Panitia ‘Jakarta Great Online Sale 2017’ gelar workshop UKM dan UMKM

Dzikra Fanada

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Panitia ‘Jakarta Great Online Sale 2017’ gelar workshop UKM dan UMKM
Sebagai wujud keseriusan mengembangkan UKM dan UMKM Indonesia, panitia JGOS 2017 menggelar workshop bagi pelaku usaha kecil dan menengah

JAKARTA, Indonesia — Dalam rangka memajukan UKM dan UMKM Indonesia, panitia acara Jakarta Great Online Sale 2017 menggelar workshop di Galeri Indonesia WOW, Pancoran, Jakarta Selatan. Melalui workshop tersebut, diharapkan para pelaku UKM dan UMKM dapat menjual produk mereka secara online nantinya.

Workshop yang bertemakan Online Business 101 – How to Build and Grow your Online Business digelar untuk mengedukasi para pelaku usaha kecil dan menengah untuk berbisnis secara online.

Acara yang diikuti oleh lebih dari 50 UKM tersebut memberikan tip dan trik untuk memulai bisnis online dan juga mengembangkan bisnis tersebut. Para peserta yang juga pelaku UKM dapat bertanya dan berkonsultasi secara bebas dengan pakar-pakarnya.

Materi dalam workshop juga disampaikan langsung oleh perwakilan dari berbagai market place besar Indonesia dan pihak lain yang terkait dalam dunia bisnis online. Beberapa di antaranya adalah Tokopedia.com, Bukalapak.com, Blanja.com, Facebook Indonesia, dan juga LINE Indonesia.

Meskipun saat ini sudah banyak pebisnis yang menjual produknya secara online, tetapi jumlah UKM dan UMKM dalam komunitas tersebut masih sangat kecil. “Baru 5% produk UMKM yang diserap atau yang baru go online. Jalan (menuju go online) masih panjang,” ujar Direktur Bisnis dan Pemasaran SMESCO, Bagus Rahman.

Pemerintah Indonesia sendiri menargetkan nilai ekonomi digital pada 2020 mencapai USD 130 miliar dolar atau naik sepuluh kali lipat dibandingkan dengan posisi tahun 2014 senilai USD 12 miliar dolar AS. Untuk mewujudkan target tersebut, para pelaku UKM harus mengambil posisi dalam bisnis digital.

Menurut Ketua Panitia JGOS 2017, Beatrix Immanuel, workshop ini diselenggarakan atas keseriusan panitia JGOS untuk mengembangkan para pelaku UKM. “Setelah workshop hari ini, kami harapkan tahun depan UMKM sudah memulai bisnis di ranah online. Supaya Ibu dan Bapak juga bisa mengikuti JGOS juga tahun depan,” Tutur Beatrix.

Salah satu pelaku UKM, Anisa, mengaku workshop ini dapat memotivasi dirinya. “Masuk dunia bisnis harus punya mentor. Salah satu caranya lewat acara seperti ini,” Jelas Anisa. Ia mengharapkan acara seperti ini banyak digelar supaya para pelaku UKM bisa belajar dan mengembangkan usahanya. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!