Rekomendasi wisata di dalam kota bersama komunitas ‘walking tour’

Davin Rusady

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Rekomendasi wisata di dalam kota bersama komunitas ‘walking tour’
Di beberapa kota besar, mulai tumbuh kegiatan ‘walking tour’ yang mengajak para wisatawan mengeksplorasi sisi lain kota tersebut dengan berjalan kaki

JAKARTA, Indonesia – Wisata dengan berjalan kaki menyusuri taman, museum hingga bangunan tua tidak hanya menyehatkan, tetapi juga murah dan menyenangkan. Di Jakarta, misalnya, banyak nilai wisata historis yang mungkin hanya akan dibahas kembali pada saat ulang tahun kota Jakarta.

Alasan tersebut kerap menjadi dasar munculnya sejumlah kegiatan walking tour di kota-kota besar, seperti Jakarta dan Lombok.

Kegiatan walking tour ini akan mengajak para wisatawan mengeksplorasi sudut-sudut kota yang menyimpan nilai sejarah dan kearifan lokal dengan berjalan kaki. Destinasi yang ditawarkan oleh masing-masing pegiat walking tour pun bervariasi, mulai dari museum, pasar tradisional sampai tempat ibadah.

Masing-masing pegiat walking tour juga memiliki ketentuan yang berbeda terkait biaya keikutsertaan. Ada kegiatan walking tour yang menarik biaya secara sukarela, ada pula kegiatan walking tour yang diadakan secara gratis.

Berikut adalah beberapa komunitas yang cukup aktif mengadakan kegiatan walking tour di Jakarta, Lombok, Jogjakarta, Surabaya dan Semarang.

Jakarta Good Guide

Salah satu rute rutin Jakarta Good Guide adalah mengeksplor area Pasar Baru, Jakarta Pusat. Foto dari akun Instagram jktgoodguide.

Jakarta Good Guide dibentuk pada tahun 2014 oleh Farid Mardhiyanto dan Candha Adwitiyo. Mereka berdua adalah pemandu wisata yang memiliki izin dan lisesni dari Dinas Pariwisata DKI Jakarta serta terdaftar di Himpunan Pramuwisata Indonesia Jakarta. Ide menginisiasi Jakarta Good Guide tercetus saat mereka merasa bahwa ada banyak wisatawan yang kebingungan ketika berusaha mengeksplor sisi lain Jakarta.

Jakarta Good Guide hadir dengan beberapa opsi rute menarik di Jakarta, antara lain Pusat Kota yang meliputi wilayah Monas dan sekitarnya, Menteng, Chinatown, Kota Tua dan Pasar Baru. Untuk berpartisipasi dalam program ini, calon peserta tidak dikenakan biaya alias gratis, tetapi boleh memberikan donasi bagi kelangsungan Jakarta Good Guide. Sementara itu, biaya lain seperti tiket masuk atau makan harus ditanggung secara pribadi.

Jika ingin mengikuti kegiatan dari Jakarta Good Guide, Anda dapat mendaftar lewat media sosial Jakarta Good Guide, antara lain Facebook, Twitter dan Instagram atau langsung menghubungi nomor kontak yang tertera pada poster.

Selain itu, Jakarta Good Guide menerima wisatawan berbahasa Indonesia dan Inggris. Informasi terbaru mengenai Jakarta Good Guide bisa didapatkan melalui laman WordPress Jakarta Good Guide.

Indonesian Heritage Society National Museum Tour

IHS menyediakan tur gratis di Museum Nasional dalam berbagai bahasa. Foto dari akun Facebook IHS.

Lembaga non-profit Indonesia Heritage Society memberikan tur gratis berkeliling Museum Nasional dalam berbagai bahasa, seperti Inggris, Prancis, Jepang, Korea dan lain-lain.

Jika ingin mengikuti kegiatan Indonesia Heritage Society, Anda dapat membuka situs resmi mereka di sini.

Komunitas Historia Indonesia

Foto dari akun Instagram indohistoria.

Komunitas Historia Indonesia merupakan organisasi yang bergerak dalam bidang sejarah, kebudayaan, pendidikan dan pariwisata. Komunitas ini beberapa kali mengadakan program walking tour ke tempat-tempat bersejarah di Jakarta.

Dalam setiap sesi tur, Komunitas Historia Indonesia menyampaikan beragam fakta menarik tentang destinasi wisata yang bahkan belum tentu diketahui oleh warga asli Jakarta. Tur mereka biasanya diadakan pada akhir pekan. Selain itu, beberapa kegiatan yang diadakan komunitas ini biasanya tidak menarik biaya apa pun, namun ada juga beberapa kegiatan walking tour lain yang mengharuskan calon peserta membayar biaya.

