Tayang di kuartal pertama 2017, inilah 10 serial televisi yang diadaptasi dari buku

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Tayang di kuartal pertama 2017, inilah 10 serial televisi yang diadaptasi dari buku
Mungkin tayangan televisi tidak seindah buku tapi setidaknya mereka bisa bercerita lebih lengkap dan panjang

JAKARTA, Indonesia – Mengadaptasi kisah buku ke layar lebar atau layar televisi bukan jadi hal yang baru lagi di industri hiburan dunia.

Namun bagi pecinta buku, terkadang apa yang disuguhkan tayangan televisi tidak seindah yang di buku. Tapi keuntungannya, mungkin kita bisa melihat visualisasi kisah dari buku dan tak jarang, apa yang disajikan di televisi bisa lebih lengkap dan runut.

Perdebatan tentang mana yang lebih baik, buku atau adaptasi buku ke serial televisi memang tak akan ada habisnya. Kembali lagi, semua tergantung selera tiap orang. Tapi beberapa serial televisi yang tayang tahun ini mungkin layak jadi pertimbangan.

Di kuartal pertama tahun ini, ada sepuluh tayangan televisi yang diadaptasi dari kisah buku. Ada yang sudah tayang, ada yang masih menyusul. Layak disimak. Apa saja 10 serial tersebut?

Emerald City

Foto dari screen capture akun YouTube We Got This Covered.

Cerita di serial ini diadaptasi dari serangkaian cerita di buku The Wizard of Oz karya L. Frank Baum. Seperti di buku, Emerald City bercerita soal petualangan Dorothy. Kisah klasik ini dituturkan kembali dengan gaya fantasi yang lebih “gelap”.

Emerald City dibintangi oleh Adria Arjona, Oliver Jackson-Cohen, Ana Ularu dan Vincent D’Onofrio dan mulai tayang sejak 6 Januari.

A Series of Unfortunate Events

Serial ini diproduksi oleh Netflix dan diadaptasi dari buku berjudul serupa karya Lemony Snicket yang menceritakan anak-anak dari keluarga Baudelaire yang harus kehilangan orang tua mereka dan menjadi yatim piatu. Violet, Klaus dan Sunny pun diasuh oleh seorang aristokrat eksentrik, Count Olaf.

Serial yang tayang perdana pada 13 Januari ini dibintangi Neil Patrick Harris, Patrick Warbuton, Malina Weissman, Louis Hynes, K. Todd Freeman dan Presley Smith. Musim pertama diadaptasi dari empat buku pertama dari serial aslinya. Sementara buku serial kelima hingga kesembilan akan hadir di musim kedua serial ini dan sisa empat buku lainnya di musim ketiga.

Riverdale

Foto dari screen capture akun YouTube Netflix UK&Ireland.

Serial televisi ini adalah adaptasi dari karakter yang ada di komik Archie yang terkenal itu. Tayang perdana 26 Februari, skenario Riverdale ditulis oleh chief creative officer komik Archie, Roberto Aguirre-Sacasa.

Tokoh-tokoh komik Archie yang diadaptasi di serial ini antara lain adalah Archie Andrews (K.J. Apa), Betty Cooper (Lili Reinhart), Veronica Lodge (Camila Mendes) dan Jughead Jones (Cole Sprouse).

Big Little Lies

Foto dari HBO Asia.

Serial yang akan tayang 19 Februari dan dibintangi oleh sejumlah nama populer di Hollywood ini diangkat dari buku yang berjudul serupa karya Liane Moriarty. Bergenre komedi-drama, serial ini akan tayang di HBO dan terdiri dari tujuh episode yang disutradarai oleh Jean-Marc Vallee.

Kisah ini bercerita tentang tiga sosok ibu dengan segala intrik kehidupan mereka seperti persahabatan, kekerasan dan kepalsuan. Para bintang yang ikut membintangi serial ini antara lain Nicole Kidman, Reese Witherspoon, Shailene Woodley, Laura Dern, Alexander Skarsgård dan Zoë Kravitz.

Famous in Love

Foto dari screen capture akun YouTube Freeform.

Seorang mahasiswa bernama Paige Townsen meninggalkan kampung halamannya menuju Hollywood untuk berakting. Ia pun lantas terlibat dalam kehidupan glamor penuh godaan. Apa yang kemudian membuat Paige serba salah dengan status dan kehidupan barunya? Jawabannya bisa disaksikan di serial ini yang tayang perdana 18 April mendatang.

Famous in Love diadaptasi dari novel berjudul sama karya penulis Rebecca Serle dan akan dibintangi aktris muda Bella Thorne.

The Handmaid’s Tale

Foto dari screen capture akun YouTube Hulu.

Kisah yang ditulis di buku berjudul serupa karya penulis Margaret Atwood ini berlatarbelakang kehidupan di kota Gilead yang jauh dari bahagia. Sebagian besar wanita di sana mandul.

Karakter utama di kisah ini, Offred (diperankan oleh Elizabeth Moss), adalah satu dari sedikit wanita yang bisa mengandung dan ia dikirim ke sebuah camp khusus untuk dilatih sebagai pesuruh dengan kewajiban melahirkan anak. Serial ini tayang perdana 26 April mendatang.

Midnight, Texas

Foto dari screen capture akun YouTube Series Trailer MP.

Jauh dari keramaian, sebuah kota bernama Midnight di Texas bukan hanya menjadi tempat tinggal manusia biasa tapi juga makhluk mistis. Tidak ada yang tahu apakah orang yang berpapasan di jalan adalah manusia sungguhan atau jadi-jadian.

Serial ini diadaptasi dari novel berjudul serupa karya penulis Charlaine Harris yang sebelumnya juga dikenal dengan novel yang ditulisnya yang diadaptasi ke serial True Blood. Midnight, Texas mulai tayang 30 April.

American Gods

Foto dari screen capture akun YouTube Starz.

Bercerita tentang Shadow, seorang narapidana yang dibebaskan lebih cepat dari tahanan karena ia harus menghadiri pemakaman salah seorang yang dikasihinya.

Dalam perjalanan menuju kampung halamannya, ia bertemu Mr. Wednesday yang kemudian membawa dia ke “peperangan” antara dewa kuno dan modern. Serial yang diadaptasi dari novel berjudul serupa karya penulis Neil Gaiman ini rencananya akan tayang April mendatang.

Cormoran Strike

Foto dari BBC One.

Cormoran Strike adalah nama dari karakter utama di serangkaian buku yang ditulis oleh Robert Galbraith (nama pena penulis J.K. Rowling). Pria ini dikisahkan sebagai veteran perang Afganistan yang lantas bekerja sebagai detektif swasta. Bersama asistennya, Robin, ia memecahkan banyak kasus.

Kisah serial Cormoran Strike akan diadaptasi dari beberapa buku Galbraith yang berjudul The Cuckoo’s Calling, The Silkworm dan Career of Evil.

Time After Time

Foto dari screen capture akun YouTube ABC Television Network.

Serial ini, seperti bukunya yang berjudul serupa karya Karl Alexander, berkisah tentang petualangan seorang penulis yang hidup di abad 19 bernama H.G Wells yang menciptakan mesin waktu. Sebelum ia berhasil mengoperasikannya, mesin itu justru diaktifkan oleh Jack the Ripper yang ingin lari dari buruan polisi. Wells pun harus menjelajah waktu untuk menghentikan Jack.

Serial yang tayang 5 Maret mendatang ini dibintangi Freddie Stroma, Josh Bowman dan Jordin Sparks. -Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!