Sketsatorial: 10 resolusi tahun baru 2017

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Sketsatorial: 10 resolusi tahun baru 2017
Apa resolusimu tahun ini?

JAKARTA, Indonesia — Tahun 2016 baru saja kita tinggalkan. Ada banyak hal-hal baik di tahun itu yang bisa kita lanjutkan dan ada pula hal-hal buruk yang kita kerjakan di tahun lalu yang tidak perlu diulangi lagi.
Awal tahun baru, tidak perlu membuat resolusi muluk-muluk.Cukup mulai dari hal-hal kecil yang bisa diterapkan di keseharian, tapi tidak lupa untuk menggapai impian tinggi yang terus senantiasa kita pupuk.

Resolusi adalah soal kebiasaan. Biasakan diri melakukan hal-hal baik di awal tahun dan selalu ingat untuk terus memelihara komitmen.

Berikut beberapa inspirasi untuk resolusi terbaik di tahun baru dari Sketsatorial Rappler Indonesia:

1. Menurunkan berat badan

Mulailah mengurangi konsumsi junk food dan soft drink. Jangan lupa menambahkan sayur dan buah di setiap menu makanan. Dan yang paling penting, jangan lupa olahraga.

2. ‘Stay connected’

Waktu terus berjalan, pertemanan bertambah tapi kesibukan dan teknologi justru kadang bisa menjauhkan kita dari mereka yang menjadi support system kita. Tetaplah pelihara hubungan dengan teman, sahabat, dan yang terpenting, keluarga. 

3. Berhenti merokok 

Mulai dengan mengurangi jumlah rokok yang dihisap tiap hari. Atau coba datangi dokter atau klinik yang bisa membantu menghentikan kebiasaan buruk ini. Atau aktif mencari informasi tentang bagaimana cara menghentikan kebiasaan merokok.

4. Menabung

Cara terbaik untuk menabung adalah dengan mengubah gaya hidup. Mulai rancang prioritas keseharian. Mungkin, mengurangi jadwal nongkrong dan kongkow di restoran atau kafe mewah, atau mengurangi membeli gadget-gadget mahal yang tidak begitu diperlukan. 

5. Kurangi stres

Mulailah menata hidup dan prioritas. Bagaimanapun, hidup harus berjalan seimbang. Karier, penghasilan, dan kekayaan tidak ada apa-apanya jika kesehatan mental kita terganggu. 

6. Kurangi konsumsi alkohol

Jika sudah berlebihan, konsumsi minuman beralkohol bisa menimbulkan efek buruk bagi kesehatan, tak hanya kesehatan fisik tapi juga kesehatan mental. 

7. Menjadi sukarelawan

Mungkin tahun 2017 akan menjadi momen yang tepat untuk kita lebih banyak berbagi dengan sesama. Tak harus berbentuk materi tapi dalam bentuk keterlibatan. Coba cari informasi tentang beberapa program relawan yang bisa kita ikuti. 

8. Terus belajar 

Tidak pernah ada kata terlambat untuk belajar dan melanjutkan pendidikan. Tidak harus pendidikan formal, tapi mungkin kita bisa mencoba mengikuti kursus apa saja sesuai hobi, mimpi, dan keinginan kita.

9. Tidur cukup

Kurangi begadang dan mulailah tidur lebih cepat. Mungkin terdengar remeh, tapi tidur yang cukup dan berkualitas sangat menentukan kesehatan tubuh dan pikiran kita. Kurang tidur adalah hal yang paling menyebalkan, karena akan mengganggu metabolisme tubuh. 

10. ‘Traveling’

Yang ini yang paling penting untuk menyeimbangkan hidup. Selalu rencanakan agenda berlibur secara rutin. Hal tersebut bisa membantu untuk membuat hidup lebih berwarna dan membuat kita terhindar dari menjadi orang-orang yang “kurang piknik”. —Rappler.com

Sketsatorial adalah kolom mingguan Rappler tentang isu-isu penting yang dibahas dengan menggunakan video sketsa, dan dibuat oleh Iwan Hikmawan. Follow Iwan di Twitter @Sketsagram.

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!