Gunung Agung meletus, 29 ribu orang mengungsi

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Gunung Agung meletus, 29 ribu orang mengungsi
“Masyarakat dihimbau untuk tetap tenang. Ikuti semua rekomendasi dari PVMBG.”

DENPASAR, Indonseia — Gunung Agung yang berada di Kabupaten Karangasem Provinsi Bali meletus pada Selasa sore, sekitar pukul 17:05 WITA. Warga setempat diminta untuk tetap tenang.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat letusan kali ini menyemburkan abu berwarna kelabu dengan ketinggian mencapai 700 meter di atas puncak.

“Masyarakat dihimbau untuk tetap tenang. Ikuti semua rekomendasi dari PVMBG,” kata Kepala Pusat Data Infornasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho melalui keterangan tertulis, Selasa 21 November 2017.

Sutopo mengatakan Zona Perkiraan Bahaya berada di dalam area kawah Gunung Agung dan di seluruh area di dalam radius 6 km dari Kawah Puncak Gunung Agung plus ditambah perluasan sektoral ke arah Utara-Timurlaut dan Tenggara-Selatan-Baratdaya sejauh 7,5 km. 

“Zona Perkiraan Bahaya sifatnya dinamis dan terus dievaluasi dan dapat diubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan data pengamatan Gunung Agung,” kata Sutopo.

Hingga saat ini jumlah pengungsi Gunung Agung sebanyak 29.245 jiwa di 278 titik pengungsian. BNPB terus melakukan koordinasi dengan PVMBG. 

Selain itu BNPB bersama BPBD dan unsur terkait terus menyiapkan upaya penanganan terkait dengan meletusnya Gunung Agung. —Rappler.com 

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!