Penggunaan mesin pencari Google meningkat saat Ramadan

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Penggunaan mesin pencari Google meningkat saat Ramadan

Toto Santiko Budi

Selama Ramadan penelusuran naik 28 persen. Apa saja yang banyak dicari?

JAKARTA, Indonesia — Bulan Ramadan sebentar lagi tiba. Selain meningkatnya waktu yang dihabiskan untuk beribadah dan berkumpul bersama keluarga, ternyata penggunaan internet untuk mencari informasi juga meningkat saat bulan puasa.

Hal ini terungkap dalam data perilaku konsumen yang dikeluarkan Google Indonesia pada Selasa, 23 Mei. Setidaknya ada lima hal yang banyak dicari di Google oleh masyarakat Indonesia:

1. Inspirasi

Masyarakat banyak mencari inspirasi yang berkaitan dengan Ramadan, mulai dari mencari resep berbuka hingga kado lebaran. Terdapat peningkatan penelusuran sebesar 28 persen pada tahun 2016 dibandingkan tahun 2015.

2. Produk terbaru

Produk yang dicari masyarakat amat beragam. Pada 2016, penelusuran yang berkaitan dengan pakaian meningkat 2,8 kali lipat, alat-alat rumah tangga meningkat 2 kali lipat, dan promosi telepon seluler juga meningkat 1,8 kali lipat. 

3. Kartu kredit

Dengan meningkatnya pengeluaran selama bulan Ramadan, masyarakat juga sering mencari cara pembayaran dengan cicilan serta kartu kredit. Terjadi peningkat 1,6 kali lipat untuk penelusuran tentang pembayaran cicilan sementara untuk promo kartu kredit meningkat 1,2 kali lipat.

4. Promo dan diskon

Kata-kata promo dan diskon selalu menarik, tak hanya pada saat bulan puasa. Namun pada Ramadan 2016 lalu terdapat peningkatan sebesar 40 persen untuk pencarian dengan kata kunci harga dan promosi.

5. Merencanakan perjalanan

Jelang bulan puasa, ternyata sudah banyak masyarakat yang menggunakan mesin pencari Google untuk merencanakan perjalanan mudik pada lebaran nanti. Para calon penumpang kereta api mulai mencari di Google sekitar 3 bulan sebelum Ramadan, sementara penumpang bus dan pesawat domestik biasanya mulai mencari dua bulan sebelum bulan puasa.

-Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!