Ketika para sahabat menggalang dana untuk pengobatan Jupe

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Ketika para sahabat menggalang dana untuk pengobatan Jupe
Sejumlah sahabat dekat Julia Perez (Jupe) berinisiatif menggalang dana untuk pengobatan kanker mulut rahim yang dideritanya

JAKARTA, Indonesia – Sahabat baik adalah mereka yang mendampingi saat senang maupun susah. Hal itu pula yang tampaknya terlintas di benak beberapa selebriti yang juga dikenal sebagai sahabat Julia Perez (Jupe) ketika menggagas penggalangan dana bertajuk Peduli Sahabat Jupe untuk pengobatan kanker mulut rahim yang diderita Jupe saat ini.

(BACA JUGA: Perjalanan Julia Perez melawan kanker mulut rahim)

Sejumlah selebriti Tanah Air berinisiatif untuk mengumpulkan dana, tak hanya dari kalangan selebriti tapi juga masyarakat luas. “Kami mewakili hampir puluhan pekerja seni, nanti hari Minggu tanggal 16 April jam 10 malam, kami akan melakukan kegiatan yang merupakan rasa empati kami kepada Jupe,” kata Eko Patrio di Warung Ekomando, Tebet, Jakarta Selatan, Kamis, 13 April.

Penggalangan dana ini terdorong rasa empati Eko dan banyak selebriti lainnya melihat kondisi Jupe yang terbaring lemah di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo beberapa bulan belakangan ini. “Kami sayang sama Jupe. Untuk itu kami dan semua yang ada di sini ingin melakukan sesuatu yang terbaik buat Jupe.”

Program penggalangan dana ini nantinya akan tayang di ANTV dengan durasi satu jam. Akan ada sesi di mana keluarga Jupe akan meluangkan waktu untuk bercerita soal kondisi Jupe sementara penggalangan dana berlangsung.

“Saya bersama Mas Eko dan teman-teman lainnya mempersiapkan ini mendadak. Lebih dari 30 selebriti yang ikut memberikan sumbangsihnya di penggalangan dana nanti,” ujar Ruben Onsu yang sudah menganggap Jupe sebagai kakak sendiri. “Jupe saat ini dalam keadaan butuh support kita semua. Makanya ada acara ini karena Jupe punya banyak sahabat supaya bisa meringankan keluarga sedikit. Kami percaya Jupe baik sama teman-temannya.”

Nantinya para selebriti yang hadir akan turut tampil memperlihatkan bakat mereka. Selain itu, mereka akan bertindak sebagai operator telepon yang akan menerima telepon dari para donatur di seluruh Nusantara. “Biar ada rasa kedekatan, sama-sama mendoakan Jupe,” tambah Eko.

Acara penggalangan dana tersebut nantinya juga akan didukung lewat platform online Kitabisa.com. Semua pihak yang ingin berpartisipasi di acara penggalangan dana ini bisa mengakses laman Kitabisa.com/pedulisahabatjupe atau bisa langsung mengklik tautan di bawah ini.

“Seperti kotak amal tapi versi online. Kami sudah siapkan link berbagi buat Jupe. Orang bisa donasi dari mana pun. Makin mudah buat kita berbagi buat Jupe,” ujar Timmy, perwakilan dari Kitabisa.com.

Kondisi semakin menurun

Sementara itu, Nia Anggia, adik Jupe, yang juga hadir di jumpa pers Peduli Sahabat Jupe mengaku bahwa kondisi sang kakak saat ini cukup mengkhawatirkan. Bahkan sementara waktu, Jupe belum bisa berkomunikasi atau berbicara normal. Namun kata Nia, hasil MRI terakhir cukup baik.

Yang jelas, saat ini berat badan Jupe menurun drastis. Termasuk daya ingat. Karena itu, setiap ada orang yang datang menjenguk, saudara dan keluarga Jupe rajin mengingatkan siapa-siapa saja yang datang.

“Sejak seminggu ini kondisinya menurun. Makanya dari pihak keluarga dan dokter lagi berusaha untuk tidak menerima banyak tamu karena memang kondisi Mbak Jupe makin lemah. Setiap hari beliau kondisinya turun, belum lagi tidak bisa diajak bicara. Jadi kan kasihan juga ke Mbak Jupe kalau terus menerus banyak tamu. Kasihan tamunya kalau tidak bisa diajak ngobrol Mbak Jupe,” kata Nia.

“Sebenarnya saya enggak mau banyak cerita tentang kondisi dia karena saya yakin pasti nanti ada keajaiban buat dia. Saya yakin ini hanyalah masa-masa kritis dia aja. Dia memang tidak bisa bergerak di tempat tidur itu sudah hampir seminggu lebih. Dia hanya tidur dan tiduran seharian selama seminggu ini.”

Keluarga Jupe sendiri mengaku mendapat penjelasan menyeluruh dari pihak dokter terkait penyakit dan kondisi Jupe. Termasuk soal pembengkakan kaki yang menjadi masalah belakangan ini.

“Memang agak sulit di bagian kakinya, dan dia juga ada masalah dengan pencernaannya. Mungkin itu semua efek dari kemoterapi. Karena dia kan baru habis kemo Senin kemarin, jadi bisa jadi HB-nya turun, pencernaan, kantung kemihnya juga, mungkin bisa jadi karena efek kemo, dan kita akan lihat ke depannya gimana,” ujar Nia yang menginformasikan bahwa Jupe sudah menuntaskan seluruh proses kemoterapinya.

Setelah kemoterapi usai, tim dokter akan kembali mengobservasi kondisi Jupe dan lantas memutuskan apa tindakan selanjutnya yang akan diambil. “Sekarang kalau bergerak masih, sih. Tapi kalau untuk makan disuapin. Yang tadinya bisa jalan ke kamar mandi buang air kecil, sekarang harus di pispot. Yang tadinya bisa duduk, sekarang harus di tempat tidur.”

Keluarga Jupe pun bertambah khawatir mengingat kondisi ibunda Jupe, Sri Wulansih, juga ikut menurun melihat perkembangan kesehatan Jupe. “Iya sempat sakit, sempat drop. Mungkin sedih lihat kondisi anaknya kayak gitu, apalagi dia sedang dalam keadaan kritis.”

Melihat dukungan dan antusias para sahabat yang ingin menggalang dana untuk sang kakak. Nia pun merasa terharu dan berterima kasih. “Kami enggak nyangka banget kalau ternyata banyak banget yang peduli, banyak yang sayang, banyak yang mau meringankan beban kita ini. Terima kasih banget, keluarga amat sangat terharu.” -Rappler.com

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!