KPK cegah istri Setya Novanto ke luar negeri selama enam bulan

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

KPK cegah istri Setya Novanto ke luar negeri selama enam bulan

ANTARA FOTO

Keterangan Deisti dibutuhkan dalam proses penyidikan KTP Elektronik untuk tersangka Anang Sugiana

JAKARTA, Indonesia – Deisti Astriani Tagor, istri Setya Novanto dicegah ke luar negeri oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) selama enam bulan ke depan. Pencegahan dilakukan terhitung dimulai pada 21 November hingga bulan Mei 2018.

Juru bicara KPK Febri Diansyah mengatakan keterangan Deisti masih dibutuhkan dalam proses penyidikan KTP Elektronik untuk tersangka Anang Sugiana Sudiharjo, Direktur PT Quadra Solution.

“KPK telah mengirimkan surat ke imigrasi Kementerian Hukum dan HAM untuk pencegahan ke luar negeri terhadap Deisti Astriani Tagor dalam proses penyidikan kasus KTP Elektronik,” ujar Febri melalui keterangan tertulis pada Kamis, 23 November.

Ia menjelaskan alasan Deisti dicegah karena keterangannya masih dibutuhkan dalam kapasitasnya sebagai saksi kasus KTP Elektronik.

“Dan agar saat dibutuhkan keterangannya tidak sedang berada di luar negeri,” kata dia.

Sebelumnya, Deisti hadir ketika dipanggil KPK pada Senin, 20 November dalam kapasitasnya sebagai saksi. Ia hadir sebagai saksi untuk tersangka Anang Sugiana.

Namun, usai diperiksa, Deisti enggan berkomentar. Sementara, KPK mengatakan penyidik memanggil Deisti untuk menggali sejarah kepemilikan perusahaan yang mengikuti proses lelang KTP Elektronik, salah satunya adalah Murakabi Sejahtera. Diketahui PT Mondialindo Graha Persada merupakan pemilik saham mayoritas di PT Murakabi Sejahtera, peserta lelang konsorsium proyek KTP Elektronik.

Sementara, 80 persen saham PT Mondialindo dikuasai oleh anak dan Deisti, masing-masing 50 persen dan 30 persen. Menurut keterangan mantan Direktur Utama PT Murakabi Sejahtera, Deniarto Suhartono di persidangan, sebanyak 14 perusahaan termasuk perusahaan yang ia pimpin dan PT Mondialindo adalah perusahaan yang sengaja dibentuk ketika akan mengikuti proses tender dalam sebuah proyek. – Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!