Indonesia

Inilah 10 museum terbaik di dunia

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Inilah 10 museum terbaik di dunia
Metropolitan Museum of Art di New York sukses meraih posisi puncak

JAKARTA, Indonesia – Pekan ini, TripAdvisor baru saja merilis daftar museum terbaik di dunia. Daftar ini berdasarkan pendapat dan masukan dari para pelancong di seluruh dunia yang gemar mengunjungi museum.

Untuk dua tahun berturut-turut, posisi puncak ditempati oleh Metropolitan Museum of Art di New York. Kesepuluh museum terbaik di dunia ini rata-rata berada di Amerika Serikat dan benua Eropa.

Berikut daftar 10 museum terbaik di dunia versi TripAdvisor:

1. Metropolitan Museum of Art (New York, AS)

Foto dari akun Instagram MetMuseum.

Museum yang kerap disebut “The Met” ini berlokasi di New York dan merupakan museum seni terbesar di seluruh Amerika Serikat. The Met juga adalah satu dari beberapa museum di dunia dengan jumlah pengunjung terbanyak.

Tercatat, ada sekitar lebih dari dua juta koleksi benda seni yang ada di museum ini yang terbagi dalam tujuh departemen kurasi yang berbeda.

Museum ini buka setiap hari dengan harga tiket bervariasi antara USD 12 (Rp 160 ribu) hingga USD 25 (Rp 332 ribu).

2. Art Institute of Chicago (Chicago, AS)

Foto dari akun Instagram artisntituechi.

Museum ini pertama kali didirikan tahun 1879 dan berlokasi di Grant Park, Chicago, AS. Art Institute of Chicago adalah salah satu museum tertua dan terbesar di Amerika Serikat. Setiap tahunnya, museum ini rata-rata dikunjungi oleh 1,5 juta pelancong dari seluruh dunia.

Koleksi museum ini terbgai atas sebelas departemen kurasi. Koleksi permanennya diperkirakan mencapai 300 ribu. Beberapa yang populer antara lain adalah lukisan karya Georges Seurat bertajuk A Sunday on La Grand Jatte (1884) dan lukisan The Old Guitarist karya Pablo Picasso.

Museum ini bisa dinikmati setiap hari dengan membeli tiket dari harga USD 14 (Rp186 ribu) hingga USD 25 (Rp 332 ribu).

3. State Hermitage Museum (St. Petersburg, Rusia)

Foto dari akun Instagram Hermitage_Museum.

Museum ini didirikan pada tahun 1754 oleh Catherine the Great dan pertama kali dibuka untuk umum di tahun 1852. Museum State Hermitage ini diperkirakan menjadi rumah bagi hampir 3 juta koleksi seni dan memiliki koleksi lukisan terbanyak di dunia.

Museum ini terbagi atas enam bangunan megah. Salah satunya, Winter Palace, yang tadinya adalah kediaman kaisar Rusia, juga termasuk dalam museum terbaik sesuai penilaian pelancong di Tripadvisor. 

Pengunjung bisa menikmati koleksi di museum ini dengan membayar tiket seharga Rp 119 ribu. Namun di hari Kamis minggu pertama setiap bulan, pengunjung bisa masuk dengan gratis.

4. Musée d’Orsay (Paris, Perancis)

Foto dari akun Instagram Museeorsay.

Jika Anda berencana melancong ke Paris, jangan lupa mampir ke Musée d’Orsay yang terletak di tepi sebelah kanan sungai Seine yang terkenal itu. Museum ini terkenal dengan sejumlah koleksi seni Perancis di tahun 1848 hingga 1914 dalam bentuk lukisan, ukiran, perabot dan foto.

Beberapa karya pelukis tersohor di dunia ada di Musée d’Orsay ini. Di antaranya adalah Monet, Seurat, Gauguin dan Van Gogh.

Museum ini buka setiap hari kecuali hari Senin. Pengunjung bisa membayar tiket dengan harga bervariasi antara USD 9 (Rp 119 ribu) hingga USD 12 (Rp159 ribu).

5. National Museum of Anthropology atau Museo Nacional de Antropologia (Mexico City, Meksiko)

Foto dari akun Instagram mnantropologia.

Sejak tahun 1964, Museo Nacional de Antropologia (MNA) didirikan di Mexico City. Kini, MNA dikenal sebagai salah satu museum terbesar dan paling banyak dikunjungi di seluruh Meksiko.

Seperti namanya, MNA menyimpan koleksi artefak dari kebudayaan Meksiko di masa lalu. Salah satunya adalah Stone of the Sun. MNA berada di bawah naungan lembaga antropologi dan sejarah Meksiko, INAH.

Pengunjung bisa menikmati koleksi benda sejarah di MNA dengan membayar tiket seharga Rp 53 ribu.

6. 9/11 Memorial & Museum (New York, AS)

Foto oleh Yetta Tondang/Rappler.

