Kapan waktu terbaik untuk mudik dengan kendaraan pribadi?

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Kapan waktu terbaik untuk mudik dengan kendaraan pribadi?

ANTARA FOTO

Pilihlah hari Selasa, karena di hari itu, jumlah pengemudi lebih sedikit dari biasanya!

JAKARTA, Indonesia – Setiap orang memiliki pilihan sendiri kapan akan mulai mudik ke kampung halaman untuk merayakan Idul Fitri bersama keluarga. Ada yang memilih mudik jauh sebelum hari Lebaran tiba, atau tepat di hari Lebaran, atau malah baru akan pulang kampung setelah Lebaran usai.

Kapan pun waktu yang dipilih, sebenarnya yang menjadi harapan utama para pemudik adalah untuk bisa tiba dengan selamat dan bertemu dengan keluarga yang dicintai.

Tapi jika kamu  memilih mudik dengan mengemudikan kendaraan sendiri, sudah pasti soal kemacetan dan kepadatan saat musim liburan Lebaran bukan jadi hal yang baru lagi. Namun, tahukah kamu, dengan bantuan data yang lebih lengkap, kemungkinan perjalanan mudikmu dengan kendaraan pribadi tahun ini bisa lebih nyaman dan cepat, lho

Baru-baru ini, Waze merilis survei yang menunjukkan waktu terbaik dan terburuk untuk mudik di musim liburan. Hasil dari survei menunjukkan bahwa Selasa adalah hari terbaik untuk mengemudi (27% lebih sedikit pengemudi), sedangkan Senin adalah hari terburuk untuk mengemudi (21% lebih banyak pengemudi).

Survei yang dirilis oleh Waze menganalisa kemacetan lalu lintas di Indonesia dengan menggunakan informasi yang dimasukkan Wazers ke dalam aplikasi pada bulan Ramadan tahun lalu. Untuk mendapatkan data dan temuan yang sebanding, Waze merekam data dari empat minggu sebelum dan empat minggu sesudah Lebaran.

Berikut temuan Waze yang mungkin bisa bermanfaat untuk bekalmu mudik jelang Lebaran. 

Waktu terbaik untuk bepergian

  • Jumlah pengemudi di hari Selasa 27% lebih sedikit di bandingkan biasanya, dan hal ini berlaku sepanjang hari.
  • Jumlah pengemudi di hari Sabtu 16% lebih sedikit di bandingkan biasanya, tapi hal ini hanya berlaku untuk bepergian sebelum pukul 12:00 WIB siang.

Waktu terburuk untuk bepergian

  • Jumlah pengemudi di hari Minggu 16% lebih banyak, mulai pukul 10.00 WIB hingga 22:00 WIB.
  • Jumlah pengemudi di hari Senin 21% lebih banyak, namun hanya bertahan selama empat jam, dari pukul 10:00 WIB hingga pukul 14:00 WIB.

Temuan lainnya

  • Tingkat kecelakaan saat Ramadan meningkat sebesar 80%.
  • Notifikasi gangguan perjalanan meningkat sebesar 65%.
  • Kemacetan lalu lintas meningkat sebesar 64%.
  • Jumlah polisi di jalanan berkurang sebesar 19%.

Saat musim libur, jam sibuk dimulai lebih awal (sekitar pukul 10:00 WIB, dimana biasanya dimulai pukul 12:00 WIB). Tingkat lalu lintas di beberapa kota di Indonesia juga meningkat, seperti Bandung, Cirebon, Denpasar, Malang, Semarang, Surakarta, dan Yogyakarta. Biasanya tingkat lalu lintas mulai menanjak sehari sebelum mudik Lebaran. -Rappler.com

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!