LIVE UPDATES: Sidang korupsi KTP Elektronik Setya Novanto

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

LIVE UPDATES: Sidang korupsi KTP Elektronik Setya Novanto
Apakah sidang akan kembali dipenuhi dengan drama?

JAKARTA, Indonesia – Mantan Ketua DPR Setya Novanto akhirnya berhasil diseret ke meja hijau dalam kasus korupsi pengadaan KTP Elektronik yang diduga telah merugikan negara Rp 2,3 triliun. Sidang perdana digelar pada Rabu, 13 Desember di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat yang diawali dengan drama.

Saat itu Setya kembali mengeluh sakit sehingga membuat persidangan berjalan molor. Selama 30 menit pertama, Setya mendadak bungkam ketika ditanya oleh Hakim Ketua Yanto. 

“Saya sedang sakit, Yang Mulia,” kata Setya pada pekan lalu. (BACA: Jaksa Penuntut Umum menuding Setya Novanto berbohong soal kesehatannya di ruang sidang)

Publik menduga hal itu sengaja dilakukan oleh Setya untuk mengulur waktu. Sebab, di hari yang sama pada pekan lalu, gugatan praperadilan Setya tengah bergulir.

Sidang bahkan sempat diskors sebanyak tiga kali, karena kondisi kesehatan Setya yang diklaim memburuk. Hal itu bertentangan dengan keterangan empat dokter yang disiapkan oleh KPK. Tiga dokter ahli dari IDI (Ikatan Dokter Indonesia) dan dokter rutan KPK menyatakan mantan Ketua Umum Partai Golkar itu sehat serta mampu untuk menjalani persidangan.

Bagaimana dengan persidangan yang akan digelar hari ini? Akankah Setya kembali membuat drama dengan mengeluh sakit? Atau ia mulai “bernyanyi” untuk membongkar keterlibatan pihak lain dalam kasus megakorupsi tersebut?

Simak jalannya persidangan Setya dalam lini masa berikut:


– Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!