8 lokasi terbaik untuk menikmati indahnya bunga sakura di Jepang tahun ini

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

8 lokasi terbaik untuk menikmati indahnya bunga sakura di Jepang tahun ini
Mekarnya bunga sakura menjadi penanda datangnya musim semi di wilayah Jepang

JAKARTA, Indonesia – Sakura selalu identik dengan Jepang. Dan sakura pun hanya mekar di waktu tertentu, tepatnya di musim semi. Nah, musim semi di Jepang tahun ini hampir datang. Artinya, sakura pun akan mulai bermekaran.

Keindahan bunga berwarna putih bercampur merah muda tersebut mampu menyedot perhatian wisatawan dari mancanegara, termasuk Indonesia. Sepertinya, kurang afdol kalau ke Jepang tapi tidak menyaksikan indahnya sakura yang bermekaran. Dalam bahasa Jepang, kegiatan melihat bunga sakura disebut hanami.

Di Jepang, perayaan mekarnya bunga sakura sudah dilakukan sejak abad ke-18. Toyotomi Hideyoshi, tokoh panglima perang dan pemersatu Jepang, sudah menginisiasi perayaan hanami mewah pada tahun 1598 di Kyoto.

Perayaan tersebut ditujukan kepada tokoh-tokoh feodal di Jepang dan pengikutnya. Sampai hari ini, hanami masih dirayakan di Jepang bersama teman dan keluarga untuk menyambut musim semi.

Pada tanggal 16 Februari lalu, Japan Meteorological Corporation mengumumkan perkiraan waktu terbaik untuk menikmati bunga sakura mekar di seluruh wilayah Jepang.

Waktu tersebut dibagi berdasarkan kota karena sakura di Jepang mekar pada waktu tertentu sesuai wilayah. Berikut adalah 8 kota yang dapat Anda jadikan sebagai tujuan untuk melihat pemandangan mekarnya bunga sakura.

Tokyo

Berdasarkan perkiraan waktu tersebut, bunga sakura akan mekar pertama kali di Tokyo pada tanggal 19 Maret. Puncak mekarnya bunga sakura juga pertama kali akan terjadi di Tokyo pada tanggal 28 Maret.

Ada banyak lokasi di Tokyo yang bisa digunakan untuk menikmati hanami, seperti Shinjuku Gyoen, Yoyogi Park, Meguro, Ueno Park dan Aoyama Cemetry. Pada akhir pekan, tempat-tempat tersebut banyak dikunjungi oleh wisatawan yang datang ke Tokyo untuk menikmati hanami.

Fukuoka

Bunga sakura akan mekar di Fukuoka pada tanggal 22 Maret dan puncak mekarnya diperkirakan akan terjadi pada tanggal 31 Maret.

Fukuoka terletak di sisi utara Jepang. Kota ini dikenal dengan keberadaan istana-stana klasik, pantai dan pusat perbelanjaan. Lokasi terbaik untuk menyaksikan pemandangan bunga sakura di Fukuoka adalah Kastil Fukuoka, Uminonakamichi Seaside Park, Nishi Park dan Atago Shrine.

Nagoya

Bunga sakura akan mekar di Nagoya pada tanggal 23 Maret dan puncak mekarnya diperkirakan akan terjadi pada tanggal 2 April.

Nagoya adalah kota dengan populasi terpadat keempat di Jepang sekaligus menjadi kota dengan peradaban budaya dan seni.

Yamazakigawa adalah lokasi terbaik untuk menikmati puncak mekar bunga sakura. Selain itu, tempat terbaik menikmati pemandangan bunga sakura berada di Kastil Nagoya dan Tsuruma Park.

Hiroshima

Bunga sakura akan mekar di Hiroshima pada tanggal 24 Maret dan puncak mekarnya diperkirakan akan terjadi pada tanggal 2 April.

Setelah peristiwa jatuhnya bom puluhan tahun lalu di kota ini, pemerintah Jepang menguras banyak tenaga untuk mengembalikan citra kota Hiroshima.

Beberapa lokasi di Hiroshima yang dikelilingi oleh pohon sakura dan wajib dikunjungi selama musim sakura, antara lain Peace Park, Shukkeien Garden dan Kastil Hiroshima.

Kyoto

Bunga sakura akan mekar di Kyoto pada tanggal 26 Maret dan puncak mekarnya diperkirakan akan terjadi pada tanggal 3 April.

Kyoto sudah menjadi tempat yang umum untuk menikmati wisata sejarah dan budaya di Jepang. Salah satu lokasi yang sangat populer untuk melihat bunga sakura mekar adalah Maruyama-koen. Selain itu, ada pula beberapa lokasi lainnya, seperti Kyoto Gosho dan Jalan Shirakawa yang dikelilingi oleh pohon-pohon sakura.

Osaka

Jelang sehari setelah mekar di Kyoto, bunga sakura akan mekar di Osaka pada tanggal 27 Maret. Puncak mekarnya bunga sakura di Kyoto diperkirakan akan jatuh pada tanggal 3 April, sama seperti di Kyoto.

Lokasi terbaik untuk menikmati hanami berada di Osaka Castle. Anda juga dapat mengunjungi Kema Sakuranomiya Park. Di taman tersebut, ada lebih dari 5000 pohon sakura yang berada di sepanjang Sungai Okawa. Lebih menarik lagi, Anda dapat piknik di bawah pohon sakura. Tsurumi Ryokuchi Park adalah taman umum yang memiliki ratusan pohon sakura.

Aomori

Bunga sakura akan mekar di Aomori pada tanggal 18 April dan puncak mekarnya diperkirakan akan terjadi pada tanggal 22 April.

Kastil Hirosaki merupakan lokasi terbaik untuk menikmati pemandangan bunga sakura dengan latar belakang pegunungan.

Hokkaido

Bunga sakura akan mekar di Hokkaido pada tanggal 27 April (Hakodate), 2 Mei (Sapporo) dan 3 Mei (Muroran). Puncak mekarnya diperkirakan akan terjadi pada tanggal 1 Mei (Hakodate), 6 Mei (Sapporo) dan 8 Mei (Muroran).

Ketika berada di Hokkaido, Anda harus mengunjungi Goryokaku di Hakodate. Goryokaku merupakan benteng kecil berbentuk bintang yang sering dikunjungi para wisatawan untuk menikmati hanami. Ada pula Kastil Matsumae, satu-satunya kastil di Hokkaido yang dapat digunakan untuk menyaksikan pemandangan sakura.

Tips

Banyak toko makanan di Jepang yang menjual makanan khusus untuk piknik selama perayaan hanami. Menu yang ditawarkan beragam, mulai dari onigiri, kacang merah dan mochi. Ada pula menu bento spesial yang dijual di minimarket atau pusat perbelanjaan.

Jangan lupa untuk menghemat ruang duduk jika ingin berpiknik. Ambil ruang secukupnya saja karena akan ada wisatawan-wisatawan lain yang juga ingin ikut berpiknik ria.

Warga Jepang yang berpiknik menikmati sakura biasanya akan membawa alas duduk sendiri dari potongan karton atau kardus bekas. Mereka juga sangat disiplin menjaga kebersihan. Karena itu, usai piknik, jangan lupa untuk membersihkan semua makanan dan minuman, ya!

Selamat menikmati sakura!  -Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!