UPH Business Week dorong generasi muda berwirausaha

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

UPH Business Week dorong generasi muda berwirausaha
UPH Business Week yang ke-7 bertemakan “INGENIOUS: Unravelling the World of Creative Business in Indonesia”, pada 3-7 April 2017

JAKARTA, Indonesia — Business School UPH terus berupaya mendorong mahasiswa untuk berwirausaha di Indonesia dalam bisnis kreatif. Upaya ini diusung dalam acara tahunan mahasiswa Manajemen Business School, berlabel UPH Business Week yang ke-7 dengan tema “INGENIOUS: Unravelling the World of Creative Business in Indonesia”, pada 3-7 April 2017.

Acara tahun ini bertujuan meningkatkan minat kalangan muda untuk berwirausaha di Indonesia. melalui acara ini para peserta didorong untuk berpikir kreatif dan inovatif, terutama dalam menghadapi permasalahan bisnis yang dirangkai dalam sebuah simulasi.  

Acara yang diikuti peserta dari kalangan siswa SMA dan mahasiswa memiliki 3 Sub-Events utama. Di antaranya adalah Creativity and Uniqueness Based on Idea Competition (CUBIC) lomba untuk siswa SMA, Pelita Harapan Business Challenge (PHBC) lomba penerapan ilmu manajemen untuk memecahkan kasus bisnis,  dan terakhir, Business Talk Show (BTS) menghadirkan para entrepreneur muda sukses untuk berbagi pengalaman.

Business Talk Show yang digelar di hari terakhir diikuti lebih dari 300 peserta dan menghadirkan 6 pembicara. Handoko Hendroyono Co-Owner Filosopi Kopi salah satu pembicara dalam Talk Show bertajuk ‘Learn from The Experts’ membagikan pengalaman dan kecintaannya akan kopi yang bermula dari keprihatinan melihat banyak kedai kopi Indonesia yang lebih memilih menggunakan biji kopi asing, ditambah juga banyaknya petani Indonesia yang hanya sekedar menanam tanpa teredukasi dengan baik.  

Dalam sesinya Handoko membagikan ide dari bisnis yang dibangunnya untuk memotivasi dan menginspirasi peserta.  Lebih dari itu Handoko juga mendorong generasi muda untuk berkontribusi kepada bangsa Indonesia melalui bisnis yang dibangun. Seperti yang ia lakukan terhadap kopi Indonesia. Kecintaannya pada kopi Indonesia ia tuangkan dalam sebuah film berjudul ‘Filosopi Kopi’ yang berlanjut kepada bisnis kedai kopi dan cukup popular di kalangan anak muda.

Dalam kesempatan ini Handoko juga berpesan agar mahasiswa mampu menangkap peluang di era start-up ini. 

“Sebagai anak muda kita perlu kerja keras. Peluangnya terbuka lebar karena saat ini memang era start up. Secara global masyarakat akan mengapresiasi produk yang dibuat dari ide yang tidak jauh. Jangan sampai kesempatan ini tidak ditangkap. Manfaatkan sosial media, jangan risih , dan terbukalah dengan kolaborasi. Membangun hubungan dengan banyak orang menjadi kunci.  Terkait kontribusi kita pada Indonesia, Kita memiliki demografi yang kondusif dan butuh solusi untuk beragam permasalahan yang ada. Ini yang dapat dijadikan  ide-ide untuk mencipatkan peluang. Terpenting sebagai anak muda jangan hanya mencari cara mudah, tapi memiliki spirit dan usaha yang kuat,” pesan Handoko.

Tidak hanya Handoko, inspirasi dan motivasi juga disampaikan oleh narasumber lainnya yang juga hadir yaitu Gistang Panutur Aqua Marketing Manager, Bryan Tilaar Presiden Direktur PT Martina Berto, Tbk. (Martha Tilaar Group), Stephen Setiawan Owner The Bunker Game Board Café, Sarah Ayutania Muwalang Zomato Indonesia, dan Anthony Sudarsono Founder  & Owner dari Sumosquid and SumoMonsta.

Acara ini diakhiri dengan pentas musik dan penyerahan hadiah bagi pemenang lomba untuk siswa SMA dan tingkat mahasiswa. Kategori lomba tingkat SMA diikuti 17 Tim dari 10 SMA di Jabodetabek, sementara untuk tingkat mahasiswa diikuti 65 tim yang berasal lebih dari 20 universitas di Jabodetabek dan daerah lainnya.  

Acara UPH Business Week 2017 diharapkan dapat menjadi awakening bell bagi para peserta, sehingga mereka menyadari potensi pasar, terutama di Indonesia. Kemudian, memiliki modal untuk berkembang menjadi wirausahawan yang kreatif, dan dapat bersaing dalam rangka untuk mendorong iklim bisnis dan ekonomi di Indonesia.  

Lomba tingkat SMA dimenangkan oleh juara 1 IPEKA Puri, Juara 2 SMAK 1, Juara 3 SMAK 6. Untuk lomba tingkat universitas tingkat nasional dimenangkan oleh juara 1 Universitas Prasetya Mulya, Juara 2 UPH, Juara 3 Binus International. Terpilih sebagai Best Team dari ITB. —Rappler.com

Punya kegiatan kampus yang seru? Ingin acaramu dipromosikan di Rappler? Kirim email ke indonesia@rappler.com agar aktivitas komunitasmu diketahui banyak orang.

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!