Mengenal 12 penyakit yang menyebabkan sakit perut sebelah kiri

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Mengenal 12 penyakit yang menyebabkan sakit perut sebelah kiri
Apa artinya jika Anda mengeluhkan sakit perut sebelah kiri?

JAKARTA, Indonesia —Sakit perut menduduki jajaran teratas di antara gejala-gejala paling umum yang menyebabkan orang-orang mencari pertolongan medis. Sayangnya, hanya menggambarkan gejala sebagai “sakit perut”, “nyeri perut”, “perut melilit” kadang masih kurang spesifik. 

Dokter dapat mempersempit kecurigaan penyebab sakit perut Anda dengan mempertimbangkan lokasi rasa sakitnya. Sakit di sisi kiri perut dapat disebabkan oleh masalah pada organ dan struktur di bagian kiri perut maupun pengaruh dari masalah organ lain yang terletak jauh dari perut.

Lalu, apa artinya jika Anda mengeluhkan sakit perut sebelah kiri? Berikut penjelasannya menurut Hello Sehat.

Sembelit

Sembelit bisa ditandai dengan sensasi sakit perut sebelah kiri. Selain rasa sakit, sembelit dapat menyebabkan ketidaklancaran BAB, perasaan kembung, dan berkurangnya berat badan.

Radang usus buntu

Radang usus buntu menyebabkan rasa sakit mendadak yang dimulai di sebelah kanan bawah perut. Namun pada kebanyakan orang, rasa sakitnya mulai terasa di sekitar pusar dan bergerak ke perut sebelah kiri. Seiring memburuknya peradangan, nyeri usus buntu biasanya meningkat dan akhirnya semakin parah. Pengobatan standar dari kondisi ini adalah operasi pengangkatan usus buntu.

Divertikulitis

Divertikula adalah kantung kecil membuncit yang dapat terbentuk di lapisan sistem pencernaan Anda. Kantung ini paling sering ditemukan di bagian bawah usus besar. Divertikula adalah kondisi umum terutama setelah usia 40-an, dan jarang menimbulkan masalah.

Namun, terkadang divertikula bisa meradang dan terinfeksi, hingga bahkan pecah. Peradangan ini disebut divertikulitis. Divertikulitis dapat menyebabkan sakit perut parah yang konstan dan bertahan selama beberapa hari. Biasanya, keluhan sakit perut dirasakan di sebelah kiri, tapi dapat terjadi di sebelah kanan, terutama pada orang-orang berdarah Asia. Selain sakit perut sebelah kiri, divertikulitis juga dapat menyebabkan bengkak di perut kiri bawah, demam, mual, dan perubahan besar pada kebiasaan buang air besar Anda (diare berdarah sporadik).

Divertikulitis ringan bisa diobati dengan istirahat, perubahan pola dan menu makan, serta antibiotik. Divertikulitis parah atau berulang mungkin memerlukan operasi.

Irritable bowel syndrome (IBS)

Irritable bowel syndrome (IBS) adalah gangguan sistem pencernaan yang menyerang usus besar, ditandai dengan kram perut, perasaan kembung, serta buang gas. IBS juga dapat menyebabkan masalah pergerakan usus, mulai dari sembelit hingga diare.

Infeksi kandung kemis (cystitis)

Cystitis adalah istilah yang menggambarkan peradangan kandung kemih. Pada umumnya, peradangan disebabkan oleh infeksi bakteri, dan termasuk dalam infeksi saluran kencing.

Infeksi kandung kemih dapat terasa menyakitkan dan mengganggu, dan dapat menjadi masalah kesehatan serius jika peradangan menyebar ke ginjal. Cystitis dapat menyebabkan sakit perut sebelah kiri bawah, sensasi terbakar saat buang air kecil atau dorongan buang air kecil berulang, serta ketidaknyamanan panggul.

Penyebab peradangan kurang umum lainnya adalah reaksi efek samping obat, terapi radiasi, atau iritan potensial, seperti vaginal douche, lubrikan spermisida, atau penggunaan kateter jangka panjang. Cystitis juga dapat menadi komplikasi dari penyakit lain.

Penyakit ginjal

Batu ginjal biasanya disebabkan oleh terlalu tingginya kadar kalsium atau asam urat dalam tubuh. Dehidrasi juga bisa menjadi penyebab batu ginjal. Gejala umum dari kondisi ini adalah sakit perut sebelah kiri bawah, demam, mual, nyeri di pangkal paha, dan muntah.

Sakit perut sebelah kiri bawah juga dapat disebabkan oleh infeksi pada ginjal. Peradangan biasanya dimulai dari kandung kemih dan kemudian menjalar ke ginjal. Nyeri akut juga bisa dirasakan bersama keinginan buang air kecil terus-menerus, sensasi panas saat buang air kecil, dan hematuria (urin berdarah) di antara gejala-gejala lainnya.

Hernia

Hernia adalah pembengkakan jaringan lunak, biasanya usus, yang mencuat menembus bagian yang lemah atau robek di bagian bawah dinding perut di lipatan paha (hernia inguinalis) atau menusuk diafragma (hernia hiatal). Tonjolan yang dihasilkan dapat menyebabkan sakit perut sebelah kiri, terutama ketika Anda batuk, membungkuk, atau mengangkat benda berat. Kadang, pada pria rasa sakit dan bengkaknya menyebar hingga ke sekitar testis ketika tonjolan usus makin turun ke dalam buah zakar.

