Resmikan Tol Sumo, Jokowi jajal mobil listrik buatan ITS

Amir Tedjo

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Resmikan Tol Sumo, Jokowi jajal mobil listrik buatan ITS
Ezzy II menggunakan tenaga baterai sebesar 20 kWh dan dapat menempuh jarak 130 kilometer

SURABAYA, Indonesia — Ada yang berbeda saat Presiden Joko “Jokowi” Widodo meresmikan jalan tol Surabaya-Mojokerto (Sumo) pada Selasa, 19 Desember 2017. Dalam peresmian tersebut, Presiden Jokowi menjajal mobil listrik buatan Institut Sepuluh November (ITS) bernama Ezzy II.  

Ezzy II menggunakan tenaga baterai sebesar 20 kWh dan dapat menempuh jarak 130 kilometer. Cukup lumayan untuk sebuah mobil listrik. “Terus kita kejar agar segera bisa masuk ke proses industri,” kata Presiden Jokowi.

Presiden menilai, meski masih terdapat sejumlah kekurangan, performa Ezzy II sudah cukup baik. “Perlu waktu 40 hingga 50 tahun untuk menuju kepada standard,” kata Jokowi.

Tantangan lainnya, Jokowi melanjutkan, adalah mencari cara agar mobil listrik tersebut bisa diterima pasar dan bersaing dengan mobil-mobil konvensional. “Yang paling berat biasanya adalah bagaimana produk itu secara desain, secara harga bisa masuk ke pasar, bisa kompetisi dengan produk-produk mobil lain yang sudah lama berada di pasar,” kata Presiden.

Pemerintah sendiri saat ini telah menggandeng lima perguruan tinggi untuk mengembangkan mobil listrik. Lima perguruan tinggi tersebut adalah Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Sebelas Maret (UNS), Universitas Indonesia (UI), dan ITS.

Namun, menurut Direktur Pusat Unggulan Iptek Sistem dan Kontrol Otomotif ITS Nur Yuniarto, pemerintah perlu lebih konkret lagi dalam pengembangan mobil listrik.

Lewat kesempatan ini kita ingin melihat keseriusan pemerintah dalam mengembangkan mobil listrik Indonesia,” kata Nur Yulianto, Rabu 20 Desember 2017. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!