3 manfaat buah nangka bagi kesehatan

Siantita Novaya

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

3 manfaat buah nangka bagi kesehatan
Mulai dari penangkal kanker hingga meningkatkan imun

JAKARTA, Indonesia — Banyak orang menyukai buah nangka karena rasanya yang manis. Buah ini juga sering dijadikan pelengkap berbagai makanan atau minumen, seperti es teler dan gudeg.

Namun nangka ternyata tak hanya nikmat di lidah, tapi juga memiliki manfaat bagi kesehatan karena kandungan yang dimilikinya. Apa saja?

Kaya nutrisi pelawan sel kanker

Buah nangka mengandung zat isoflavon, fitonutrien, lignan, dan saponin. Kandungan ini mampu melawan sel kanker pada tubuh manusia. Kandungan-kandungan ini juga dapat mencegah masuknya radikal bebas yang dikenal sebagai salah satu penyebab utama kanker dan penyakit kronis lainnya.

Kandungan fitronutrien berfungsi mencegah sel kanker berkembang di tahap awal. Sementara kandungan saponin juga terbukti mampu mengatasi pertumbuhan kanker kolon. Fitronutrien dan saponin dapat bekerja sama mengurangi perkembangan sel kanker karena saling mengikat bersama-sama.

Melindungi sel-sel DNA dari kerusakan

Buah nangka mengandung antioksidan yang berfungsi melindungi sel DNA dari kerusakan akibat radikal bebas. Getah yang dimiliki nangka juga berfungsi sebagai pembersih usus dengan baik. Getah dan kandungan seratnya mampu bekerja sama untuk menghilangkan racun di sistem pencernaan.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Selain kandungan-kandungan yang telah disebutkan di atas, buah nangka juga kaya akan vitamin C. Vitamin C dikenal sebagai penguat sistem imun yang paling efektif.

—Rappler.com

Artikel ini sebelumnya diterbitkan di IDNTimes.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!