Indonesia

4 hal yang harus dilakukan usai wawancara kerja

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

4 hal yang harus dilakukan usai wawancara kerja
Salah satu tahapan penting dalam proses rekrutmen karyawan adalah wawancara. Tapi setelah melewati wawancara, apa yang sebaiknya perlu dilakukan?

JAKARTA, Indonesia —Lega! Pasti itu yang pertama kali dirasakan setelah kamu melewati salah satu proses paling krusial di tahapan rekrutmen karyawan, yakni wawancara kerja.

Setelah melewati pertanyaan demi pertanyaan dan akhirnya sesi wawancara kerja berakhir, setidaknya kamu sudah menyelesaikan satu tahapan dalam proses rekrutmen.

Terlepas dari bagaimana hasilnya, atau bagaimana performamu selama wawancara, pastikan untuk tetap optimis. Tapi setelah wawancara berlalu, cobalah melakukan beberapa hal ini untuk evaluasi.

Catat hal penting dalam diskusi

Segera setelah kamu menyelesaikan wawancara, carilah tempat untuk mengatur ulang emosi dan pikiranmu. Meski sederhana, terkadang wawancara terasa melelahkan karena banyak yang harus kamu pikirkan dan pertimbangkan matang-matang.

Setelah tenang dan emosimu kembali normal, coba ingat-ingat dan catat poin-poin penting dari diskusi saat wawancara kerja tadi. Dengan begini, jika ada panggilan selanjutnya, kamu lebih siap untuk lebih terlibat dalam pembicaraan dan diskusi lainnya.

Pro dan kontra

Coba buat daftar apa saja yang kamu amati selama wawancara berlangsung. Apa yang jadi topik-topik yang menarik untukmu atau apa nilai positif dari perusahaan tersebut di matamu. Tak hanya itu, catat pula apa yang kamu rasa tidak sesuai atau kurang pas dengan ekspektasimu sebelumnya.

Apakah ini akan jadi kesempatan yang baik untuk mengubah karier? Atau ini adalah perusahaan impianmu? Temukan alasan-alasan itu agar nantinya kamu bisa lebih antusias.

Mengirimkan thank you note

Tidak ada salahnya jika setelah wawancara, kamu mengirimkan sedikit catatan terima kasih untuk perwakilan perusahaan dan pewawancara yang baru saja kamu temui. Kamu bisa melakukannya di hari yang sama atau menunggu satu atau dua hari setelahnya. Ini akan menunjukkan bahwa kamu memiliki tata krama dan personality yang baik.

Follow up

Sebenarnya ada dua hal yang bisa dilakukan saat menanti hasil wawancara kerja. Yang pertama adalah pasrah dan menunggu panggilan selanjutnya dari perusahaan tersebut atau kamu bersikap proaktif dengan menghubungi mereka.

Baiknya, jika kamu memutuskan untuk menanyakan hasil wawancara, lakukan dengan email, minimal seminggu setelah wawancara dilakukan. Jangan terlalu cepat, karena kesannya kamu tidak sabar menunggu proses seleksi. —Rappler.com

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!