5 rutinitas pagi hari yang bisa membantu menurunkan berat badan

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

5 rutinitas pagi hari yang bisa membantu menurunkan berat badan
Caramu mengawali hari sangat berpengaruh pada penurunan berat badan

JAKARTA, Indonesia – Aktivitas pagi hari akan jadi awal yang sangat penting dan menentukan bagaimana mood dan produktivitas sepanjang hari.

Mungkin kita sudah familiar dengan ungkapan yang menyebut bahwa sarapan adalah makanan terpenting dalam satu hari. Tapi ternyata tidak hanya sarapan, tapi banyak rutinitas yang bisa dilakukan di pagi hari yang bisa menentukan kondisi stamina dan tubuhmu sepanjang hari.

Dengan rutinitas yang baik di pagi hari, kamu dapat memperbaiki mood dan metabolisme tubuh. Efeknya, tak hanya bisa menurunkan berat badan tapi tubuh juga bisa memancarkan energinya secara natural yang membuatmu semakin percaya diri dan bersinar.

Kondisi seperti itu tentu memberi semangat tersendiri bagi setiap orang untuk melakoni aktivitasnya sepanjang hari dengan maksimal dan tanpa beban.

Lantas, bagaimana kamu bisa memulai hari dengan benar? Simak beberapa aktivitas baik di bawah ini.

Sinar matahari

Pasti kamu sudah tahu bahwa salah satu manfaat yang diberikan oleh sinar matahari adalah kandungan vitamin D yang membantu fungsi organ, memperkuat tulang dan banyak lagi. Tapi apa hubungannya dengan penurunan berat badan?

Sederhana. Setiap pagi, jadwalkan kegiatan jalan pagi. Tak perlu jauh-jauh, cukup di area sekitar rumah. Durasinya minimal 30 menit. Selain menyerap sinar matahari yang baik (di bawah jam 09.00), berjalan kaki juga bisa membuatmu merasa lebih berenergi, lebih sehat dan lebih termotivasi.

Energi ini yang bisa membantumu untuk mencapai tujuan penurunan berat badan. Memberimu tenaga untuk pergi ke gym sore harinya atau memasak dan menyiapkan makanan sehat untuk bekal ke kantor. Studi berkata bahwa akan lebih mudah untuk seseorang mengikuti program diet dengan energi dan motivasi yang cukup. Dan semua bisa didapat dari jalan pagi. Sehat dan gratis.

Konsumsi protein tinggi

Jika kamu termasuk jenis orang yang cukup menyeruput kopi atau teh saat sarapan, maka kamu kehilangan kesempatan untuk mengisi tubuhmu dengan “bahan bakar” yang diperlukan. Dan pasti akan sulit menahan lapar setelahnya.

Konsumsi protein yang tinggi saat sarapan bisa membuat kondisi tubuh lebih stabil dan bisa membantumu menahan lapar lebih lama sebelum jadwal makan siang. Tubuh sudah berpuasa saat tidur di malam hari. Menjaga tubuh dengan konsumsi protein bisa membantu kadar gula dalam darah untuk tetap stabil. Karenanya, hasrat untuk ngemil sebelum makan siang akan terhindari.

Jenis protein shake atau protein bar sangat dianjurkan, terutama untuk mereka yang super sibuk. Dua jenis makanan ini sangat baik dikonsumsi saat sarapan karena akan membuat perut terasa kenyang lebih lama.

(BACA JUGA: 7 aturan makan sederhana namun sehat untuk orang super sibuk)

Manjakan diri

Jika kamu menginginkan sesuatu untuk dimakan hari itu, misalnya cake atau pizza atau apapun itu, lebih baik memakannya di pagi hari. Karena akan memberi tubuh waktu lebih panjang untuk mencernanya daripada memakannya di malam hari yang sudah bisa dipastikan akan berubah menjadi tumpukan lemak tambahan di tubuh.

Cake atau pizza bisa kamu beli malam sebelumnya dan kemudian disajikan atau dihangatkan di pagi hari. Memang ini bukan skenario terbaik untuk menurunkan berat badan, tapi setidaknya membantu tubuh untuk bisa memproses makanan lebih lama ketimbang melahapnya sebelum tidur.

(BACA: 8 jenis camilan tengah malam yang aman dikonsumsi)

Mandi air dingin

Sedingin apapun cuaca di pagi hari, sangat disarankan untuk mandi air dingin setelah kamu bangun tidur. Memang, semua orang pasti mendambakan mandi air hangat di pagi hari. Tapi sejujurnya, banyak studi yang menyebt bahwa mandi air dingin bisa meningkatkan energi, memperbaiki metabolisme dan mengatur hormon.

Ketika tubuhmu jadi dingin karena air, maka proses saat tubuh mengatur suhu menjadi hangat akan membakar kalori yang ada. Dengan mandi air dingin, metabolisme tubuh pun langsung bangkit dalam waktu singkat.

Mandi air dingin juga baik untuk mempersiapkan perut menampung sarapan yang lebih banyak dan akan mengatur kadar gula dalam darah sehingga menghindarkan kamu dari rasa lapar.

Mengunyah dengan baik

Semakin lama dikunyah, maka makanan yang masuk ke dalam tubuh akan semakin cepat diproses. Efek lainnya, dengan mengunyah lebih lama, kerja rahang juga bisa membantu membakar kalori.

Perhatikan juga jenis makanan yang dikonsumsi. Biasanya, bahan makanan yang mengandung serat membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dikunyah daripada kandungan makanan lainnya. Tapi jenis makanan ini bisa menahan rasa lapar lebih lama.

Mungkin cara ini tidak bisa secara langsung membuat berat badanmu turun. Tapi semua dimulai dengan hal kecil.

Penurunan berat badan tidak bisa dilakukan dengan instan. Semua adalah soal mengubah kebiasaan secara rutin dan konsisten menjalaninya. Jika semua hal di atas dilakukan dengan rutin dan konsisten, bukan cuma berat badan yang turun tapi gaya hidup dan kesehatan tubuh pun terjaga dengan baik.

Coba menerapkan cara-cara ini setiap hari dalam satu bulan dan rasakan perubahan yang terjadi di tubuhmu. Penurunan berat badan, mood yang membaik, emosi yang seimbang akan otomatis menghampiri.

Semangat! -Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!