12 hal yang saya lakukan untuk menurunkan 40 kg dalam 6 bulan

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

12 hal yang saya lakukan untuk menurunkan 40 kg dalam 6 bulan
Berikut adalah 12 tips agar berat badanmu turun di tahun 2017!

Selamat tahun baru, semuanya! Saya harap kalian menikmati liburan akhir tahun kemarin ya!

Sebagai tradisi, saya tahu sebagian besar dari kita pasti sibuk menyusun resolusi tahun baru. Bukan rahasia bahwa semua orang ingin momen tahun baru menjadi awal dari hidup yang lebih baik, salah satunya dalam kesehatan dan ingin menurunkan berat badan.

Saya sudah menginginkan hal tersebut bertahun-tahun. Tapi akhirnya, tahun 2016 kemarin saya berhasil memulai usaha menurunkan berat badan. Saya sendiri tidak yakin apa yang menjadi titik balik perjalanan ini. Suatu hari, tiba-tiba saya berpikir dan berkata pada diri sendiri: “Ayo lakukan sekarang!”

Abby sebelum memulai perjalanan menurunkan berat bedan. Foto oleh Abby Sta Ines-Jogno

Hingga saat ini, saya telah menurunkan hampir 40 kilogram. Saya masih ingin menurunkan beberapa kilo lagi tapi saya sudah sangat puas dengan kondisi saat ini. Akhir-akhir ini, orang-orang di sekitar saya mulai banyak yang bertanya bagaimana cara saya menurunkan berat badan.

Sejujurnya (dan mungkin kamu akan membenci saya karena fakta ini), tidak ada jalan pintas menuju berat badan ideal. Tidak ada pil ajaib atau obat diet yang akan membuatmu mencapai titik tersebut. Namun, perjalanan ini juga tidak seberat yang dibayangkan.

Abby setelah berhasil menurunkan 40 kg. Foto oleh Abby Sta Ines-Jogno

Saya berharap tulisan ini dapat menginspirasi kalian yang juga memiliki resolusi untuk memiliki badan yang lebih sehat dengan menurunkan berat badan.

Berikut ada 12 hal yang saya lakukan:

Mulai dari sekarang

Saya tidak menunggu tahun baru untuk mulai menurunkan berat badan. Sangat tidak penting jika kamu terus menunggu dengan alasan ‘sebentar lagi ada ulang tahun teman’ dan sebagainya. Tidak ada waktu terbaik untuk memulai selain sekarang. 

Ketahui BMR kamu dan tentukan target

BMR adalah Basal Metabolic Rate atau laju metabolisme basal. Angka ini menunjukkan perkiraan berapa kalori yang bisa kamu bakar jika beristirahat selama 24 jam. Ini adalah angka energi minimal yang dibutuhkan tubuh kamu, termasuk energi yang dibutuhkan agar tubuh tetap bernapas dan jantung tetap berdetak. 

Hitung kalori

Ini adalah kunci terpenting dalam proses menurunkan berat badan yang saya lakukan. Hitung kalori yang kamu konsumsi, termasuk snack dan side-dish. Saya sangat teliti dan strict dengan hal ini namun semua usaha terbayarkan.

Banyak aplikasi di handphone kamu yang bisa digunakan untuk menghitung kalori dari setiap makanan yang kamu makan. Pastikan masukan data yang sesuai, bila perlu kamu bisa menimbang seluruh makanan.

Kunci dari menurunkan berat badan adalah membuat defisit antara kalori yang kamu konsumsi per hari dengan kalori yang kamu butuhkan per harinya.

Jadi anggota gym

Keluarkan investasi untuk diri sendiri. Kita tahu bahwa keanggotaan di gym memang sedikit mahal, namun ini yang membuat saya menjadi lebih bertanggung jawab. Saya ingin memaksimalkan sesuatu yang saya sudah bayar mahal-mahal, yaitu dengan pergi ke gym secara teratur.

Apa yang saya lakukan di gym? Pada hari pertama, saya mulai dengan treadmill selama 30 menit. Keesokan harinya, saya menantang diri saya untuk melakukan kardio selama 1 jam dan angkat besi. Setelah beberapa hari, saya mulai merasa mampu menambah porsi treadmill dan kardio yang saya lakukan.

Hingga saat ini, saya pergi ke gym sebanyak 6 hingga 7 kali seminggu dan berlari di atas treadmill selama setidaknya 1 jam (lebih banyak jika saya berencana makan banyak) dan angkat beban selama 30 hingga 40 menit. Jika tubuh kamu sudah mulai terbiasa, maka kamu akan semakin nyaman dan bisa menambah porsi olahraga kamu.

