What's the Big Idea series

5 hal tentang Eko DJ

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

5 hal tentang Eko DJ
Pelawak senior Eko DJ menghembuskan nafas terakhirnya pada hari Senin, 27 Maret

JAKARTA, Indonesia – Pelawak senior Eko Koeswoyo atau yang biasa dikenal dengan nama Eko DJ meninggal dunia pada hari Senin, 27 Maret pukul 23.05 WIB.

(BACA JUGA: Komedian senior Eko DJ meninggal dunia)

Eko DJ menghembuskan nafas terakhirnya pada usia 65 tahun karena penyakit gagal ginjal dan jantung yang telah lama dideritanya.

Seperti apa hidup dan karier personel Srimulat ini? Berikut adalah 5 hal yang identik dengan sosok komedian senior ini.

Eko DJ atau Eko “Dari Jawa”

Nama Eko DJ yang dikenal oleh khalayak adalah nama panggungnya. Bukan tanpa alasan, Eko yang lahir di Malang pada tanggal 7 Januari 1952 memang berasal dari Jawa. Ia memulai kariernya sebagai anggota kelompok lawak legendaris Indonesia, Srimulat pada tahun 1986.

Sejak saat itu Eko mulai mengisi banyak acara lawak lainnya termasuk Srimulat Plus hingga Srimulat Night Live.

Pak Baroto

Meski telah lama berkecimpung di dunia hiburan, nama Eko DJ melambung ketika ia bermain dalam sinetron Jinny Oh Jinny di tahun 1997. Beradu akting dengan Diana Pungky sebagai Jinny dan Indra Bruggman sebagai Bagus, Eko memerankan tokoh Pak Baroto, seorang bos berlian yang mengincar mutiara milik Jinny.

Berkat sinetron tersebut Eko kerap tampil di berbagai sinetron komedi lainnya pada tahun 2000-an seperti Untung Ada Jinny dan Abu Nawas.

Bisnis pribadi

Dalam sebuah talkshow yang dibawakan oleh Sarah Sechan, Eko DJ mengaku memiliki bisnis lain. Sang istri, Eni, memiliki usaha katering makanan yang berawal dari bujukan kerabat keluarga.

Kenangan Eko DJ bersama keluarganya. Foto dari akun Instagram Eko DJ.

Menurut Eko, nasi kuning dan urap adalah masakan andalan sang istri. Bagaimana tidak, masakan tersebut telah dikenal sampai Singapura. Belakangan diketahui bahwa Eko membuka sebuah kedai bakso guna membiayai pengobatannya.

Komplikasi

Pada tahun 2016 lalu Eko sempat menjadi sorotan setelah fotonya muncul dalam instagram Ivan Ray, pemeran Bagas dalam sinetron Jinny Oh Jinny musim 2. Di foto tersebut Eko terlihat begitu kurus dan lemah.

Pada saat itu pula beredar kabar bahwa Eko memiliki penyakit gagal ginjal dan harus menjalani prosesi cuci darah setiap satu minggu sekali. Bukan hanya itu, Eko juga memiliki penyakit jantung dan telah mengidap diabetes selama 19 tahun.

Karya terakhir

Komedian senior ini telah lama malang melintang di dunia hiburan Indonesia melalui acara komedi maupun sinetron. Eko terakhir terlihat aktif pada tahun 2014 ketika ia berperan sebagai Pak RT di acara komedi situasi dan talkshow bertajuk Keluarga Masa Kini (KMK).

Meski kesehatannya menurun pada tahun lalu, Eko juga sempat tampil kembali sebagai Pak Baroto di satu episode remake Jinny Oh Jinny Datang Lagi yang tayang pada bulan November 2016.

Eko Dj sempat bertemu dengan pemeran sinteron 'Jinny Oh Jinny'. Foto dari akun Instagram Eko DJ.

Namun, setelah lama berjuang melawan penyakitnya, Eko DJ harus pergi menghadap Yang Kuasa. Jenazah Eko DJ akan dikebumikan hari ini di TPU Malaka, Pondok Kelapa, Jakarta Timur.

Selamat jalan, Eko DJ…

-Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!