Hernia tidak selalu berbahaya. Namun, kondisi ini tidak bisa sembuh sendiri dan dapat menyebabkan komplikasi fatal jika tidak ditangani. Dokter mungkin menyarankan operasi untuk memperbaiki hernia inguinalis yang meyakitkan atau semakin membesar.

Kista indung rahim

Kista indung rahim adalah pertumbuhan tumor jinak berisi cairan yang bertumbuh di dalam atau permukaan indung rahim. Wanita memiliki satu pasang indung rahim — masing-masing berukuran sebesar kacang almond — yang terletak di setiap sisi rahim. Banyak wanita memiliki kista indung rahim pada beberapa titik selama hidup mereka. Kebanyakan kista ovarium sedikit menghasilkan, atau tidak sama sekali, ketidaknyamanan dan tidak berbahaya. Mayoritas kista ovarium menghilang tanpa pengobatan dalam beberapa bulan.

Namun, kista ovarium — terutama yang telah pecah — kadang menghasilkan gejala serius seperti sakit perut sebelah kiri atau nyeri panggul yang parah dan menyerang tiba-tiba tiba-tiba, perut yang parah, atau rasa sakit yang disertai demam atau muntah. Tanda dan gejala ini — gejala umum yang mewakili syok seperti panas dingin, kulit lembab; napas cepat; dan kepala pusing terasa berkunang-kunang atau kelemahan — menunjukkan keadaan darurat dan memerlukan perhatian medis segera.

Kanker perut

Masalah usus selain divertikulitis juga dapat menyebabkan sakit perut sebelah kiri bawah dan nyeri punggung, misalnya kanker usus dan pankreas.

Gejala kanker termasuk perubahan kebiasaan buang air besar (sembelit meningkat), perubahan konsistensi feses, perut kembung dan/atau feses berdarah, penurunan berat badan, nafsu makan memburuk, dan perasaan lemah umum. Gejala akan bertahan selama beberapa bulan. Kanker akan menyebabkan sakit perut sebelah kiri menjalar ke bagian atas ketika sel-sel kanker mulai memengaruhi organ lainnya. Ketika kanker mempengaruhi ekor, kepala, atau tubuh pankreas, Anda akan mengalami sakit perut sebelah kiri.

Sangat penting untuk diingat bahwa penurunan berat badan, perubahan kebiasaan buang air besar, dan kehilangan nafsu makan adalah sejumlah gejala yang juga mewakili kondisi lain seperti ulcerative colitis, sembelit kronis, IBS, celiac, dan penyakit Crohn. Sangat dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter jika Anda mengalami salah satu gejala di atas.

Angina

Angina adalah istilah yang digunakan untuk nyeri dada yang disebabkan oleh berkurangnya aliran darah ke otot jantung. Angina adalah gejala dari penyakit arteri koroner. Angina biasanya digambarkan sebagai meremas, tekanan, berat, sesak atau sakit di dada Anda. Angina, juga disebut angina pectoris, bisa menjadi masalah yang berulang atau tiba-tiba, masalah kesehatan akut.

Gejala angina yang dimiliki wanita dapat berbeda dari gejala angina klasik. Misalnya, perempuan akan lebih sering menunjukkan gejala seperti mual, sesak napas, sakit perut sebelah kiri, atau kelelahan ekstrem, dengan atau tanpa nyeri dada. Atau, mereka mungkin merasakan ketidaknyamanan di leher, rahang, atau punggung, atau nyeri yang terasa menusuk bukan menekan dada yang umum. Perbedaan ini dapat menyebabkan keterlambatan dalam mencari pengobatan.

Angina relatif umum tetapi bisa sulit untuk membedakan dari nyeri dada lainnya, seperti rasa sakit atau ketidaknyamanan dari gangguan pencernaan. Jika Anda memiliki nyeri dada yang tidak dapat dijelaskan, cari pertolongan medis segera.

Gastritis

Gastritis menggambarkan sekelompok kondisi dengan satu kesamaan: peradangan lapisan lambung. Gastritis paling sering diakibatkan oleh infeksi dengan bakteri yang sama dengan penyebab maag paling umum. Cedera, biasa menggunakan obat penghilang rasa sakit tertentu, dan minum terlalu banyak alkohol juga dapat berkontribusi untuk gastritis. Gejalanya termasuk sakit perut sebelah kiri atas yang terasa menggerogoti atau terbakar (yang mungkin membaik setelah makan), mual dan muntah, serta perasaan perut atas penuh setelah makan.

Gastritis dapat terjadi tiba-tiba (gastritis akut), atau dapat terjadi perlahan dari waktu ke waktu (gastritis kronis). Dalam beberapa kasus, gastritis dapat menyebabkan borok dan peningkatan risiko kanker perut. Bagi kebanyakan orang gastritis tidak serius dan dapat cepat pulih dengan pengobatan.

Kehamilan ektopik

Sakit perut sebelah kiri bawah yang mendadak dapat menjadi akibat dari kehamilan ektopik. Kehamilan ektopik terjadi ketika embrio tertanam di luar rahim, biasanya di dalam tabung rahim alias tuba falopi. Kehamilan ini tergolong kehamilan tak layak yang berisiko tinggi, dan menyebabkan gejala nyeri di sisi di mana kehamilan terjadi, Rasa sakit terjadi pada perut bagian bawah, punggung bawah, dan panggul. Selain itu, mungkin diikuti mual, perdarahan vagina abnormal, dan nyeri payudara. Ketika ada kekhawatiran kehamilan ektopik, perhatian medis dibenarkan.

—Rappler.com

Artikel ini sebelumnya diterbitkan di hellosehat.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!