Mengenal musical.ly, platform kreatif untuk Generasi Z

Tiara A. Tobing

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Mengenal musical.ly, platform kreatif untuk Generasi Z
musical.ly meresmikan tim lokalnya untuk Indonesia karena melihat banyaknya potensi dari para remaja berbakat Indonesia

JAKARTA, Indonesia —Saatnya berkenalan dengan musical.ly, aplikasi berbasis video online di mana penggunanya dapat berkreasi melalui sebuah video berdurasi 60 detik. Sebelumnya, musical.ly sendiri sudah diketahui dan diunduh oleh segelintir pengguna smartphone. Namun, pada hari Kamis, 23 Agustus, musical.ly secara resmi mengadakan acara peluncuran hadirnya tim lokal musical.ly Indonesia.

Terbentuknya tim lokal ini nantinya akan berguna untuk mendukung serta merangkul para pengguna setia musical.ly Indonesia yang sering disapa dengan “Musers” untuk tetap berkarya dengan konten positif dan kreatif mereka.

musical.ly sendiri sudah menarik perhatian 200 juta pengguna di seluruh dunia dan sebagian besar digunakan oleh para generasi Z, yaitu remaja yang berusia 13 hingga 20 tahun.

Komunitas musical.ly sendiri sebenarnya sudah ada semenjak September, 2016 dan lewat berbagai macam campaign yang sedang viral pada masa tersebut, Musers berlomba-lomba menunjukkan karyanya lewat sebuah video. “Baru-baru ini, di bulan April, kita (musical.ly Indonesia) ada 28 area representatif. Representatif ini adalah muser-muser terpilih yang biasanya kita bawa,” ucap Natasha, selaku Community Manager musical.ly Indonesia saat menjelaskan mengenai perkembangan komunitas musical.ly Indonesia, 23 Agustus di Three Buns, Jakarta.

Representatif ini yang nantinya akan menjadi ikon dari musical.ly Indonesia. Tak jarang mereka akan mendapat tawaran untuk berkolaborasi bersama muser terkenal di negara lain, melakukan pemotretan, hingga bertemu dengan artis papan atas.

Keuntungan yang didapat melalui aplikasi ini bukan hanya sekedar popularitas semata saja, bahkan musers ini dapat menghasilkan penghasilan tambahan melalui beberapa produk yang ditawarkan kepada mereka untuk dipromosikan melalui akun social media mereka, salah satunya adalah Instagram.

MUSERS. Top Musers asal India, Nagma Mirajkar, menunjukkan kepada media bagaimana cara menggunakan musical.ly. Foto oleh Tiara A. Tobing/Rappler

 

Namun, butuh sebuah konsistensi yang tinggi jika ingin menjadi salah satu musers terkenal. Hal ini diungkapkan oleh Nagma Mirajkar, salah satu musers terkenal yang berasal dari India. “Because I still want to stay on the leaderboard. For example, if I miss posting one video today, I might disappear from the top ten. So, I have to be consistent in making videos even if I’m not feeling well on that day,” ungkapnya.

musical.ly sendiri sudah bekerjasama dengan beberapa brand ternama, seperti Apple Music, Disney, dan lain-lain. musical.ly Indonesia juga akan memperdalam keterlibatan mereka dengan membentuk kerjasama dengan beberapa label ternama di Tanah Air, seperti Ismaya Live, Global TV, Indosat Ooredo, Warner Music Indonesia, Sony Music, untuk mempromosikan musisi lokal terbaru.

musical.ly juga baru saja memperbarui versi terbaru mereka dengan menambahkan beberapa fitur terbaru yang akan memudahkan para pengguna untuk membuat sebuah video. Versi v6.0 ini tidak hanya akan menyediakan fitur terbaru saja, namun tampilan dari musical.ly  akan berubah. Versi terbaru ini sudah bisa diunduh melalui ios App Store, Google Play, serta Amazon. —Rappler.com

 

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!