10 inspirasi resolusi terbaik untuk menyambut tahun baru

Yetta Tondang

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

10 inspirasi resolusi terbaik untuk menyambut tahun baru
Memasuki tahun yang baru dengan kebiasaan baru

JAKARTA, Indonesia – Tinggal hitungan jam sebelum pergantian tahun 2016 ke 2017 datang menghampiri.

Saat terbaik untuk melihat perjalanan hidup selama 2016 dan mengevaluasi apa saja hal-hal baik yang harus terus ditingkatkan dan hal buruk yang harus disingkirkan di tahun yang baru nanti.

Tak perlu membuat resolusi muluk-muluk yang langsung dilupakan bahkan di pekan pertama tahun baru. Coba mulai dari hal-hal kecil yang bisa diterapkan di keseharian tapi jangan lupakan juga mimpi yang harus tetap dipupuk.

Percayalah, semua soal kebiasaan. Biasakan diri melakukan hal-hal baik di awal tahun dan selalu ingat untuk terus memelihara komitmen.

Berikut beberapa inspirasi resolusi terbaik yang bisa diterapkan di tahun baru nanti:

1. Menurunkan berat badan

Mungkin ini menjadi salah satu resolusi paling banyak yang direncanakan orang saat jelag pergantian tahun. Sesuatu yang terlihat mudah secara teori tapi sangat susah untuk dilakukan dalam praktiknya.

Tapi kuatkan tekad dan mulai perlahan. Jangan berharap hasil instan dalam waktu sekejap. Ingat, semua soal kebiasaan. Mulailah mengurangi konsumsi junk food dan soft drink. Jangan lupa menambahkan sayur dan buah di setiap menu makanan. Dan yang terpenting, jangan lupa olahraga!

2. Stay connected

Waktu berjalan, pertemanan bertambah namun kesibukan dan teknologi justru kadang bisa menjauhkan kita dari mereka yang menjadi support system kita. Tetaplah pelihara hubungan dengan teman, sahabat dan yang terpenting, keluarga.

Jangan lupa mengecek keadaan orang tua. Jika terpisah jarak, rutinlah bertelepon atau bertukar pesan. Kunjungi orang tua setiap akhir pekan, saat kesibukan pekerjaan tidak membebani. Hal-hal kecil ini akan membantu menenangkan batin dan menyeimbangkan kehidupan.

3. Berhenti merokok

Sama halnya dengan urusan menurunkan berat badan, bagi sebagian orang, keinginan untuk berhenti merokok selalu dijadikan resolusi jelang akhir tahun. Memang tidak mudah dan tidak instan. Tapi setidaknya, cobalah.

Mulai dengan mengurangi jumlah rokok yang dihisap setiap hari. Atau coba datangi dokter atau klinik yang bisa membantu menghentikan kebiasaan buruk ini. Atau aktif mencari informasi tentang bagaimana cara menghentikan kebiasaan merokok. Tapi jangan cuma berhenti di mencari informasi saja, ya. Jangan lupa melakukannya di kehidupan sehari-hari.

4. Menabung

Cara terbaik adalah dengan mengubah gaya hidup. Mulai rancang prioritas keseharian. Mungkin mengurangi jadwal nongkrong dan kongkow di restoran atau kafe mewah.

Atau kurangi kebiasaan makan di luar dan mulai memasak sendiri. Selain lebih murah, kualitas makanan rumah pasti lebih tinggi dari makanan di luar. Kendalikan hasrat berbelanja dan biasakan membuat daftar belanja sebelum shopping.

5. Kurangi stres

Terlalu banyak bekerja, lembur tanpa mengenal waktu, kurang tidur, makan sembarangan, kurang berkomunikasi dengan orang terdekat bisa menjadi pemicu stres.

Mulailah menata hidup dan prioritas. Bagaimanapun, hidup harus berjalan seimbang. Karier, penghasilan dan kekayaan tidak ada apa-apanya jika kesehatan mental kita terganggu. Ingatlah slogan “Work hard, play hard“. Asal mainnya jangan sampai kebablasan, ya!

Namun jika Anda telanjur merasakan stres, beberapa cara bisa dilakukan untuk menurunkan kadar stres. Meditasi, mengatur pernapasan dan olahraga bisa menjadi jalan terbaik.

6. Kurangi konsumsi alkohol

Sesekali mungkin masih tidak apa-apa. Tapi jika sudah berlebihan, konsumsi minuman beralkohol bisa menimbulkan efek buruk bagi kesehatan, tak hanya kesehatan fisik tapi juga kesehatan mental.

7. Menjadi sukarelawan

Mungkin tahun 2017 akan menjadi momen yang tepat untuk Anda lebih banyak berbagi dengan sesama. Tak harus berbentuk materi tapi dalam bentuk keterlibatan. Coba cari informasi tentang beberapa program relawan yang bisa Anda ikuti.

Anda bisa menjadi tenaga pengajar paruh waktu atau membantu di panti jompo atau rumah sakit atau terlibat di komunitas sosial dan yayasan sosial. Hal-hal sederhana yang bisa memberikan kebahagiaan dalam hidup Anda. Karena bagaimanapun juga, hidup bukan tentang kita sendiri, tapi juga tentang berbagi dengan sesama, bukan?

8. Terus belajar

Tidak pernah ada kata terlambat untuk belajar dan melanjutkan pendidikan. Tidak harus pendidikan formal, tapi mungkin Anda bisa mencoba mengikuti kursus apa saja sesuai hobi, mimpi dan keinginan Anda.

Melanjutkan sekolah membawa Anda ke pergaulan yang baru, bertemu orang-orang baru, lingkungan baru dan ilmu baru yang pasti bermanfaat di masa depan.

9. Tidur cukup

Ini yang seringkali sulit dilakukan, terutama oleh mereka yang tinggal di kota besar. Segudang aktivitas, pekerjaan, ditambah kemacetan di jalan raya seolah berlalu begitu saja setiap hari tanpa menyisakan waktu yang cukup untuk beristirahat.

Kurangi bergadang dan mulailah tidur lebih cepat. Mungkin terdengar remeh, tapi tidur yang cukup dan berkualitas sangat menentukan kesehatan tubuh dan pikiran Anda. Kurang tidur adalah hal yang paling menyebalkan karena akan mengganggu metabolisme tubuh.

10. Traveling

Yang ini yang paling penting untuk menyeimbangkan hidup. Selalu rencanakan agenda berlibur Anda secara rutin. Hal tersebut bisa membantu untuk membuat hidup lebih berwarna.

Tidak harus liburan mewah ke luar negeri. Weekend getaway jika rutin dilakukan juga bisa sangat bermanfaat untuk menyegarkan pikiran dan tubuh. Membuat Anda lebih bergairah lagi menjalani hidup dan rutinitas.

Kira-kira apakah Anda sudah merancang resolusi terbaik di tahun baru nanti? Jangan lupa share lewat akun media sosial kami, ya!

Selamat tahun baru! -Rappler.com

 

 

 

 

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!