5 hal yang perlu kamu tahu tentang Fifth Harmony

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

5 hal yang perlu kamu tahu tentang Fifth Harmony

AFP

Dikabarkan ingin merilis album baru, salah satu personilnya, Camila Cabello, justru malah hengkang.

JAKARTA, Indonesia – Akhir tahun 2016, kabar mengejutkan datang dari girlband asal Amerika jebolan ajang pencarian bakat X Factor. Dikabarkan ingin merilis album baru, salah satu personilnya justru malah hengkang. Tapi jangan salah, girlband satu ini punya catatan bagus di industri musik. Apa saja sih? Berikut 5 hal yang harus kamu ketahui tentang Fifth Harmony.

Awal Mula Terbentuk

Fifth Harmony adalah girlband asal Amerika Serikat yang terbentuk di ajang pencarian bakat The X Factor USA musim kedua yang digelar Juli 2012. Grup ini beranggotakan lima orang yang terdiri dari Lauran Jauregui, Ally Brooke Hernandez, Dinah Jane Hansen, Normani Hamilton, dan Camila Cabello.

Meskipun gagal menjadi juara di musim kedua X Factor, Fifth Harmony berhasil mencuri perhatian para penonton hingga menempatkan mereka di posisi ketiga. Berkat prestasinya itu, pada Januari 2013, mereka bergabung bersama label musik bernama Syco Music milik Simon Cowell dan Epic Records.

Perjalanan Karir

Setelah X Factor berakhir, mereka memulai karirnya dengan merilis debut single Miss Movin’ On tepatnya pada 16 Juli 2013 dan berhasil meraih penghargaan MTV Video Music Award for Artist to Watch. Pada 18 Oktober 2013, mereka juga merilis sebuah extended play (EP) yang berjudul Better Together dan menempati posisi ke-6 di chart Billboard 200. Berbeda dengan single pertamanya yang hanya bertahan di posisi ke-76 chart Billboard Hot 100.

Fifth Harmony memperluas eksistensinya di dunia musik dengan merilis album full mereka, Reflection, di tahun 2015. Di album tersebut terdapat tiga single yang mendapatkan penghargaan platinum, yaitu Boss, Sledgehammer, dan lagu yang paling populer berkat kolaborasi dengan rapper Amerika, Kid Ink, yaitu Worth It.

Setelah Worth It yang sukses meraih triple platinum, Fifth Harmony kembali merilis album kedua mereka, 7/27, di tahun 2016. Dan lagi-lagi girlband asal Amerika itu berhasil membuat single mereka yang berjudul Work from Home, All In My Head (Flex) featuring Fetty Wap, dan That’s My Girl berhasil menduduki chart Billboard Amerika.

Prestasi

Berbicara soal prestasi, girlband satu ini sangat menjanjikan di industri musik Amerika. Mereka telah menerima 37 penghargaan dari 71 nominasi. Beberapa penghargaan bergengsi yang mereka dapatkan antara lain adalah American Music Awards, iHeartRadio Music Award, MTV Video Music Awards, Nickelodeon Kids’ Choice Awards, People’s Choice Awards, YouTube Music Awards, dan masih banyak lagi.

Selain penghargaan, Fifth Harmony juga sudah melaksanakan beberapa tur konser, di antaranya:

Headlining:

  • 2013: Harmonize America Mall Tour
  • 2013: Fifth Harmony Theatre Tour
  • 2014: Worst Kept Secret Tour
  • 2014: Fifth Times a Charm Tour
  • 2015: The Reflection Tour
  • 2016: The 7/27 Tour

Opening act:

  • 2013: I Wish Tour (Cher Lloyd)
  • 2014: Neon Lights Tour (Demi Levato)
  • 2014: Live on Tour (Austin Mahone)

Aktif di organisasi sosial

Fifth Harmony mendukung sejumlah gerakan amal dan organisasi yang fokus untuk membantu remaja kurang mampu dan mempromosikan pemberdayaan pemuda. Pada November 2013, mereka bekerja sama dengan Ryan Seacrest Foundation, dan berkunjung ke Children’ss Hospital of Philadelphia. Selain itu, mereka juga telah tampil untuk pasien di Children’s Hospital Los Angeles.

Fifth Harmony juga bekerja sama dengan Girl Scouts of America dan membuat konser kecil secara gratis untuk anak-anak perempuan yang telah berpartisipasi dalam berbagai penggalangan dana dan kegiatan amal untuk organisasi tersebut. Fifth Harmony menggelar konser tersbut di Minnesota, Wisconsin, Ohio dan Virginia.

Girlband ini juga berpartisipasi dalam Goodwill Industries 2013 Fall Haul Donation Challenge, yaitu mengajak beberapa sekolah di Wisconsin dan Illinois untuk menyumbangkan barang layak pakai sebanyak mungkin untuk organisasi amal. Sekolah dengan sumbangan paling banyak akan mendapatkan tiket khusus penampilan Fifth Harmony. Selain itu, mereka juga dijadikan sebagai Duta Besar untuk The Cybersmile Foundation, sebuah gerakan anti-cyberbullying pada Mei 2015.

Salah satu personilnya keluar

Di akhir tahun 2016, kabar tak sedap muncul dari girlband jebolan X Factor ini. Pasalnya, mereka harus kehilangan salah satu personilnya. Pada 19 Desember, akun resmi dari Fifth Harmony menyatakan bahwa Camila telah memutuskan untuk hengkang dari grup tersebut.

Meskipun keputusan Camila sudah bulat untuk keluar dari Fifth Harmony, lewat akun resminya, ia merasa terkejut dan tidak diberi tahu sebelumnya mengenai pernyataan yang diunggah oleh mantan grupnya tersebut.

Selain itu, Fifth Harmony juga memberikan sebuah pernyataan kepada para Harmonizers bahwa mereka akan tetap berkarya meskipun hanya tinggal berempat.

Baca selengkapnya di sini.

Well, kita tunggu saja ya kabar selanjutnya dari Fifth Harmony dan Camila Cabello. -Dengan laporan Adam Prianugraha/Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!