Musisi jazz legendaris Al Jarreau meninggal dunia

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Musisi jazz legendaris Al Jarreau meninggal dunia

AFP

Al Jarreau yang populer dengan lagu 'We're in This Love Together' dan 'After All' meninggal dunia di usia 76 tahun

JAKARTA, Indonesia – Musisi yang dikenal dengan kemampuan olah vokal yang menawan terutama di industri musik jazz, Al Jarreau, meninggal dunia, Senin, 12 Februari, tak lama berselang dari momen ia mengumumkan bahwa dirinya memutuskan untuk pensiun dari dunia musik.

Jarreau yang telah sukses meraih 7 piala Grammy ini meninggal dunia di usia 76 tahun di sebuah rumah sakit di Los Angeles, tempat ia dirawat karena sempat mengalami kelelahan.

Jarreau, yang tumbuh besar di Milwaukee ini pertama kali bersentuhan dengan musik karena sering mendengar orang tuanya bermain musik di gereja. Ia lantas dikenal sebagai musisi jazz kenamaan dunia dengan beberapa lagu yang populer, di antaranya We’re in This Love Together dan After All.

Suara merdunya juga dinikmati di lagu tema serial televisi yang sempat booming di era 80-an, yang turut membesarkan nama aktor Bruce Willis, Moonlighting.

Salah satu penampilan yang paling memorable dari Jarreau adalah saat terlibat di lagu We Are the World di tahun 1985 yang saat itu dilakukan sebagai upaya penggalangan dana untuk korban gizi buruk di Ethiopia.

Manajer Jarreau, Joe Gordon, menyebut sosok kliennya sebagai pria yang luar biasa yang tidak pernah berhenti berterima kasih pada penggemarnya dan orang-orang yang pernah bekerja dengan dia, secara langsung ataupun tidak langsung.

“Prioritas keduanya adalah musik. Tapi prioritas pertamanya adalah soal orang lain, bagaimana ia bisa membuat orang lain merasa lebih baik dan nyaman. Baik itu menyangkut urusan emosional atau fisik atau apapun yang membuat seseorang tidak nyaman, ia akan berusaha membuat semua kembali normal dan baik bagi mereka,” tulis Joe Gordon di website Jarreau.

“Dan lagu hanyalah salah satu alat yang digunakan Jarreau untuk bisa melakukan itu semua.”

Penyebab kematian Jarreau memang belum diungkap. Namun pekan lalu sempat beredar kabar bahwa Jarreau masuk rumah sakit dan menyelesaikan turnya karena kelelahan.

Jarreau sudah pernah mengalami permasalahan kesehatan beberapa tahun belakangan ini dan sempat dirawat di rumah sakit di tahun 2010 karena masalah pernapasan saat ia tengah tur di Perancis.

Jarreau meninggal dunia hanya berselang beberapa buan setelah ia menerima penghargaan dari Gedung Putih yang disampaikan langsung oleh Barack Obama saat gelaran perayaan International Jazz Day.

Rest in peace, Al Jarreau…

-dengan laporan dari AFP/Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!