Erupsi Gunung Agung, enam penerbangan Bandung-Denpasar dibatalkan

Yuli Saputra

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Erupsi Gunung Agung, enam penerbangan Bandung-Denpasar dibatalkan
Puluhan calon penumpang tujuan Bandung-Denpasar memadati loket dan pelayanan konsumen sejumlah maskapai penerbangan di Bandara Husein Sastranegara

BANDUNG, Indonesia.  Meletusnya Gunung Agung di Bali mengakibatkan enam penerbangan Bandung-Denpasar dan sebaliknya yang dijadwalkan terbang melalui Bandara Husein Sastranegara dibatalkan.  Pembatalan itu juga menyusul ditutupnya Bandara Ngurah Rai, mulai Senin 27 November  hingga 28 November 2017.

“Dengan adanya letusan Gunung Agung, sampai saat ini ada pembatalan dari enam flight yang direncanakan dari Bandung ke Denpasar , maupun sebaliknya, enam flight dari Denpasar ke Bandung, kita nyatakan untuk dicancel,” ujar  Eksekutif General Manager Bandara Husein Sastranegara Bandung, Eko Prihadi kepada wartawan yang menemuinya di bandara, Senin 27 November 2017.

Eko menambahkan, masing-masing airlines dengan tujuan tersebut telah melakukan pembatalan penerbangan.  Keenam penerbangan yang dibatalkan adalah Lion Air dengan jadwal penerbangan 10.20, 12.00, dan 16.40 WIB, Garuda Indonesia pada pukul 06.20 WIB, Air Asia pukul 13.15 WIB, dan Citilink pukul 15.05 WIB. 

Atas pembatalan tersebut, setiap maskapai telah menawarkan refund atau reschedule kepada para calonpenumpang.  Namun Edi belum bisa memastikan apakah ada opsi pengalihan penerbangan.

“Memang pilihannya diserahkan ke masing-masing penumpang, apakah akan diadakan proses refund atau rescheduling .  Tapi kalau untuk pengalihan penerbangan sepertinya kita belum dapat konfirmasi dari masing-masing airlines mengingat rotasi di masing-masing bandara jadi berbeda.  Itu mungkin kesulitan untuk diadakan penerbangan pengganti,” beber Eko.

Terkait pembatalan penerbangan tersebut, puluhan calon penumpang tujuan Bandung-Denpasar terlihat memadati loket dan pelayanan konsumen sejumlah maskapai penerbangan di Bandara Husein Sastranegara Bandung.  Mereka mencari informasi tentang pembatalan penerbangan sekaligus melakukan proses refund atau rescheduling.

Seorang calon penumpang, Evi mengatakan dirinya bisa menerima pembatalan tersebut, meskipun merasa kecewa.  Ia memilih menjadwal ulang penerbangannya ke Denpasar.

“Kecewa juga sih. Tapi kalau karena bencana alam, kita jugamau tidak mau harus ngikutin aturannya,” kata perempuan berkerudung itu.

Calon penumpang lainnya, Bengawan Halim memilih dikembalikan uang tiketnya.  Ia berencana pergi ke Denpasar dengan menggunakan maskapai penerbangan lain.

Sementara itu, melalui akun twitternya, Kapusdatin Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho menyebutkan, dampak dari erupsi Gunung Agung yang terus berlangsung menyebabkan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai ditutup dari 27 November hingga 28 November 2017 pagi.  Akibatnya ratusan penerbangan domestic dan internasional dibatalkan.

“Total 445 penerbangan dengan 59.000 penumpang dibatalkan yaitu 249 penerbangan domestic dan 196 penerbangan internasional,” cuit Sutopo sambil menuliskanhastag bali dan BaliTetapAman, Senin.  

—Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!