Ingin tidur nyaman dan bebas gangguan di kereta api? Begini caranya

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Ingin tidur nyaman dan bebas gangguan di kereta api? Begini caranya
Apa saja yang harus dilakukan untuk kenyamanan istirahat selama di kereta api?

JAKARTA, Indonesia – Perjalanan ke luar kota menggunakan kereta api selalu menjadi primadona penduduk Pulau Jawa. Beberapa alasannya adalah jalur yang bebas hambatan, harga tiket terjangkau, dan jumlah barang bawaan yang tidak dibatasi. Pemandangan di sepanjang perjalanan juga akan membuat penumpangnya merasa relaks dan tidak bosan.

Perjalanan menggunakan kereta api jarak jauh biasanya memakan waktu 3-12 jam. Oleh karena itu, tidak jarang para penumpang lebih memilih melakukan perjalanan malam hari dan tidur di kereta api agar tiba di tempat tujuan pada pagi hari dan bisa segera melakukan kegiatan yang sudah direncanakan.

Jika tertarik untuk melakukan perjalanan malam, kamu bisa pilih jadwal keberangkatan dan pesan tiket di Traveloka. Situs pemesanan tiket ini merupakan agen resmi PT KAI untuk penjualan tiket kereta api. Lewat Traveloka, kamu juga bisa lihat waktu kedatangan kereta api yang dinaiki.

Saat memutuskan menumpang kereta api malam, kamu harus tidur mengikuti jam badan agar bisa bangun dengan segar keesokan paginya. Agar tidurmu nyenyak, nyaman, dan bebas gangguan, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan dan diperhatikan. Yuk, simak penjelasannya berikut ini:

Tentukan posisi kursi

Jika kamu bisa memilih nomor kursi, sebaiknya pilih kursi dekat jendela. Dengan demikian kamu tidak akan terganggu dengan senggolan orang yang berlalu-lalang di lorong kereta dan bisa tidur dengan tenang. Tapi, akan lebih nyaman lagi kalau misalnya tidak ada orang yang duduk di kursi sebelahmu. Kamu bisa merebahkan tubuh dengan leluasa.

Bawa perlengkapan tidur pribadi

Tidur dalam posisi duduk lama-lama akan membuat leher dan punggung terasa sakit. Untuk itu, gunakanlah perlengkapan tidur seperti bantal leher dan selimut. Bagi kamu yang terbiasa tidur dalam keadaan lampu dimatikan, bawalah penutup mata karena lampu dan TV di kereta selalu menyala. Kamu pun bisa meminjam bantal dan selimut dari pihak kereta api untuk mengurangi barang bawaan. Tapi jika kamu termasuk orang yang pemilih atau sensitif dengan kebersihan sebaiknya bawa perlengkapan tersebut sendiri, ya.

Gunakan pakaian yang nyaman

Menumpang kereta api bukanlah ajang pamer busana, meskipun sedang dalam momen liburan. Jadi, gunakan pakaian nyaman seperti kaus longgar dan celana katun atau jeans yang tidak terlalu ketat agar badan bisa bergerak dengan leluasa saat tidur. Untuk para wanita, jangan gunakan baju terusan atau rok, ya. Kamu tidak mau ruang gerak badan jadi terbatas dan harus repot menutupi bagian kaki saat ingin rebahan atau mengangkat kaki ke atas kursi, bukan?

Atur barang bawaan dengan rapi

Letakkan seluruh barang bawaan di bagian kabin penyimpanan tas, bukan di bagian bawah kursi supaya kamu bisa meregangkan kaki dengan bebas dan kamu tidak perlu bolak-balik membetulkan posisi barang bawaanmu. Untuk barang berharga seperti handphone dan dompet, sebaiknya taruh di tas kecil yang bisa kamu lelap selama tidur.

Cari posisi ternyaman

Masing-masing orang memiliki pandangan tersendiri mengenai posisi ternyaman untuk tidur. Oleh karena itu, cobalah beberapa posisi yang kamu rasa akan membuatmu nyaman. Misalnya, menyenderkan kepala di jendela sambil mengangkat kaki ke kursi. Selain itu, bisa juga mencoba merebahkan kepala ke sandaran kursi sambil meluruskan kaki ke depan dan mengganjal punggung dengan bantal kecil.

Jika kursi sebelahmu kosong, kamu bisa menyandarkan punggung di jendela dan meluruskan kaki di kursi atau merebahkan punggung di kursi sambil menekuk kaki ke atas kursi. Atau kamu punya ide untuk posisi tidur lainnya? Pastikan kamu bisa nyaman saat tidur, menonton film dan mendengarkan lagu di ponsel, serta membaca novel favorit, ya.

Saatnya tidur

Pejamkan matamu dan hindari mengobrol di kereta api dengan orang di sebelah karena jika sudah mulai mengobrol pasti akan sulit diselesaikan. Jika kamu tidak bisa tidur karena suara TV yang masih menyala atau tangisan balita yang rewel, gunakan penutup telinga.  

Suara-suara tersebut masih mengganggumu? Nyalakan MP3 player-mu dan dengarkan melalui earphone. Pilihlah lagu-lagu klasik atau instrumen yang bisa membuat pikiranmu tenang. Khusus kamu yang mudah mengalami mabuk perjalanan, sebaiknya konsumsi obat anti mabuk sebelum melakukan perjalanan. Dijamin kamu bisa tidur dengan nyaman dan bangun keesokan harinya dengan badan dan pikiran yang segar.

Mulai sekarang, jangan lagi khawatir untuk melakukan perjalanan dengan kereta api. Asalkan tahu cara membuat nyaman diri selama di kereta api, pastinya kamu akan bebas dari gangguan. Selamat mencoba! -Rappler.com

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!