#PHVote

SAKSIKAN: Perjalanan Ashari Yudha menggali kebudayaan Nusantara

Devin Yiulianto

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

SAKSIKAN: Perjalanan Ashari Yudha menggali kebudayaan Nusantara
Dalam perjalanannya, Ashari Yudha menyusuri empat pulau di Indonesia

JAKARTA, Indonesia — Selepas bertualang dalam kampanye Mahakarya Indonesia, Ashari Yudha membagikan kisahnya di beberapa pulau Indonesia. Pria yang bercita-cita mengelilingi Indonesia sebelum berumur 25 tahun ini menggali setiap kebudayaan yang memiliki nilai kegigihan, gotong royong, kesabaran, dan kerendahan hati.

Dengan tema Eksplorasi Mahakarya Kebanggaan Indonesia, ia menyusuri empat pulau yaitu Papua (Lembah Baliem, Wamena), Sumatera (Padang, Mentawai dan Medan), Sulawesi (Bulukumba), dan Jawa Timur (Surabaya dan Madura).

Acara press conference dibuka dengan tarian-tarian adat yang diwakilkan oleh empat daerah. Setelah itu MC menyambut JJ Rizal selaku sejarawan yang menemani Ashari Yudha berbicara di depan awak media.

“Kita patut berbangga dengan Tanah Air kita, negeri yang memiliki sejuta pesona karena keberagamanannya. Keberagaman inilah yang mengantarkan Indonesia menjadi negara yang kaya dengan berbagai mahakarya, baik itu dalam bentuk corak budaya, keindahan alam, kuliner, warisan nilai luhur, dan lainnya,” tutur Rizal.

Ashari Yudha mengaku sebagai travel blogger dirinya tak hanya mengabadikan pesona pemandangan Indonesia saja. Namun, ia juga mencari corak-corak kebudayaan yang unik dan orisinil hasil karya masyarakat Indonesia. Dirinya ingin menginsipirasi banyak orang yang dituliskan melalui akun sosial medianya @catatanbackpacker dan blog www.catatanbackpacker.com.

Dalam acara ini, Yudha membawa beberapa buah tangan dari daerah yang ia kunjungi. Ada Batik Tanah Liek, Saronen, Angklung Reog, Tenun Bira, Noken, Koteka, Tenun Bira, dan miniatur Kapal Pinisi. Dalam acara tersebut, Rizal ikut membantu Yudha dalam menjelaskan sejarah dari benda-benda tersebut. Rizal menjelaskan bahwa Mahakarya ini memiliki jiwa-jiwa Indonesia di dalamnya.

Yudha berkolaborasi dengan Dji Sam Soe Super Premium dalam menjelajahi Nusantara. Mereka memiliki satu visi yaitu menginspirasi banyak orang dan terus menggali cerita mengenai Mahakarya Indonesia lebih dalam. Yudha berharap agar kebudayaan di Indonesia dapat dijaga dan dilestarikan dengan sempurna.

Saksikan “oleh-oleh” perjalanan Ashari Yudha lewat video di atas. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!