Ingin jadi mak comblang? Cermati dulu aturan ini

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Ingin jadi mak comblang? Cermati dulu aturan ini
Punya dua teman yang tampaknya akan cocok jika dipertemukan?

JAKARTA, Indonesia – Banyak cari mencari cinta. Bisa karena usaha sendiri atau mungkin dikenalkan orang lain. Nah, banyak pula orang yang terlihat lihai dalam urusan mencomblangi pasangan.

Mungkin kamu salah satunya? Mungkin kamu mengenal dua orang teman begitu baik, sehingga di dalam hatimu sering terbersit ide, “Kayaknya mereka cocok, deh, kalau pacaran.”

Jadi mak comblang itu bisa jadi salah satu aksi yang mulia. Bayangkan, bisa mempertemukan dua orang dengan harapan keduanya saling cocok dan saling menemukan pasangan hidupnya. Pasti bahagia rasanya. Tak hanya untuk pasangan, tapi tentu juga dirasakan sang mak comblang.

Setiap mak comblang pasti berharap, usahanya memperkenalkan dua insan akan berujung bahagia. Untuk itu, menurut Violet Lim, CEO Lunch Actually Gorup, saat ditemui di media gathering “pernikahan” Lunch Actually Group dan Setipe.com beberapa saat lalu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk menjadi “cupid” bagi dua temanmu.

Simak aturan yang harus dicermati jika kamu ingin menjadi seorang mak comblang:

Minta izin

Terkadang, saking bersemangatnya, seorang mak comblang lupa meminta izin pada dua orang yang ingin dicomblangi. Padahal ini aturan yang paling utama lho. Paling tidak enak rasanya kalau ternyata seseorang mendapati dirinya “terjebak” dengan skenario perjodohan.

Meski niatnya baik, tetap kamu sebagai mak comblang harus menghormati privasi dan keinginan temanmu. Selalu minta izin dan kemukakan niatmu untuk mengenalkan dia pada seorang teman. Kalau dia tidak memberi izin, apa boleh buat, jangan dipaksa.

Sebelum usahamu berakhir sia-sia, lebih baik pastikan dulu apakah temanmu itu memang sedang mencari pasangan atau terbuka untuk bertemu orang baru. Karena tak sedikit pula orang yang memutuskan bahwa mereka belum siap berpasangan atau masih asyik menikmai kesendiriannya.

Jujur sejak awal

Niat baik harus dimulai dengan cara yang baik pula. Jangan pernah sekalipun berbohong jika ingin jadi mak comblang. Beritahu temanmu tentang niatmu menjodohkan mereka sejak awal. Jangan menutup-nutupinya hanya karena kamu takut temanmu akan menolak.

Jangan pernah berpikir pula untuk “menjebak” mereka berdua. Ceritakan maksud dan tujuanmu dan jangan bertele-tele. 

Cari persamaan

Kadang banyak yang berpendapat bahwa yang sama tidak selalu bisa cocok. Opposites can attract. Lebih seru jika bertemu dengan mereka yang memiliki banyak perbedaan. Tapi untuk urusan mak comblang, lebih baik pilih cara aman dan memperkenalkan dua orang yang memiliki banyak kesamaan.

Misalnya, hobi yang sama atau latar belakang pendidikan yang sama atau bidang pekerjaan yang sama. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk mereka memulai percakapan dan connect satu sama lain. 

Jangan kepo

Aturan ini mungkin sangat penting diterapkan di era media sosial seperti sekarang ini. Ada baiknya, jika kamu ingin menyomblangi dua orang, mungkin jangan berikan informasi tentang pribadi mereka masing-masing terlalu detail.

Zaman sekarang, apapun bisa dicari di internet. Jangan biarkan mereka menjadi kepo dan sibuk mengulik latar belakang orang yang akan diperkenalkan padanya, jauh sebelum mereka bahkan benar-benar bertemu muka.

Mungkin kamu bisa membagi informasi secara terbatas saja. Misalnya hanya nama depannya saja, atau ia bekerja di mana. Itu saja. Jangan ungkapkan terlalu detail. Yang ada nanti mereka sudah sibuk stalking di media sosial masing-masing dan tidak punya bahan pembicaraan lagi saat benar-benar bertemu. 

Lebih baik untuk mempertemukan secara langsung dan membiarkan mereka mengenal satu sama lain dengan cara yang tradisional. -Rappler.com

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!