Philippine economy

Jokowi pantau langsung gladi kotor pernikahan Kahiyang-Bobby

Ari Susanto

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Jokowi pantau langsung gladi kotor pernikahan Kahiyang-Bobby
Tamu undangan akan dijemput dengan menggunakan becak menuju gedung. Ada sekitar 50 tukang becak yang siap antar-jemput tamu sejak pagi

SOLO, Indonesia —Dua hari menjelang pernikahan putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu, dengan Muhammad Bobby Afif Nasution, panitia menggelar gladi kotor dan simulasi pengamanan rombongan keluarga calon mempelai pria yang rencananya akan mengantar Bobby dengan menggunakan kereta kuda.

Sejak siang hari, Senin, 6 November, polisi militer dan paspampres sudah mensterilkan area di sekitar kediaman Jokowi di Jalan Kutai Utar, Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo, yang berada tak jauh dari gedung pernikahan. Khusus masyarakat yang tinggal di sekitarnya, jalur keluar masuk kendaraan dialihkan tanpa melewati rumah presiden.

(BACA JUGA: 5 fakta persiapan pernikahan Kahiyang Ayu-Bobby Nasution)

Sore harinya, arak-arakan andong – sebagai pengganti kereta kencana yang nanti akan membawa mempelai dan keluarganya – berjalan dari Hotel Alila Solo, tempat keluarga Bobby menginap, menuju Gedung Graha Saba Buana yang akan menjadi lokasi berlangsungnya akad nikah dan resepsi pada Rabu pagi, 8 November. Rombongan andong ini dikawal oleh Paspampres dan barisan Polwan.

“Saat hari H nanti, semua personel pengamanan yang mengawal akan menggunakan pakaian adat. Mempelai laki-laki dari selatan, sementara Mbak Kahiyang dari kediamannya, nanti bertemu dan beriringan menuju ke gedung dengan kereta kencana,” kata Kepala Penerangan Korem 074 Warastratama Surakarta Kapten Inf Alfian Yudha.

Untuk mengantisipasi kemacetan lalu lintas, aparat kepolisian hari melakukan rekayasa buka tutup jalur, mulai dari Jalan Ahmad Yani (Hotel Alila) hingga Jalan Letjen Soeprapto kawasan Sumber, Banjarsari, di mana Graha Saba berlokasi. Namun, pada Rabu lusa, ruas jalan di depan gedung pernikahan akan sepenuhnya ditutup.

Tamu undangan tak bisa menaiki kendaraan mendekat ke gedung. Sebagai gantinya, tersedia kantong-kantong parkir tak jauh dari Graha Saba.

Tamu akan dijemput dengan menggunakan becak menuju gedung. Ada sekitar 50 tukang becak yang siap antar-jemput tamu sejak pagi.

Sebelumnya, para tukang becak sudah menjalani pemeriksaan kesehatan oleh Dinas Kesehatan Surakarta untuk memastikan mereka benar-benar sehat dan bisa membawa tamu bolak-balik. Panitia tidak ingin insiden tukang becak yang tersungkur dan meninggal setelah membawa tamu pada pernikahan Gibran dua tahun lalu terulang.

Sementara itu, Jokowi tampak memantau langsung gladi kotor pengamanan keluarga calon besannya itu. Ia berjalan keluar dari kediamannya bersama Mensesneg Pratikno dan berhenti di depan sebuah toko material di pinggir jalan untuk menyaksikan iringan kereta kuda.

“Gladi ini saya lihat sudah sesuai dengan yang kita rencanakan. InsyaAllah nanti dimudahkan Allah, lancar semuanya,” kata Jokowi kepada awak media.

Malam ini keluarga presiden mengadakan pengajian di rumahnya, namun hanya mengundang tetangga sekitar saja. Sedangkan acara prosesi pernikahan akan mulai digelar Selasa pagi dengan siraman menurut adat Jawa, kemudian pada malam harinya dilanjutkan dengan acara malam midodareni.

“Doakan saja semuanya lancar. Ya memang sudah saatnya (Kahiyang) berumah tangga, semoga bisa membangun keluarga yang sakinah mawadah warohmah,” lanjut Jokowi.

Saat ditanya tentang tamunya, Jokowi menegaskan kembali bahwa ia mengundang banyak orang termasuk pedagang di pasar, pedagang kaki lima, dan tetangga di sekitarnya.

Sebelumnya, Jokowi mengatakan tidak akan mengambil cuti untuk mengurus pernikahan Kahiyang. Sebagai gantinya, ia memilih berkantor di Solo sejak Jumat malam pekan lalu hingga Rabu mendatang.

Di sela memantau persiapan pernikahan putri semata wayangnya, Jokowi tetap menjalankan agenda kerja kepresidenan dengan kunjungan ke sejumlah daerah di Jawa Tengah dan Jawa Timur, yakni Boyolali, Madiun, dan Sragen. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!