Wisata alam Filipina: Dari sungai bawah tanah hingga jelajah pulau

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Wisata alam Filipina: Dari sungai bawah tanah hingga jelajah pulau
Sebentar lagi musim liburan. Jika bicara tentang wisata alam, negara mana sih yang jadi tujuan kalian? Destinasi seperti apakah yang bisa dinikmati dan mudah dijangkau dari Jakarta atau Denpasar?

JAKARTA, Indonesia – Buat para traveller yang hobi mengeksplorasi alam, menemukan surga tersembunyi di berbagai belahan dunia pasti mengasyikkan dan memiliki kepuasan tersendiri. Jika bicara tentang wisata alam, negara mana sih yang jadi tujuan kalian?  Destinasi seperti apakah yang bisa dinikmati dan mudah dijangkau dari Jakarta atau Denpasar?

Pernah berpikir untuk mengunjungi Filipina dan beberapa pulau yang ada di Filipina? Negara ini hampir mirip dengan Indonesia; beriklim tropis dan memiliki lebih dari tujuh ribu (7000) pulau serta pantai yang indah. Jika kamu menyukai wisata alam, Filipina patut dimasukkan ke dalam daftar destinasi wisata yang harus dikunjungi. 

Ke mana saja wisata alam yang perlu dikunjungi? Berikut adalah wisata alam di Filipina yang perlu kamu catat!

Underground River di Puerto Princesa 

Destinasi ini termasuk ke dalam UNESCO World Heritage Site dan 7 Keajaiban Alam (the New7 Wonders of Nature). Penjelasan itu saja sudah bisa menjadikan  salah satu alasan untuk kita memasukkan lokasi ini dalam itinerari/program tour yang wajib dikunjungi agar bisa menikmati keindahan alami dan mendapatkan pengalaman yang tidak bisa diperoleh di destinasi lain di manapun.

Kiat jika berkunjung ke sini? Jangan lupa bawa waterproof bag untuk alat elektronik seperti handphone atau kamera. Pasti kita mau foto-foto dan upload ke media sosial, kan? Jangan sampai alat-alat elektronik kita terkena air atau malah kita sibuk melindungi gadget sehingga nggak menikmati pemandangan Underground River.

Ngadem di Tagaytay Ridge 

Tak jauh dari Manila, Tagaytay Ridge merupakan bukit yang terbentang sepanjang 32 kilometer. Di sini kita bisa melihat pemandangan yang luar biasa. Selain itu, Tagaytay memiliki suhu yang cenderung lebih rendah atau dingin sehingga kerap dijadikan lokasi short getaway bagi warga sekitar.

Selain pemandangan yang spektakuler, kita juga bisa mengunjungi berbagai atraksi menarik seperti People’s Park atau dikenal juga sebagai Palace in the Sky, sebuah gedung yang dibangun di puncak bukit di era Presiden Marcos namun tak kunjung usai. Ada juga Sky Ranch, sebuah amusement park yang terkenal dengan bianglala yang mirip dengan London Eye.

Kiat jika mampir ke Tagaytay?  Walaupun suhunya masih bisa diterima oleh tubuh, tapi sebaiknya kita tetap membawa jaket atau sweater karena anginnya cukup kencang!

Trekking di Taal Volcano

Berkunjung ke Tagaytay belum lengkap kalau tidak ikut trekking di Taal Volcano. Gunung berapi  yang menjadi pemandangan indah dari Tagaytay Ridge ini masih aktif dan pernah menghancurkan pulau-pulau sekitarnya di tahun 1700-an. Kapan lagi bisa menapakkan kaki di gunung berapi yang masih aktif?

Ngomong-ngomong, jika kamu nggak kuat trekking, bisa menggunakan kuda untuk mencapai puncak gunung ini. 

Air Terjun di Pagsanjan

Bukan sekadar air terjun, lho. Tapi kita bisa menikmati semacam arung jeram di sungainya. Banyak turis yang sengaja mengunjungi Air Terjun Pagsanjan di musim hujan karena pengalaman berarung jeram yang lebih seru! Iya, Air Terjun Pagsanjan menjadi salah satu lokasi wisata yang wajib dikunjungi buat kamu yang doyan memicu adrenalin di atas sungai.

Sedikit kiat supaya kamu bisa menikmati wisata di Pagsanjan dengan leluasa: datanglah di hari kerja dan pagi-pagi sekali di saat wisatawan belum memenuhi area ini. 

Jelajah Pulau di Mactan Island

Pulau Mactan yang terletak di area Cebu ini merupakan salah satu destinasi wisata kepulauan yang menjadi favorit banyak orang. Pulau ini dihubungkan dengan Mactan Channel yang memiliki 2 jembatan yaitu Mactan-Mandaue Bridge, jembatan pertama yang menghubungkan Pulau Cebu dengan Mactan dan Marcelo Fernan Bridge, jembatan yang dibangun untuk mengurai kepadatan arus lalu lintas di Mactan-Mandaue Bridge

Karena terdiri dari beberapa pulau kecil yang berdekatan, Pulau Mactan menjadi spot yang ideal untuk melakukan jelajah pulau. Masing-masing pulau memiliki atraksi yang menarik seperti jetski, diving, snorkeling, dan sebagainya. 

Tak hanya aktivitas outdoor, Pulau Mactan juga terkenal sebagai penghasil furnitur dan alat-alat musik seperti gitar, ukulele, dan sebagainya. Bahkan sejak 1979, Pulau Mactan memiliki area yang disebut Mactan Export Processing Zone (MEPZ), sebuah area industri bebas pajak.

Enggak heran, Pulau Mactan memiliki lapangan terbang sendiri, yaitu Mactan-Cebu International Airport yang melayani penerbangan internasional langsung dari dan ke Hongkong, Malaysia, dan sebagainya.

Ya, Filipina memang memiliki banyak atraksi wisata yang perlu kita kunjungi. Saat ini banyak sekali paket-paket wisata ke Filipina dengan harga terjangkau yang menawarkan berbagai paket tour ke lokasi-lokasi wisata di atas. Tertarik? – Rappler.com 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!