5 hal menarik yang bisa dilakukan di Kazan, Rusia

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

5 hal menarik yang bisa dilakukan di Kazan, Rusia
Karena Rusia tak sekadar Moskow dan St. Petersburg saja

JAKARTA, Indonesia – Selama bertahun-tahun, Indonesia sudah menjadi salah satu negara destinasi populer warga Rusia untuk menghabiskan masa liburan mereka. Namun sebaliknya, menurut data Visit Russia Asia, jumlah wisatawan Indonesia yang bertandang ke Rusia belum terlalu banyak.

“Sebagai Duta Besar Rusia untuk Indonesia, saya ingin terus mengembangkan pariwisata Rusia, jadi kami ingin mengundang warga Indonesia datang ke Rusia. Menurut data kami, hampir 65 ribu wisawatan Rusia datang ke Indonesia. Namun jumlah ini belum sebanding dengan jumlah turis Indonesia yang datang ke Rusia,” kata Mikhail Yurievich Galuzin, Duta Besar Rusia untuk Indonesia yang ditemui Rappler beberapa saat yang lalu.

Mikhail Yurievich Galuzin, Duta Besar Rusia untuk Indonesia saat memberi kata sambutan di acara presentasi pariwisata Russia, Jumat, 20 Januari. Foto oleh Yetta Tondang/Rappler.com.

Karena itulah, pihak pemerintah Rusia kini gencar mempromosikan wisata mereka. Namun, kebanyakan, turis Indonesia masih berfokus mendatangi destinasi populer di Rusia seperti Moskow dan St. Petersburg. 

Padahal, banyak sekali wilayah Rusia yang menarik untuk dieksplor lebih lanjut. Terutama untuk para pelancong Indonesia yang pasti mendamba cuaca dan iklim sejuk dan lebih dingin dari Tanah Air.

Salah satunya destinasi menarik di Rusia yang kini tengah gencar dipromosikan adalah Kazan. Kazan adalah ibukota Republik Tatarstan, berlokasi sekitar 820 kilometer sebelah timur Moskow. Kazan adalah salah satu kota yang paling penting di Rusia, terutama terkait urusan ekonomi, ilmu pengetahuan dan pusat kebudayaan.

Kazan kerap disebut sebagai ‘The Third Capital of Russia’ dan ‘The Millenial City’. Tahun 2005, Kazan merayakan hari jadinya yang ke-1000 tahun. Kazan pun dikenal karena beberapa potensi seperti teater, festival internasional, perpustakaan hingga kecanggihan teknologi.

Menelusuri Kazan berarti memberikan kesempatan bagi para pelancong untuk menyaksikan menara-menara megah, mesjid, gereja dan museum. Kazan juga termasuk dalam daftar World Heritage Cities versi UNESCO.

Simak 5 hal menarik yang bisa dilakukan di Kazan:

Mengagumi kemegahan The Temple of All Religions

Tempat yang juga kerap disebut Universal Temple ini adalah salah satu kompleks arsitektur paling ternama di Kazan. Dalm kompleks ini terdapat berbagai bangunan rumah ibadah dari banyak aliran agama.

Di antaranya adalah bangunan gereja Orthodox, mesjid, sinagoge dan beberapa bangunan lainnya. Kompleks bangunan mulai dibangun pada tahun 1992 dan digagas oleh seorang seniman sekaligus filantropis bernama Ildar Khanov.

Menikmati indahnya Bolgar

Foto dari beautifulmosque.com.

Bolgar dikenal sebagai kawasan yang bersejarah dan dipenuhi bangunan yang bersejarah pula. Bolgar bahkan banyak disebut sebagai “North Mecca” bagi kaum Muslim di Rusia.

Bangunan dengan bebatuan berwarna putih, benteng-benteng, mesjid, mauseleum dan menara menjadi satu kesatuan lanskap yang menarik dipandang. Jangan lupa mampir ke The White Mosque (Ak Mechet), salah satu bangunan terindah di kawasan ini.

Kembali ke masa lalu di Staro-Tatarskaya Sloboda

Foto dari gokazan.ru.

Kerap juga disebut sebagai Old Tatar Neighbourhood, kawasan ini terdiri dari bangunan-bangunan klasik seperti rumah-rumah dari abad 18 dan 19 dengan gaya baroque yang kental yang kemudian direstorasi seiring zaman sebagai perpaduan gaya arsitektur Rusia dan Tatar.

Pengunjung yang datang bisa menikmati nuansa Rusia zaman dahulu yang masih sangat kental.

Puas berbelanja di Bauman Street

Foto dari Kazantravels.ru.

Area yang juga disebut Arbat of Kazan ini adalah salah satu lokasi pejalan kaki terbaik di Rusia. Sambil berjalan kaki, pengunjung bisa menikmati keindahan kota Kazan seperti air mancur yang indah, gereja Epiphany dan menara loncengnya, monumen Shalyapin, gedung National Bank dan juga mempelajari sejarah di Cat of Kazan.

Nama Bauman Street diambil dari seorang pejuang revolusioner bernama Bolshevik Nikolai Bauman. Area perbelanjaan utama di sini terbentang dari Nogai menuju Great Prolomnaya dan Epiphany serta berlanjut ke Bauman Street.

Menikmati kuliner Kazan

Foto dari Visit Russia.

Tentu saja, saat bepergian, hal utama yang tak boleh dilewatkan ada momen mencicipi kuliner khas. Cita rasa kuliner Kazan diibaratkan sebagai buku sejarah Eurasia dalam bentuk menu.

Menikmati hidangan khas Tatar di Kazan seperti perjalanan mengarungi waktu di atas sebuah piring. Jangan lupa mencicipi beberapa hidangan khas populer seperti chak-chak, echpochmak, vak belash dan gubadia.

-Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!