Museum yang beralamat di 180 Greenwich Street, New York ini didirikan sebagai bentuk penghormatan bagi korban tragedi 11 September 2001 sekaligus tragedi bom di World Trade Center tahun 1993.

Lokasi memorial dirancang oleh seorang arsitek asal Israel bernama Michael Arad yang memperlihatkan jajaran pohon dengan dua kolam berada di tengahnya, lokasi awal Twin Towers berada sebelum tragedi 11 September 2001.

Memorial dibuka dalam peringatan 10 tahun tragedi tersebut, tepatnya 11 September 2011. Sementara museum dibuka untuk publik pada 21 Mei 2014. Tiga bulan setelah dibuka, museum ini sudah dikunjungi lebih dari satu juta pelancong.

Memorial dan museum buka setiap hari. Untuk museum, pengunjung harus membeli tiket dari harga USD 15 (Rp 199 ribu) hingga USD 24 (Rp 319 ribu).

7. Prado National Museum (Madrid, Spanyol)

Foto dari website Prado National Museum.

Berlokasi di ibukota Spanyol, Madrid, Prado National Museum ini didirikan sejak 1819 dan menyimpan koleksi seni dari berbagai penjuru benua Eropa mulai abad 12 hingga abad 20.

El Prado, begitu museum ini kerap disebut, adalah satu dari banyak lokasi di dunia yang paling banyak dikunjungi pelancong. Koleksinya berupa gambar, lukisan, patung hingga dokumen sejarah. Salah satu karya yang paling terkenal di El Prado adalah lukisan cat minyak karya Velázquez bertajuk Las Meninas.

Museum ini buka setiap hari dan pengunjung tidak harus membayar tiket alias gratis untuk menikmati ribuan karya seni di El Prado.

8. British Museum (London, Inggris)

Museum ini terletak di area Bloomsbury di kota London, Inggris. Koleksi permanennya diperkirakan mencapai 8 juta benda dan termasuk yang paling lengkap karena menyimpan beragam benda seni dari berbagai benua di dunia.

Didirikan sejak tahun 1753, museum ini pertama kali dibuka untuk umum pada 15 Januari 1759. Seluruh area British Museum mencapai 75 ribu meter persegi dan terdiri dari 94 galeri.

Museum ini tidak memungut biaya dari para pengunjung yang hadir. Pengunjung bisa datang setiap hari mulai pukul 10.00 pagi hingga 17.30 (kecuali Jumat hingga pukul 20.30).

9. Acropolis Museum (Athena, Yunani)

Foto dari akun Instagram Theacropolismuseum.

Ini adalah museum arkelologi yang fokus pada penemuan benda-benda arkeologi di Acropolis Athena. Pertama kali didirikan pada tahun 2003, Acropolis Museum baru dibuka untuk umum pada 20 Juni 2009 lalu. 

Sebanyak hampir empat ribu koleksi benda arkeologi terdapat di area seluas 14 ribu meter persegi.

Museum ini buka setiap hari dan pengunjung hanya perlu membayar tiket seharga Rp 66 ribu.

10. Vasa Museum (Stockholm, Swedia)

Foto dari akun Instagram Vasamuseet.

Vasa Museum adalah museum maritim yang berlokasi di Stockholm, Swedia, tepatnya di pulau Djurgården. Salah satu item terbaik yang dimiliki museum ini adalah  kapal bernama Vasa yang berasal dari abad 17 yang pernah tenggelam saat pelayarannya di tahun 1628.

Museum ini dibuka tahun 1990 dan sejak saat itu menjadi salah satu museum paling banyak dikunjungi di area Skandinavia.

Vasa Museum buka setiap hari dengan harga tiket mulai dari Rp 159 ribu hingga Rp 212 ribu.

Museum terbaik Indonesia

Selain di benua Amerika dan Eropa, Indonesia juga memiliki museum-museum terbaik yang bisa dikunjungi saat liburan bersama keluarga atau orang terdekat.

Meski minat untuk berkunjung ke museum masih sangat rendah di kalangan masyarakat Indonesia, namun museum bisa menjadi tempat liburan alternatif, termasuk bagi warga Ibukota. 

Museum ARMA di Ubud, Bali. Foto dari website ARMA Bali.

Berikut daftar 10 museum terbaik di Indonesia versi Tripadvisor:

1. Museum Kesenian Agung Rai (ARMA) – Ubud, Bali

2. Museum Ullen Sentalu – Yogyakarta

3. Museum Batik Danar Hadi – Solo

4. Neka Art Museum – Ubud, Bali

5. Museum Pasifika – Nusa Dua, Bali

6. Museum The Blanco Renaissance – Ubud, Bali

7. Museum Sampoerna – Surabaya

8. Museum Nasional – Jakarta

9. Museum Bank Indonesia – Jakarta

10. Museum Tsunami – Banda Aceh

-Rappler.com

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!