Indonesia

Mengenal fitur dan spesifikasi 3 iPhone terbaru

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Mengenal fitur dan spesifikasi 3 iPhone terbaru
Apple baru saja memperkenalkan iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X

JAKARTA, Indonesia — Apple telah memperkenalkan tiga model iPhone terbaru pada Senin, 11 September kemarin, termasuk salah satunya adalah perangkat yang dikatakan sebagai the biggest leap forward atau ‘lompatan terjauh’ sejak iPhone diluncurkan 10 tahun lalu.

Chief Executive Apple Tim Cook mengumumkan ponsel premium iPhone X serta perangkat terbaru iPhone 8 dan iPhone 8 Plus.

Cook yang berbicara di auditorium yang dinamai Steve Jobs tersebut mengatakan bahwa ponsel iPhone X merupakan puncak terobosan perusahaan tersebut sejak iPhone pertama kali diperkenalkan satu dekade lalu.

IPHONE X. iPhone X memiliki layar tanpa batas dengan 'Super Retina Display'

“Sepuluh tahun kemudian kami pantas berada di sini, pada hari ini, mengungkapkan produk yang akan menjadi patokan bagi teknologi dalam dekade berikutnya,” ujar Cook.

iPhone X memiliki layar tanpa batas dan menggunakan penyintai wajah untuk membuka kunci ponsel serta mengoptimalkan fitur layar “super retina” dengan grafis dan resolusi yang lebih baik.

iPhone X akan tersedia di pasar Amerika Serikat mulai 3 November mendatang dengan harga fantastis, $999 atau lebih dari Rp 13 juta, dan akan menyusul segera di beberapa negara. Ponsel ini memiliki fitur wireless charging — yang pertama bagi iPhone — dan memiliki animoji, fitur yang mengijinkan penggunanya untuk mengirimkan versi animasi dari wajah dan ekspresi mereka sendiri.

Ponsel ini akan memiliki dual kamera 12MP yang dilengkapi dengan dual optical image stabilization, serta fitur potret pencahayaan yang membuat pengguna dapat menyesuaikan jenis cahaya untuk foto yang diinginkan. Sementara FaceID, menggantikan fitur TouchID sebagai fitur pengamanan, dikatakan 20 kali lipat lebih aman dari TouchID.

Ponsel ini menggunakan chip terbaru A11 Bionic dan kini tidak memiliki tombol beranda. Untuk membuka ponsel, pengguna hanya perlu menggeser dari bawah ke atas. Fungsi lainnya juga bisa dilakukan hanya dengan menggeser.

Dari segi layarnya, iPhone X dilengkapi dengan OLED display berukuran 5.8-inch bernama “Super Retina Display” yang memiliki resolusi 2436 x 1125 pixels. Ia memiliki pixel density 458 pixel per inch, yang tertinggi di iPhone. Ponsel ini juga didukung fitur HDR dan Dolby Vision serta memiliki rasio kontras 1,000,000 hingga 1.

iPhone X terbuat dari kaca, baik di bagian depan maupun di belakang, tahan air dan debu “hingga ke partikel terkecil,” ujar Phil Schiller, wakil presiden dari worldwide marketing Apple. Secara resmi ponsel ini memiliki rating IP67.

iPhone 8 dan 8 Plus

IPHONE 8. iPhone 8 dan iPhone memiliki tampilan mirip pendahulunya.

Schiller juga mengumumkan bahwa iPhone 8 dan 8 Plus merupakan ponsel pertama yang benar-benar dibuat untuk pengalaman augmented reality, dengan peningkatan daya dan grafis dari pendahulunya.

Ponsel ini juga dilengkapi dengan chip A11 Bionic, didukung fitur wireless charging, serta memiliki rating tahan air dan debu IP67. iPhone 8 memiliki layar sebesar 4,7 inch sedangkan 8 Plus 5,5 inch. Sama seperti X, iPhone 8 dan 8 Plus dilengkapi dengan layar True Tone yang bisa memperbaiki warna tampilan sesuai dengan cahaya di sekitar.

iPhone 8 dan 8 Plus dikatakan memiliki speaker baru dengan suara 25% lebih kencang dari iPhone 7. iPhone 8 memiliki kamera single 12MP sementara 8 Plus memiliki pengaturan dual-camera: sebuah lensa wide dengan fokus f1.8 dan lensa tele dengan fokus f2.8. Fitur pencahayaan seperti di iPhone X hanya tersedia di iPhone 8 Plus tetapi tidak ada di iPhone 8.

iPhone 8 dibanderol dengan harga $699 atau sekitar Rp 9,2 juta, sedangkan 8 Plus dihargai $799 atau Rp 10,5 juta. Kedua ponsel ini akan dapat resmi dibeli di Amerika Serikat pada 22 September dan setelah itu akan mulai dipasarkan di negara lain.

iPhone X, 8 dan 8 Plus dikabarkan akan memiliki dua pilihan, yakni dengan memori 64GB dan 256GB, tetapi harga masing-masing belum diumumkan. Apple juga meluncurkan versi terbaru dari smartwatch mereka serta sistem streaming untuk televisi 4K HD. Selain itu, Apple juga akan segera merilis iOs 11 secara bergiliran mulai 19 September mendatang.

—dengan laporan AFP dan Gelo Gonzales/Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!