Banyak makan, banyak bergerak

Pasti ada hari-hari di mana kamu sangat ingin makan masakan tertentu. Menurunkan berat badan tidak berarti kamu harus tersiksa. Biasanya, yang saya lakukan adalah olahraga, baru setelahnya makan makanan yang saya inginkan.

Contohnya, jika saya ingin makan double cheeseburger dengan 470 kalori, saya akan membakar 470 kalori tersebut sebelum makan.

Berdasarkan artikel yang pernah saya baca, ini yang sering kali membuat orang menyerah — mereka ingin makan sesuatu, lalu langsung makan, merasa bersalah, lalu menyerah. Tapi janji pada saya, jangan menyerah! Akan selalu ada hari esok. Bersabarlah dan kamu akan merasakan hasil yang memuaskan.

Meminimalisir gula

Saya sangat suka makanan manis. Saya sangat sering ngidam kue setelah makan. Tapi, saat saya memulai proses ini, saya berkomitmen untuk tidak makan gula sama sekali selama 1 bulan untuk melatih indera perasa saya. Setelah beberapa hari, saya sudah tidak merasa ngidam makanan manis. Hingga saat ini, saya hanya menggunakan gula rendah kalori maksimal sebanyak setengah sachet satu hari.

Beritahu orang-orang terdekat

Saat memutuskan untuk menurunkan berat badan, saya mengatakan pada keluarga dan teman-teman terdekat tentang rencana saya. Dengan begini, mereka akan mengerti jika saya menolak diajak makan-makan. Ditambah lagi, mereka adalah support system terbaik yang bisa membantu kamu dalam proses ini.

Dengan ini, kamu juga bisa mengajak keluargamu untuk menemani berolahraga di akhir pekan!

Ukur berat badan setiap hari, setiap pagi

Saya membeli timbangan digital dan selalu mengukur berat badan setiap baru bangun tidur. Saat tersebut adalah waktu yang paling tepat untuk mengukur berat badan. Mengukurnya di siang hari bisa jadi tidak tepat karena kamu sudah makan dan beraktivitas.

Banyak minum air putih!

Kebanyakan orang yang saya kenal memiliki kesulitan untuk memenuhi kebutuhan air putih setiap hari. Sejujurnya, bagi saya ini bukan masalah karena saya suka minum air putih. Dan air putih mengandung 0 kalori!

Jika kamu merasa haus, coba lah untuk selalu minum air putih. JIka masih lapar, mungkin memang sudah saatnya makan snack, tapi pilih yang sehat dan jangan banyak-banyak.

Temukan makanan alternatif

Makanan enak selalu membuat saya bahagia. Saya sangat suka makanan berkarbohidrat tinggi seperti pizza, pasta, dan burger. Bukan berarti kamu tidak bisa makan makanan kesukaanmu, tapi kamu bisa menggunakan internet untuk mencari alternatif dari makanan-makanan tersebut!

Suka pizza? Mungkin kamu bisa coba pizza kembang kol. Suka burger? Kamu bisa coba membuat burger vegetarian. Suka pasta? Kamu bisa mencoba makan zucchini.

Saya juga sangat suka memasak, jadi saya bisa memastikan jumlah kalori yang saya konsumsi.

Bagaimana pun keadaanmu, jangan berhenti berolahraga

Mungkin ada hari-hari di mana kamu mager dan hanya ingin berbaring di kasur sepanjang hari. Saya juga pernah merasakan hal tersebut. Namun, jika kemalasan mulai menghampiri, saya langsung bangun dari tempat tidur dan berangkat ke gym. Saat kamu melihat orang lain berolahraga, semangat kamu akan muncul kembali.

Foto!

Dokumentasikan perjalanan kamu ini. Ambil foto kamu setiap pekan, atau bahkan setiap hari, agar kamu benar-benar termotivasi dengan perubahan yang terjadi. 

Tapi ingat, menurunkan berat badan tidak hanya agar penampilanmu lebih menarik. Yang terpenting adalah, membuat dirimu merasa lebih baik.

Sangat menyenangkan saat kamu mulai bisa naik tangga 5 lantai tanpa merasa ngos-ngos-an, dan hidup lebih sehat bisa membuatmu lebih panjang umur.

Selamat memulai, hari ini! —Rappler.com

Artikel ini diterjemahkan dari artikel Abby Sta Ines-Jogno di Rappler.com.

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!