5 hal yang bisa dilakukan para jomblo saat Valentine’s Day

Davin Rusady

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

5 hal yang bisa dilakukan para jomblo saat Valentine’s Day
Sudah bukan zamannya lagi bagi seorang jomblo untuk bersedih saat Valentine!

JAKARTA, Indonesia – Masih menyandang status jomblo di Hari Kasih Sayang? Jangan sedih! Ini berarti kamu memiliki lebih banyak waktu khusus untuk memanjakan diri sendiri.

Memiliki pasangan belum tentu menjadi jaminan bahwa seseorang akan hidup bahagia. Justru masalah-masalah baru kadang timbul dari hubungan percintaan.

Begitu pula dengan orang-orang yang masih konsisten menyandang status sebagai lajang atau jomblo. Status tersebut juga bukan penentu bahwa seseorang akan selalu merasa kesepian. Ketika menjalani kehidupan tanpa pasangan sudah pasti kamu memiliki waktu lebih banyak untuk diri sendiri.

Berikut 5 hal yang dapat kamu lakukan untuk memanjakan diri sendiri di Hari Kasih Sayang:

Berkumpul dengan sesama teman jomblo

Kamu tidak sendiri. Razi Thalib, pendiri setipe.com, menyebutkan bahwa angka jomblo di Indonesia mencapai 52 juta orang pada tahun 2015. Mereka berusia antara 18 sampai 40 tahun.

Zola Yoana, pendiri biro jodoh Heart Inc. pernah melakukan riset mengenai para jomblo. Menurut riset Heart Inc., jumlah jomblo sejak tahun 2010 sampai 2014 terus mengalami peningkatan. Selama kurun waktu tersebut, jumlah jomblo di atas 27 tahun meningkat dua persen setiap tahunnya.

Pada tahun 2010, jumlah jomblo pria di atas 27 tahun sebanyak 4,9 juta orang, sementara jumlah jomblo perempuan sebanyak 4,7 juta. Pada tahun 2014, jumlah jomblo pria menjadi 5,1 juta, sementara jumlah jomblo perempuan menjadi 5 juta. Di samping itu, kebanyakan jomblo memiliki karier yang bagus dan berpendidikan tinggi. Sebagian dari mereka malu atau malas mencari pasangan.

Tidak heran kalau para jomblo bertebaran di Tanah Air. Anak muda perkotaan saat ini cenderung tertarik untuk mengejar karir ketimbang berkomitmen dalam hubungan dengan orang lain.

Oleh karena itu, kamu dapat merencanakan kegiatan yang menyenangkan bersama teman jomblo lainnya. Mungkin kalian bisa saling menguatkan juga satu sama lain!

Menonton film atau membaca buku

If you are lonely, dim all lights and put on a horror movie. After a while it won’t feel like you’re alone anymore.”

Cobalah menonton film horor untuk menghibur diri kamu. Ada beberapa film horor tahun lalu yang dapat kamu lihat daftarnya di sini.

Kalau tidak berani, kamu juga bisa membuka kembali buku-buku bacaan lama atau menambah koleksi buku.

Kamu dapat mulai mencari buku-buku bacaan baru di sini atau menelusuri daftar buku yang telah memenangkan penghargaan-penghargaan lain, seperti Pulitzer Prize dan Nebula Award.

Jalan-jalan

Tujuan utama jalan-jalan adalah menghilangkan rasa penat dan stres. Setelah bekerja selama 5 atau 6 hari dalam seminggu, beri diri kamu waktu beristirahat sejenak dari pekerjaan dan pergi ke luar rumah sambil belajar mengenali diri sendiri.

Tidak usah memikirkan destinasi yang rumit. Misalnya, di Jakarta, kamu bisa mencoba mengeksplor Kota Tua atau Kawasan Pecinan Glodok. Pasti seru!

Menjadi relawan

Berbagi kepada sesama merupakan salah satu cara sederhana yang dapat membuat diri kamu dan orang lain bahagia. Libatkan dirimu sebagai relawan. Bagaimanapun juga, Valentine’s Day adalah soal berbagi cinta. Dan berbagi cinta tak selalu harus dengan pasangan tapi dengan sesama juga.

Ada banyak kegiatan sosial yang dapat kamu ikuti. Informasi-informasi mengenai kegiatan kesukarelawanan dapat kamu lihat di sini.

Mengerjakan tugas

Hari Kasih Sayang tidak hanya bisa dinikmati bersama pasangan saja. Kamu dapat menuntaskan tugas yang sedang ditunggu-tunggu oleh guru, dosen atau rekan kerja.

Kerjakan seluruh tanggung jawabmu dengan teliti. Anggap saja ini cara kamu untuk menghargai diri sendiri sekaligus mempermudah pekerjaan orang lain yang akan memeriksa tugas-tugasmu.

Selamat menikmati Hari Kasih Sayang, jomblo-ers! Tetap semangat yaaa..!—Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!