Jika ingin mengikuti kegiatan dari Komunitas Historia Indonesia, Anda dapat memantau informasinya lewat kanal media sosial, antara lain Twitter dan Instagram atau nomor kontak yang tertera pada poster. Informasi terbaru mengenai Komunitas Historia Indonesia bisa didapatkan melalui situs resmi mereka di sini.

Walk Indies

Apabila tidak sempat melakukan tur pada akhir pekan, Walk Indies menawarkan pilihan tur pada hari kerja. Biaya yang dikenakan mulai dari Rp 250 ribu per satu kali tur mengunjungi tempat-tempat populer di Jakarta, seperti Kota Tua, Chinatown dan Gambir.

Jika ingin mengikuti tur bersama Walk Indies, Anda dapat memantau informasinya melalui situs resmi mereka di sini.

Real Jakarta Tour

Sebagai kota yang belum lepas dari jerat kemiskinan, masih banyak kawasan kumuh dan tidak terawat yang terdapat di Jakarta. Real Jakarta Tour mengajak para wisatawan untuk melihat sisi lain kota Jakarta yang diramaikan oleh perkampungan, rumah-rumah di bantaran kali atau kolong jembatan.

Kegiatan walking tour yang diadakan Real Jakarta Tour ini menarik biaya yang jumlahnya telah disepakati. Namun, setengah dari biaya yang dibayarkan tersebut akan digunakan sebagai donasi untuk aktivitas pemberdayaan masyarakat yang tinggal di sekitar destinasi. Tidak hanya itu, Anda juga dapat membawa hadiah bagi anak-anak di sana, seperti pensil, buku, pakaian bekas, sabun, mainan dan lain-lain.

Jika ingin mengikuti kegiatan Real Jakarta Tour, Anda dapat membuka Facebook Real Jakarta Tour atau laman blog mereka di sini.

Surabaya Johnny Walker

Pasar Atom, salah satu destinasi walking tour yang digagas Surabaya Johnny Walker. Foto dari surabayawalk.com.

Sesuai dengan namanya, Surabaya Johnny Walker mengajak para wisatawan untuk menjelajahi kota Surabaya. Beberapa destinasi yang ditawarkan, antara lain Pasar Pabean, Kampung Arab, Pelabuhan Tanjung Perak dan Tambak Bayan.

Tidak hanya berwisata, Surabaya Johnny Walker juga menawarkan kamar inap dan paket tur selama yang diinginkan. Namun, para peserta juga harus membayar biaya sesuai kesepakatan bersama untuk menikmati kegiatan walking tour bersama Surabaya Johnny Walker.

Jika ingin mengikuti kegiatan bersama Surabaya Johnny Walker, Anda dapat menghubungi melalui situs resmi mereka di sini.

Semarang Walking Tour

Foto dari akun Instagram bersukariawalk.

Semarang Walking Tour menyediakan berbagai macam pilihan destinasi, antara lain tempat-tempat ibadah, perusahaan kereta api, candi-candi, Chinatown, Radja Goela dan Bodjong Weg. Kegiatan walking tour yang diadakan Semarang Walking Tour tidak dikenakan biaya, namun peserta dipersilakan memberikan donasi untuk kelangsungan Semarang Walking Tour.

Jika ingin mengikuti kegiatan bersama Semarang Walking Tour, Anda dapat langsung membaca persyaratan dan mendaftar melalui situs resmi mereka di sini.

Lombok Good Guide

Foto dari akun Instagram Lopgoodguide.

Eka, Emi dan Ajie yang hobi bertualang mendirikan Lombok Good Guide sebagai pedoman bagi wisatawan asing yang ingin berkunjung ke Lombok. Sama seperti Jakarta Good Guide, kegiatan walking tour yang diadakan Lombok Good Guide tidak dikenakan biaya, namun peserta dipersilakan memberikan donasi untuk kelangsungan Lombok Good Guide.

Jika ingin mengikuti kegiatan bersama Lombok Good Guide, Anda dapat mendaftar lewat kanal media sosial yakni Facebook, Twitter, dan Instagram. Lombok Good Guide menerima wisatawan berbahasa Indonesia dan Inggris. Informasi terbaru mengenai Lombok Good Guide bisa didapatkan melalui laman WordPress Lombok Good Guide di sini.

Jogja Good Guide

Foto dari akun Instagram Joggoodguide.

Jogja Good Guide mengadakan kegiatan walking tour ke tempat-tempat wisata bersejarah di Yogyakarta, seperti Taman Sari, Malioboro, dan Keraton. Sama seperti Jakarta Good Guide dan Lombok Good Guide, kegiatan walking tour yang diadakan Lombok Good Guide tidak dikenakan biaya, namun peserta dipersilakan memberikan donasi untuk kelangsungan Jogja Good Guide.

Jika ingin mengikuti kegiatan bersama Jogja Good Guide, Anda dapat mendaftar lewat kanal media sosial Instagram. Jogja Good Guide menerima wisatawan berbahasa Indonesia dan Inggris.Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!