5 hal yang wajib dilakukan ketika kamu ditunjuk sebagai bridesmaid

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

5 hal yang wajib dilakukan ketika kamu ditunjuk sebagai bridesmaid
Saat kamu setuju menjadi bridesmaid, saat itu pula setumpuk tugas menantimu

JAKARTA, Indonesia —Bagi banyak orang, terpilih sebagai salah satu pendamping pengantin wanita (bridesmaid) tentu adalah kesempatan yang baik dan sayang untuk dilewatkan.

Tapi tahukah kamu bahwa sebenarnya tugas, kewajiban dan tanggung jawab seorang bridesmaid itu tak sekadar menjadi pendamping saat hari pernikahan saja. Jika kamu setuju menjadi bridesmaid, pastilah sang pengantin wanita memiliki arti tersendiri dalam hidupmu. Bisa jadi ia adalah sahabat, keluarga atau orang terdekat.

Segudang kewajiban dan tanggung jawab menantimu sebagai seorang bridesmaid. Dan semua harus dilakukan dengan ikhlas dan sepenuh hati, atas nama persahabatan atau kekeluargaan. Tanpa dibayar (bahkan terkadang harus mengeluarkan banyak dana sendiri) mempersiapkan diri sendiri sembari mendampingi sang pengantin menjelang dan saat hari-H pernikahan.

Apa sebenarnya yang harus dilakukan jika kamu terpilih dan setuju menjadi bridesmaid? Simak di bawah ini.

Memilih gaun pengantin

Ini jadi salah satu tugas utama seorang bridesmaid. Saat persiapan lain belum dilakukan, memilih gaun pengantin wanita butuh proses yang lebih lama. Usahakan untuk selalu ada sebagai teman diskusi sang pengantin terkait baju pengantin.

Mungkin kamu bisa membantu mencari referensi model atau desainer atau penjahit yang tepat untuk pengantin. Jangan cuek, tapi juga jangan terlalu ikut campur. Yang dibutuhkan adalah kehadiran dan opinimu. Keputusan tentu tetap ada di pengantin.

Mempersiapkan gaun bridesmaid

Lagi-lagi, posisimu hanya sebagai konsultan dan pemberi saran serta teman diskusi. Sepenuhnya keputusan final ada di tangan pengantin. Jika kamu bukan satu-satunya bridesmaid yang ditunjuk, cobalah berdiskusi dan mencari tahu sosok bridesmaid lainnya untuk bisa melihat gambaran tentang gaun yang tepat.

Jika kebetulan pengantin hanya memberikan bahan kain untuk dijahit sendiri, pastikan sesama bridesmaid berunding tentang konsep seragam agar tidak terlalu melenceng satu sama lain. 

Kalau pengantin hanya memberimu gaun atau bahan kain, siapkan dana untuk kelengkapan lainnya sendiri seperti make-up, sepatu, aksesoris dan biaya jahit, misalnya. Anggap saja ini bentuk perhatianmu pada sang pengantin, tak perlu bersungut-sungut.

Mempersiapkan bridal shower

Ini salah satu tugas penting seorang bridesmaid. Terkadang, pengantin tidak secara gamblang mengatakan bahwa ia menginginkan bridal shower atau bachelorette party. Tapi, pengantin mana yang tidak suka dengan sedikit kejutan manis jelang hari pernikahannya? 

Siapkan semua yang diperlukan untuk keperluan acara. Cari tahu apa yang menjadi kesukaan sang pengantin. Misalnya, warna favorit atau ambience favoritnya. Dari sana, kamu bisa menentukan konsep pesta, atau berdiskusi dengan bridesmaid lainnya. Jangan lupa siapkan bingkisan khusus dari para bridesmaid untuk pengantin. Tak perlu yang mewah atau mahal, tapi sekadar pengingat momen kebersamaan kalian sebelum ia melepas masa lajang.

Teman curhat

Banyak hal yang mengisi pikiran seorang calon pengantn jelang hari besarnya. Kadang bahagia, kadang sedih dan kadang galau serta gundah. Apapun kondisinya, kamu harus menyiapkan waktu dan telinga untuk mendengar semuanya. Jadilah pendengar yang baik bagi calon pengantin.

Meski terkadang kamu tidak sepaham atau geram dengan apa yang dikeluhkannya, cobalah bersabar dan bertoleransi lebih besar. Masa-masa jelang pernikahan tidak pernah mudah dijalani seorang pengantin. 

Hadir di setiap proses

Menerima tawaran sebagai bridesmaid itu juga merupakan sebuah komitmen. Artinya kamu harus selalu ada dalam seiap tahapan penting jelang dan saat pernikahan berlangsung. Misalnya jika ada prosesi adat yang dilakukan, atau pengajian dan siraman, kamu harus ada dan hadir di setiap kesempatan.

Saat pernikahan, ibaratnya kamu adalah asisten kepercayaan sang pengantin. Apapun yang dibutuhkannya, kamu harus sigap menyediakan. Karena itulah, sebenarnya tugas bridesmaid tak mudah.

Tapi tak ada yang lebih menyenangkan dari momen saat kamu menyaksikan sahabat atau orang terdekatmu berbahagia di hari pernikahannya, bukan? —Rappler.com 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!