Indonesia masuk jajaran negara teraman

Christian Simbolon

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Indonesia masuk jajaran negara teraman
Kok bisa Indonesia masuk jajaran negara teraman di dunia?


JAKARTA, Indonesia—Negara Indonesia masuk ke dalam jajaran negara paling aman di seluruh dunia menurut lembaga riset dan survei global Gallup. Dalam Gallup’s Law and Order Report 2018, Indonesia mengantungi skor 89 dan berada di posisi ke-9 negara dengan tingkat ketertiban dan hukum tertinggi. 

Indonesia berada satu atas Denmark dan setingkat di bawah Kanada. Adapun posisi puncak dipegang Singapura dengan skor 97, diikuti oleh Norwegia, Islandia dan Finlandia yang masing-masing berbagi skor sama 93. 

Dalam riset berbasis data survei itu, Gallup menyertakan lebih dari 148.000 orang dewasa sebagai responden dari 142 negara berbeda untuk diwawancarai. Survei digelar pada 2017 lalu dengan margin of error kurang lebih 2-5% dan tingkat kepercayaan 95%.

GALLUP. Indonesia masuk jajaran negara teraman dalam survei Gallup 2018. Data dari Gallup. Infografis oleh Rappler Indonesia.

Bagaimana metode riset Gallup?

Survei Gallup dimaksudkan untuk mengukur seberapa besar kepercayaan publik terhadap tingkat keamanan dan penegak hukum di sebuah negara. Setidaknya ada empat pertanyaan diajukan pewawancara kepada responden.

Pertama, seberapa percaya terhadap polisi lokal? Kedua, apakah merasa aman berjalan sendirian saat malam hari? Ketiga, apakah Anda atau keluarga Anda pernah dicuri uang atau harta bendanya dalam setahun terakhir? Terakhir, apakah pernah dirampok? 

Dari data survei, diketahui bahwa dua dari tiga orang di dunia merasa percaya dengan polisi lokal atau sekitar 69% responden dan merasa aman bepergian sendiri saat malam hari. Sebanyak 13% responden atau satu dari delapan orang mengatakan pernah kecurian dalam setahun terakhir. Sebanyak 5% lainnya mengaku pernah diserang atau dirampok. 

Dengan skor 44, Venezuela menempati posisi terendah, diikuti Afganistan (45) dan Sudan Selatan (54). Ini kali kedua secara berturut-turut Venezuela berada di posisi buntut survei Gallup. Tahun lalu, Venezuela berbagi spot itu bersama Afganistan dengan skor 45. 

—Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!