8 jenis camilan tengah malam yang aman dikonsumsi

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

8 jenis camilan tengah malam yang aman dikonsumsi
Kelaparan menyerang di malam hari? Jangan khawatir, jenis makanan sehat ini aman, kok, untuk dikonsumsi!

JAKARTA, Indonesia – Banyak orang merasa khawatir untuk ngemil di malam hari karena takut akan menambah berat badan mereka. Memang, banyak penelitian yang membenarkan kekhawatiran tersebut.

Tapi membiarkan perut kelaparan tengah malam juga bisa membuat tidak nyaman. Akibatnya, tidur pun bisa terganggu dan kualitas istirahat pun berkurang.

Ngemil di malam hari sebenarnya tidak ada salahnya, kok. Asal, camilan yang dikonsumsi adalah jenis camilan yang rendah kalori dan tidak membuat kamu merasa kembung saat bangun tidur. Bahkan beberapa jenis camilan bisa membantu menurunkan berat badan, lho!

Berikut jenis camilan yang aman dikonsumsi saat malam hari:

Keju

Memang, keju adalah salah satu jenis makanan yang telah diproses. Tapi satu porsi keju memiliki kandungan protein dan lemak, jadi kamu akan merasa kenyang. Dan secara hitungan kalori, satu potong keju biasanya hanya mengandung 80 kalori. Selain itu, keju memiliki kandungam amino acid tryptophan, yang membuatmu merasa mengantuk.

Semangkuk sereal

Lupakan jenis sereal yang manis dan penuh rasa. Maksudnya di sini adalah sereal dengan bahan whole-grain atau jenis yang mengandung karbohidrat complex seperti corn flakes dan biji-bijian yang lain. Jenis ini mudah untuk dicerna dan mengandung maksimal 200 kalori. Tambahkan sedikit susu untuk ekstra protein dan tryptophan, zat yang bisa membantu tidur lebih nyenyak dan nyaman.

Yoghurt non-fat

Satu porsi yoghurt non-fat mengandung sekitar 100 hingga 150 kalori. Efek tryptophan didapat dari kandungan dairy­-nya, begitu pula dengan protein yang mengenyangkan. Yoghurt juga bisa membantu “menenangkan” pencernaan. Jadi kamu akan terbangun tanpa rasa “aneh” di perut.

Daging putih kalkun

Meski belum terlalu umum dikonsumsi di Indonesia, tapi daging kalkun ternyata mengandung tryptophan yang tinggi, lho! Daging putih kalkun juga dikenal rendah lemak dan tinggi protein. Beberapa potong daging putih kalkun jika ditakar hanya mengandung kurang dari 100 kalori.

Kombinasi apel dan saus kacang

Walaupun terdengar sedikit aneh, tapi kombinasi ini layak dicoba. Apel sudah terkenal mengandung serat yang tinggi. Sementara protein yang terkandung dalam kacang atau almond membuat kamu cepat kenyang tanpa rasa berat di perut. Coba makan satu apel dengan kombinasi satu sendok saus kacang. Nyam!

Puding cokelat non-fat

Semua yang berbahan dasar cokelat rasanya tidak pernah salah. Termasuk puding cokelat yang tidak hanya mudah dicerna tapi juga mengandung lemak yang baik dengan jumlah yang tepat untuk bisa menahan lapar semalaman. Satu kemasan puding cokelat non-fat biasanya juga cuma mengandung sekitar 90 kalori.

Baby carrot

Ini camilan favorit banyak orang. Selain bentuknya yang imut dan berwarna oranye cerah, baby carrot juga memiliki rasa yang manis dan crunchy. Meski berukuran imut, tapi kandungan nutrisi di baby carrot cukup untuk bekal tidur nyenyak, lho.

Pisang

Pisang bukan hanya mengandung serat yang mengenyangkan dan tryptophan yang membuat rileks, tapi pisang juga pilihan tepat untuk camilan instan. Tidak perlu repot-repot memasak lagi. Tinggal dikupas dan dinikmati.

Apa camilan malam favoritmu? Jangan lupa berbagi di kolom komentar di bawah ini ya! –Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!