Indonesia

Perlengkapan berlibur ke pantai yang wajib dibawa

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Perlengkapan berlibur ke pantai yang wajib dibawa
Supaya liburan ke pantai semakin seru tentu ada perlengkapan yang rasanya wajib untuk dibawa

JAKARTA, Indonesia —Berbicara pantai memang seakan tidak pernah habisnya. Pantai menjadi tempat wisata yang akan selalu diburu oleh hampir sebagian besar para pecinta liburan, entah itu liburan panjang, maupun hanya untuk melepas penat di akhir pekan.

Setiap pantai selalu menyimpan keindahannya tersendiri, seperti  pasir, suara ombak, air laut, suasana, hingga tempat-tempat hiburan di sekitarnya. Semuanya memiliki keistimewaan yang mampu menenangkan pikiran yang jenuh. Supaya liburan ke pantai semakin seru tentu ada perlengkapan yang rasanya wajib untuk dibawa.

Berikut ini adalah beberapa perlengkapan yang tidak boleh tertinggal saat ingin berlibur ke pantai:

Pakaian pantai

Liburan ke pantai memiliki dresscode khusus sebab salah kostum atau menggunakan pakaian yang tidak nyaman akan menggagalkan suasana liburan di pantai. Dresscode pantai sebenarnya adalah pakaian yang ‘ramah‘ terhadap air. Untuk Anda yang ingin berbasah-basah ria, gunakanlah pakaian renang agar bisa total ketika ingin menceburkan diri ke air laut.

Namun, bagi Anda yang hanya ingin sekedar duduk-duduk atau jalan-jalan manis di sekitar pantai, gunakanlah pakaian seperti kaus dan celana pendek. Kedua jenis pakaian ini akan membuat Anda merasa nyaman saat menghabiskan hari libur di pantai.

Sunblock

Meskipun sedang liburan, bukan berarti Anda bebas melupakan kesehatan kulit Anda. Pantai identik dengan suhu yang panas dengan teriknya matahari. Hal ini tentu bisa memberikan efek samping untuk kulit Anda. Oleh sebab itu, gunakanlah selalu sunblock atau tabir surya saat sebelum ke pantai.

Oleskanlah sunblock ke seluruh tubuh Anda, seperti tangan, kaki, paha, leher, hingga wajah. Pilihlah sunblock dengan SPF tingkat tinggi agar kulit tetap terlindungi. Selain itu, Anda juga perlu untuk mengoleskan ulang sunblock pada tubuh Anda selang beberapa jam agar perlindungan kulit Anda maksimal.

Sandal

Berada di pantai tentu akan ada banyak pasir dan air. Oleh karena itu, gunakanlah alas kaki yang ramah dengan pasir dan air, seperti sandal. Pilihlah sandal dengan bahan tahan air sehingga dapat mudah dibersihkan. Penggunaan sandal di pantai akan membuat kaki Anda lebih fleksibel menghadapi air laut yang mungkin tiba-tiba datang membasahi Anda.

Kacamata hitam

Selain kulit dan kaki, bagian tubuh lain yang tidak boleh luput dari perlindungan adalah mata. Penggunaan kacamata hitam ke pantai sebenarnya bukan saja untuk gaya semata, tapi juga baik untuk kesehatan mata Anda. Sinar matahari yang terlalu silau dapat menganggu kesehatan mata. Oleh sebab itu, gunakanlah kacamata hitam agar mata Anda tetap terlindungi dan terasa nyaman saat beraktivitas di pantai.

Tas

Tas merupakan salah satu barang yang tak boleh tertinggal saat ingin berlibur ke pantai. Sesuai fungsinya, tas menjadi alat penyimpan barang-barang di kala Anda jalan-jalan. Untuk urusan tas, pilihlah tas yang akan membuat Anda nyaman. Pilihlah jenis tas punggung dengan ukuran yang tak terlalu besar dan berbahan anti air. Hal ini akan membuat Anda lebih praktis dan nyaman.

Kartu identitas

Kartu identintas atau tanda pengenal merupakan barang yang wajib dibawa ke manapun Anda pergi, tak terkecuali pantai. Meskipun sedang suasana liburan, bukan berarti Anda bisa meninggalkan kartu identitas Anda sembarangan di hotel atau tempat penginapan.

Kartu identitas penting untuk dibawa untuk menghadapi situasi yang tak terduga. Namun, penting untuk diingat, letakkanlah selalu kartu identitas Anda di tempat yang aman, jangan sampai pulang-pulang, kartu identitas Anda rusak atau bahkan hanyut terbawa air laut.

Ikat rambut

Bagi para perempuan, khususnya yang berambut panjang, usahakanlah untuk membawa ikat atau jepit rambut agar liburan ke pantai tetap terasa nyaman. Angin yang berhembus di pantai seringkali terasa kencang. Oleh sebab itu, ikat atau jepitlah rambut Anda agar penampilan Anda tidak terganggu.

Handuk dan baju ganti

Selalu sediakanlah satu buah handuk dan baju ganti di tas berlibur Anda, sebab meskipun Anda tidak berencana berenang di pantai, tapi bisa saja situasi tak terduga datang hingga membuat diri Anda menjadi basah. Oleh sebab itu, jangan pernah ke pantai tanpa membawa handuk dan baju ganti

Alas kain atau karpet

Bagi Anda yang berencana duduk-duduk manis di pinggir pantai, bawalah alas kain atau karpet. Hal ini akan menambah kenyamanan Anda saat ingin menikmati suasana pantai.

Kamera

Momen liburan menjadi salah satu momen yang penting untuk diabadikan bagi sebagian orang. Oleh sebab itu, agar liburan ke pantai semakin seru, bawalah kamera. Namun, selalu ingatlah untuk melindungi kamera Anda dengan penutup anti air agar kamera Anda tidak rusak saat terkena hembusan pasir atau cipratan air.

Peralatan mandi

Sama halnya dengan handuk dan baju ganti, peralatan mandi juga menjadi barang yang penting tersedia di tas berlibur Anda. Peralatan mandi tersebut antara lain: sabun, shampoo, sikat gigi, dan pasta gigi. Agar lebih mudah dan praktis, kumpulkanlah perlengkapan mandi Anda tersebut dalam satu kantung. Pilihlah kantung dengan bahan anti air.

Kantung plastik

Kantung plastik merupakan barang serbaguna dalam berbagai kesempatan, tak terkecuali liburan di pantai. Dengan membawa kantung plastik, Anda tidak perlu repot untuk membawa pakaian Anda yang basah. Selain itu, kantung plastik juga berguna untuk menyimpan sampah sementara saat Anda berlibur ke pantai. Ingatlah selalu untuk menjaga kebersihan di manapun Anda berada!

Itulah tadi beberapa barang yang wajib dibawa saat berlibur ke pantai. Selamat berlibur! —Rappler.com

Artikel ini merupakan hasil kerjasama Rappler Indonesia dengan Priceza Indonesia

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!