeriksaan barang bukti dan penyelidikan bekas tabrakan mulai dari kendaraan berjalan hingga posisi berhenti menabrak tiang listrik.

Untuk memudahkan olah TKP, polisi menggunakan alat bernama Traffic Accident Analysis (TAA) milik Korlantas Polri. Dengan menggunakan TAA, pihak kepolisian dapat melakukan reka ulang yang maksimal untuk mengetahui ringkasan kejadian yang sebenarnya.

Sejauh ini, polisi sudah meminta keterangan dari empat saksi yakni Suwandi yang mendengar benturan dari jarak sekitar 30 meter, lalu mendekat ke lokasi kecelakaan. Akrom, yang sedang berada dari jarak sekitar lima meter dan melihat kendaraan yang ditumpangi Setya sempat menikung menabrak pohon dan tiang lampu.

Saksi ketiga, Arafik yang melihat posisi mobil telah menempel pada tiang lampu dan Hilman Mattauch, jurnalis yang mengemudikan mobil Toyota Fortuner. Hilman sendiri sudah ditetapkan menjadi tersangka karena lalai ketika mengemudikan mobil hingga mengakibatkan Setya celaka.

Jika dilihat dari kondisi fisik mobil terlihat bagian depan penutup mesin rusak, roda depan pelek pecah dan rusak, kaca samping kiri bagian pintu tengah pecah, serta kendaraan menghadap ke utara dengan ketiga ban di atas trotoar serta ban kiri belakang di atas aspal. Tiang lampu yang ditabrak mobil masih berdiri dalam keadaan kokoh, kendati pondasinya mengalami retak. 

Setya kemudian dievakuasi ke Rumah Sakit Medika Permata Hijau lalu dirujuk ke RSCM. Berikut beberapa saksi bisu di lokasi kecelakaan Setya:

DILINGKARI. Polisi melingkari beberapa titik yang memberikan alat bukti untuk olah TKP pada Jumat, 17 November. Foto: istimewa

RUSAK. Bemper bagian depan mobil Toyota Fortuner yang ditumpangi Setya Novanto mengalami kerusakan. Namun lampu bagian depan terlihat masih utuh. Foto: istimewa

PECAH. Ban bagian kanan mobil Toyota Fortuner yang ditumpangi Setya Novanto pecah. Foto: istimewa

MENCARI INFORMASI. Sejumlah penyidik KPK mencari informasi mengenai Setya Novanto di ruang IGD, RS Medika Permata Hijau, Jakarta, Kamis, 16 November. Foto oleh Galih Pradipta/ANTARA

TIDAK SADARKAN DIRI. Setya Novanto tidak sadarkan diri ketika dirawat di RS Medika Permata Hijau. Foto: istimewa

TIBA DI RSCM. Ketua DPR Setya Novanto dibawa keluar dari mobil ambulance setibanya di RSCM Kencana, Jakarta Pusat, Jumat, 17 November. Foto oleh Ubaidillah/ANTARA

– Rappler.com

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!