KPU umumkan 12 partai politik yang lolos verifikasi administrasi

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

KPU umumkan 12 partai politik yang lolos verifikasi administrasi
Proses selanjutnya yang dilalui yakni mulai hari ini KPU akan melakukan verifikasi faktual

JAKARTA, Indonesia – Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menyelesaikan penelitian hasil perbaikan verifikasi untuk 14 partai politik. Dua di antaranya dinyatakan tidak lolos ke tahap verifikasi faktual.

Ketua KPU Arief Budiman mengatakan dua partai politik yang tidak lengkap administrasi adalah Partai Berkarya dan Partai Garuda.

“Akan ada 12 partai politik yang dilanjutkan ke proses verifikasi faktual dan dua parpol tidak bisa melanjutkan verifikasi faktual,” ujar Arief di Jakarta pada Kamis malam, 14 Desember.

Sementara, 12 parpol yang dinyatakan lolos verifikasi administrasi yakni:

Penyampaian hasil perbaikan verifikasi sangat mepet dengan tenggat waktu yang dimiliki oleh KPU yakni 13 Desember pukul 23:59. Jika, tidak diperbaiki, maka dinyatakan tidak lolos oleh KPU.

Sebelumnya, KPU berencana menyampaikan hasil perbaikan verifikasi administrasi tersebut kemarin sekitar pukul 17:00 WIB. Namun, mereka baru menyampaikan pada pukul 22:50 WIB.

Usai melalui proses verifikasi administrasi, maka KPU menjadwalkan untuk melakukan verifikasi faktual mulai hari ini bagi 12 partai yang dinyatakan lolos. Verifikasi faktual dilakukan dengan memeriksa keberadaan kantor, 30 persen keterwakilan perempuan pengurus serta jumlah anggota partai di dewan pimpinan pusat (DPP) dan dewan pimpinan daerah (DPD).

“Verifikasi faktual itu dilakukan untuk parpol baru di seluruh daerah, sementara untuk partai lama yang lolos akan dilakukan verifikasi faktual di daerah otonom baru atau provinsi baru,” kata Arief.

Untuk 10 partai lama, verifikasi faktual dilakukan di Provinsi Kalimantan Utara dan lima kabupaten baru di Sulawesi Tenggara.

Sementara itu, KPU masih melakukan penelitian administrasi terhadap sembilan partai politik yang gugatannya dimenangkan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Pengumuman hasil penelitian administrasi terhadap sembilan partai tersebut dijadwalkan akan berlangsung pekan depan. – Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!