4 pulau yang wajib dikunjungi di Raja Ampat

Sherly

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

4 pulau yang wajib dikunjungi di Raja Ampat
Raja Ampat sendiri merupakan satu pulau besar, yang di sekitarnya terdapat pulau-pulau kecil yang tak kalah cantik. Apa saja?

JAKARTA, Indonesia — Raja Ampat merupakan pulau yang berada di Papua. Keindahan alam atas dan bawah laut tempat ini telah diakui di seluruh dunia.

Raja Ampat sendiri merupakan satu pulau besar, yang di sekitarnya terdapat pulau-pulau kecil yang tak kalah cantik.

Berikut empat di antaranya:

1. Pulau Misool

Pulau Misool menjadi jalur lintasan hewan-hewan besar seperti ikan paus dan gurita. Foto dari weird-tales.com/IDN Times

Pulau ini berbatasan langsung dengan Laut Seram sehingga memiliki laut lepas yang luas. Lokasi strategis ini membuat Pulau Misool menjadi jalur lintasan hewan-hewan besar seperti ikan paus dan gurita.

Air laut di pulau ini berwarna hijau toska dengan hamparan pasir putih di sekitarnya. Lingkungannya pun dipenuhi pepohonan hutan tropis dan bakau yang hijau.

Di pulau ini pengunjung dapat melakukan berbagai kegiatan, mulai dari snorkeling, menyelam, berenang, atau sekedar bersantai menikmati pemandangan indah.

2. Pulau Waigeo

Pulau Waigeo juga dikenal dengan nama Amberi. Foto dari imiqbal.files/IDN Times

Pulau yang juga dikenal dengan nama Amberi ini terletak di antara Pulau Halmahera dan Pulau Papua. Pulau ini merupakan salah satu pulau yang paling mudah untuk dijangkau dengan transportasi umum dibandingkan pulau di sekitar Raja Ampat lainnya.

Selain lokasi diving yang cantik, di sini pengunjung juga dapat menemukan teluk indah berdinding tebing yang menjulang. Pulau Waigeo juga memiliki hutan rimba yang luas, tetapi sebagian besar masih belum dapat diakses.

3. Pulau Batanta

Pulau Batanta menyediakan desa wisata. Foto dari triptrus/IDN Times

Di pulau ini pengunjung dapat menemukan air terjun Batanta yang berada di pedalaman hutan bakau. Di belakang air terjun juga terdapat goa kecil yang hanya dapat dimasuki lima orang.

Di Pulau Batanta terdapat desa wisata Marandanweser dan Waiweser, di mana pengunjung dapat menginap dan merasakan kehidupan asli masyarakat lokal.

4. Pulau Salawati

Pulau Salawati masih belum ramai oleh turis. Foto dari rajaampatholidays/IDN Times

Pulau Salawati belum terlalu ramai dan alamnya masih murni. Pulau ini merupakan saksi bisu terjadinya Perang Dunia II, terbukti dari peninggalan-peninggalan bunker Belanda dan Jepang yang ditemukan di pulau ini.

Tak hanya itu, di pulau ini pengunjung bisa menemukan ikan pelangi salawati yang hanya ada di pulau ini. 

—Rappler.com

Artikel ini sebelumnya diterbitkan di IDNTimes.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!