4 hal tentang ‘May the 4th’

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

4 hal tentang ‘May the 4th’
Seperti apa sebenarnya asal-usul Hari Star Wars ini?

JAKARTA, Indonesia — Tanggal 4 Mei dirayakan sebagai Hari Star Wars oleh fans seri film itu di seluruh dunia. Ada yang merayakannya dengan memakai kostum karakter favoritnya ataupun dengan maraton nonton semua film Star Wars secara lengkap.

Tanggal 4 Mei dipilih karena  sebuah pun atau plesetan slogan yang sering dikatakan oleh ksatria Jedi “May the force be with you” berubah menjadi “May the Fourth be with you“. 

Tapi seperti apa sebenarnya asal-usul Hari Star Wars ini? Berikut 4 hal yang mungkin belum kamu ketahui:

Berawal dari ucapan selamat untuk Margaret Thatcher

via GIPHY

Ternyata ungkapan “May the 4th be with you” pertama kali diucapkan pada tahun 1979, hanya dua tahun setelah film Star Wars pertama dirilis.

Seperti dicatat oleh penulis Allen Arnold dalam bukunya tentang pembuatan The Empire Strikes Back, pada 4 Mei 1979, Margaret Thatcher menjadi perdana menteri perempuan pertama dalam sejarah Inggris Raya.

Partai pengusungnya, Partai Konservatif, mengeluarkan sebuah iklan di koran London Evening News untuk memberinya selamat. Iklan itu berbunyi: “May the Fourth Be With You, Maggie. Congratulations.”

Baru menjadi fenomena setelah Disney membeli Lucasfilm 

via GIPHY

Meski telah lama dirayakan oleh fans Star Wars, May the 4th baru menjadi fenomena internasional sejak Lucasfilm, studio pembuat Star Wars, dibeli oleh Disney.

Disney dengan gencar ingin mempromosikan franchise Star Wars yang pada saat itu sedikit redup. Karena itu mereka mulai mengorganisir beberapa perayaan May the 4th yang besar dan bahkan membuat iklan parodi anti-May the 4th.

Pernah diperingati di atas International Space Station 

via GIPHY

Star Wars lekat dengan luar angkasa, jadi tak heran jika banyak astronot yang juga fans seri film tersebut. Pada tahun 4 Mei 2015, awak International Space Station atau Stasiun Luar Angkasa International, turut merayakan Hari Star Wars dengan nonton bareng Episode III: Revenge of the Sith.

Hari berikutnya dirayakan sebagai ‘Revenge of the 5th

via GIPHY

Fans Star Wars sepertinya memang sepertinya menyukai pun. Sebagian dari fans seri sains fiksi itu mengadakan perayaan lanjutan pada tanggal 5 Mei yang dinamakan Revenge of the 5thplesetan dari judul salah satu film Star Wars, Revenge of the Sith.

Para Sith adalah antagonis dalam dunia Star Wars. Karena itu pada tanggal 5 Mei, fans merangkul sisi gelap mereka dan merayakan para karakter jahat seperti Darth Vader, Darth Maul, atau Emperor Palatine.

Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu merayakan May the 4th tahun ini? Tulis pengalamanmu di bawah ini! 

Para fans berat Star Wars, gunakan kupon ekslusif dari Tokopedia di Rappler untuk beli aksesoris Star Wars!

—Rappler.com

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!