Ramadan Yummy: Roti Ko’ing, favorit warga Palembang saat puasa

Hafiz Azhar

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Ramadan Yummy: Roti Ko’ing, favorit warga Palembang saat puasa
Roti ko’ing sering dikonsumsi berdampingan dengan minuman manis hangat seperti teh, kopi, ataupun susu

PALEMBANG, Indonesia — Kota Palembang, Sumatera Selatan, memang terkenal dengan kulinernya yang populer seperti pempek dan mi celor. Namun mungkin masih banyak yang belum mengetahui tentang makanan yang satu ini: roti ko’ing atau roti ko’eng, camilan roti kering yang banyak menjadi favorit warga Palembang di bulan Ramadan.

Mila, penjaga toko sembako Nigel yang juga menjual roti ko’ing, mengungkapkan bahwa di awal bulan Ramadan makanan ini selalu laris.

“Kalau awal puaso cepet nian abis, banyak yang cari,” ujar Mila. (Kalau awal bulan puasa cepat sekali habis, banyak yang cari).

LARIS. Roti ko'ing dijual dalam berbagai kemasan. Kemasan berisi lebih dari sepuluh roti ko'ing dihargai sebesar Rp.6.000 saja. Foto oleh Hafiz Azhar/Rappler

Saat bulan puasa tiba, roti ko’ing memang banyak dijumpai di pasar-pasar tradisional. Ciri-cirinya dapat dilihat dari bentuknya yang bulat serta tekstur keras di bagian luar yang menjadi keunikan tersendiri.

Roti ko’ing memiliki rasa mirip seperti roti tawar sehingga sering dikonsumsi berdampingan dengan minuman manis hangat seperti teh, kopi, ataupun susu. Teksturnya yang keras membuat roti ko’ing menjadi lembut namun tidak terlalu lembek saat dicelupkan ke minuman hangat.

Roti ko'ing sering dikonsumsi berdampingan dengan minuman manis hangat seperti susu. Foto oleh Hafiz Azhar/Rappler

Roti koing biasanya dikemas dalam plastik kecil yang berisi dua hingga empat roti dan dijual dengan harga yang cukup murah, berkisar Rp 2.000 hingga Rp 3.000 saja. Namun ada pula kemasan yang lebih besar dengan isi lebih dari sepuluh buah roti yang dijual dengan harga Rp 6.000.—Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!