‘Jomblo’ versi reboot tawarkan cerita berbeda ala millenial

Sakinah Ummu Haniy

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

‘Jomblo’ versi reboot tawarkan cerita berbeda ala millenial
'Jomblo' akan tayang pada 5 Oktober mendatang

JAKARTA, Indonesia — Awal tahun ini sutradara Hanung Bramantyo mengumumkan salah satu proyek terbarunya. Ia akan membuat ulang film Jomblo yang pernah dirilis pada 2006 silam. 

Film ini masih berkisah tentang persahabatan empat orang laki-laki, Agus (Ge Pamungkas), Doni (Richard Kyle), Olip (Deva Mahenra), dan Bimo (Arie Kriting), saat masih berkuliah. Karakter keempat tokoh ini juga dibuat mirip dengan film sebelumnya.

Namun menurut penuturan penulis novel asli Jomblo yang terbit tahun 2003 silam, Adhitya Mulya, film kali ini mencoba menawarkan jalan cerita yang berbeda dari film sebelumnya. Oleh karena itu, film Jomblo tahun 2017 ini disebut sebagai Jomblo reboot, bukan remake.

“Jadi kita reset dari awal. Dari awal Mas Hanung bilang, yuk kita reboot, kita reset, kita bikin cerita baru lagi yang lebih relevan ke anak-anak jaman sekarang,” ujar Adhitya di kantor Falcon, Jakarta, pada Senin, 18 September.

Adhitya memaparkan bahwa perkembangan teknologi khususnya media sosial memiliki peranan besar dalam perbedaan antara film Jomblo yang dulu dan sekarang.

Jomblo yang pertama itu lahir di jaman di mana hp saja belum tumbuh. Jadi ketika seseorang mau ngebungi temannya susah. Sekarang jauh lebih gampang jadi plot pun bisa berubah,” katanya.

Para aktor yang menjadi pemain dalam ini juga mengaku diminta Hanung untuk memisahkan diri dari karakter yang pernah “hidup” di tahun 2006. Pemeran Olip, Deva Mahenra yang belum pernah menonton film sebelumnya pun diminta untuk tidak menonton film tersebut.

“Saya enggak nonton yang versi dulunya, sengaja, memang dari Mas Hanung meminta seperti itu. Supaya kita tidak terbawa, karena ini memang pengin keluar banget, secara skenario juga udah beda banget,” ujar Deva dalam kesempatan yang sama.

Sementara Ge Pamungkas mengaku sempat merasa terbebani mengingat peran Agus di film sebelumnya dimainkan dengan apik oleh Ringgo Agus Rahman. Tetapi karena film ini merupakan reboot, pemenang Stand Up Comedy Indonesia tahun 2012 tersebut pun diminta untuk menciptakan Agus dengan karakter yang baru.

“Awalnya gue pengin nonton lagi. Tapi dibilang sama Mas Hanung kalau bisa jangan, karena kita mau menciptakan Agus yang baru. Jadi yang gue lakukan adalah gue baca terus skripnya,” katanya.


Lain lagi halnya dengan Arie Kriting yang mengaku sebagai penggemar berat buku dan film Jomblo terdahulu. Menurutnya, salah satu alasan ia menyetujui untuk terlibat dalam proyek ini adalah karena dianggap sangat relevan dengan kondisi saat ini.

“Mas Hanung di sini berusaha menyampaikan banyak pesan dan dinamika sosial yang terjadi belakangan ini dengan menumpang pada premis film Jomblo yang kita sudah tau sama-sama ceritanya memang solid dan luar biasa dari bukunya dulu,” ujar juara 3 Stand Up Comedy Indonesia tahun 2013 tersebut.

Selain keempat sahabat, karakter perempuan dalam film Jomblo juga masih sama, yakni Rita (Natasha Rizky), Lani (Indah Permatasari), dan Asri (Aurelie Moeremans).

Bagaimana sebenarnya jalan cerita dalam film Jomblo versi millenial ini? Saksikan di bioskop mulai 5 Oktober mendatang! —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!