Naik gaji vs dapat promosi: Mana yang lebih penting?

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Naik gaji vs dapat promosi: Mana yang lebih penting?
Tidak semua orang memperoleh kepuasan melalui ambisi karier and it’s perfectly fine

JAKARTA, Indonesia – Kamu mungkin pernah berada di situasi ketika kamu dipromosikan tapi justru malah tidak mengalami kenaikan gaji. Atau selalu mengalami kenaikan gaji, tetapi malah tidak pernah mendapatkan promosi. Masing-masing bukan kondisi paling ideal.

Tapi kalau bicara soal imbas ke kesuksesan jangka panjang, antara kenaikan gaji dan kenaikan pangkat, mana yang lebih penting?

Lebih penting naik gaji atau promosi?

Prospek kenaikan gaji dan kenaikan pangkat merupakan salah satu bentuk motivasi paling besar bagi karyawan. Memilih antara keduanya tentu tergantung prioritas masing-masing individu.

Tidak semua orang memperoleh kepuasan melalui ambisi karier—and it’s perfectly fine—dan bagi kamu yang memiliki pandangan seperti ini, pekerjaan yang stabil, tidak menuntut, dan dilengkapi kompensasi memadai mungkin adalah definisi kehidupan profesional idaman.

Selain itu, jika target masa depan kamu adalah untuk mendirikan usaha sendiri, titel apapun yang kamu miliki bukan prioritas. Yang penting adalah pengalaman, keahlian, dan koneksi yang kamu dapat dari periode bekerja di perusahaan.

Sementara itu, titel kerja cukup penting untuk kamu yang berminat mendaki jenjang karier. Di banyak industri, terutama di korporasi, jalur karier biasanya vertikal: dari manajer ke kepala departemen ke vice ke chief. Jika jalan karier kamu tidak progresif, hal ini bisa menandakan bahwa kamu dianggap tidak cukup berprestasi untuk mendapat promosi.

Selain itu, pangkat di perusahaan sebelumnya juga kerap menjadi salah satu faktor pertimbangan bagi rekruiter ketika menempatkan kandidat dan melakukan negosiasi gaji: seorang eks manajer tentu saja akan mendapat tawaran dan posisi lebih tinggi dibanding eks staf.

Jadi, mana yang lebih penting? Jawabannya tergantung definisi kesuksesan bagi kamu.

Ketimpangan promosi versus naik gaji

Meski begitu, bukan berarti kamu harus puas jika hanya ditawarkan salah satunya. Bila perusahaan mungkin tidak sedang dalam posisi untuk memberi promosi saat ini karena restrukturisasi, kamu bisa memilih bersabar atau menimbang opsi kamu.

Tidak ada yang memaksa kamu untuk bertahan di lingkungan yang tidak kondusif terhadap kemajuan karier.

Bisa jadi juga karier kamu terasa mandek semata karena kamu tidak pernah mengajukan keluhan ini! Atasan mungkin merasa bahwa kamu sangat kompeten dalam mengerjakan tugas saat ini, hingga beliau tidak terpikir untuk membiarkan kamu “terbang” lebih tinggi.

Jika kamu merasa sudah cukup kualifikasi dan pantas untuk dipromosi, bicarakan empat mata dengan atasan disertai bukti yang mendukung.

Sebaliknya, tambahan tanggung jawab tanpa remunerasi yang memadai juga bukan solusi; prestise tidak dapat membayar tagihan kamu. Katakanlah perusahaan memberi kamu promosi, tapi tidak bisa menaikkan gaji karena sedang mengalami kesulitan finansial.

Sebagai pegawai, kamu tetap harus memastikan kalau kamu dihargai dengan adil satu cara maupun yang lain. Misalnya, bisa dalam bentuk opsi saham, pilihan untuk remote working, dan lainnya. – Rappler.com

Artikel sebelumnya sudah pernah diterbitkan di situs www.qerja.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!