World Cup

Lima hal yang dapat dilakukan untuk memperluas jejaring di tahun 2018

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Lima hal yang dapat dilakukan untuk memperluas jejaring di tahun 2018
Pada tahun 2018, kamu sebaiknya tidak membatasi jaringan profesional di industri yang tengah digeluti saja.

JAKARTA, Indonesia – Mengenal kolega yang tepat dapat membantu kita mencapai tujuan karier. Itulah alasan mengapa berjejaring penting untuk para profesional.

Zaman sekarang, berjejaring bisa lebih mudah karena adanya perkembangan teknologi. Kita bisa menciptakan brand pribadi di media sosial. Persona yang kita bangun di media sosial bisa menjadi langkah awal untuk mencari kerja, membangun dan mengembangkan jaringan profesional.

Meski kamu sudah merasa memiliki banyak kolega, namun sebaiknya tidak boleh berhenti membangun jaringan baru. Kamu tetap harus berusaha untuk menambah rekan dan mitra profesional baru. Berikut lima hal yang bisa dilakukan untuk memperluas jaringan di tahun 2018:

1. Memaksimalkan media sosial

Media sosial profesional seperti LinkedIn telah mengubah cara orang berjejaring pada zaman sekarang. Banyak orang mengandalkan LinkedIn untuk mendapatkan referensi, memulai perkenalan, mendapat ulasan dan referensi. Semua hal itu akan berguna saat kamu mencari pekerjaan.

Untuk mengembangkan jaringan kamu di tahun 2018, mulailah memaksimalkan manfaat dari media sosial profesional. Kamu bisa menambahkan orang-orang –siapa saja- yang menjadi sedang klien atau mitra kerja ke jaringan LinkedIn. Bahkan, jika kamu hanya berhubungan dengan orang itu dalam waktu singkat atau hanya untuk satu proyek.

Media sosial profesional juga bisa menjadi  tempat untuk belajar tentang latar belakang profesional dan pendidikan seseorang. Jika berencana menghadiri pertemuan bisnis, kamu bisa memelajari latar belakang mitra kerja yang akan ditemui. Kalau kamu memiliki kesamaan dengannya –misalnya berasal dari universitas yang sama-, maka kamu bisa mencairkan suasana dengan sebuah percakapan hebat.

Hubungan yang baru kamu mulai tak akan bertahan lama jika kamu tidak memeliharanya. Mungkin, saat bertemu dengan kolega pertama kali, kamu sudah berhasil meninggalkan kesan yang baik dengan sikap dan tutur kata yang sopan. Kemudian, rekan kamu mau menerima permintaan untuk berjejaring di media sosial.

Setelah berhasil mengikat hubungan pertama, kamu juga perlu mengucapkan terima kasih melalui media sosial atau email atas pertemuan yang luar biasa. Setelah itu kamu bisa melanjutkan hubungan dengan berbagi tautan, bahan bacaan, atau bahkan kesempatan dan lowongan kerja yang sesuai dengan keahlian mereka.

2. “Melebarkan sayap”

Jangan berpikir sempit. Kamu tidak boleh membatasi jaringan profesional di industri yang digeluti saja. Mulai tahun depan, kamu harus “melebarkan sayap” dengan menjangkau kalangan profesional lainnya.

Saat menghadiri pertemuan bisnis, temukan orang yang memiliki kesamaan gender, masa kerja, pengalaman kerja, latar belakang pendidikan, dan lain sebagainya. Jaringan luas yang beragam akan memberi kamu lebih banyak kesempatan. Siapa tahu suatu saat nanti kamu berpikir untuk mengubah jalur karier. Kamu bisa menghubungi salah seorang dari mereka untuk mendapat informasi tentang industri baru yang ingin kamu geluti.

3. Meminta bantuan

Salah satu cara untuk tetap “terhubung” dengan kolega di jaringan kamu adalah menyapanya untuk meminta bantuan. Misalnya, jika kamu sedang mengerjakan proyek sulit dan butuh bantuan tenaga ahli di bidang lain.

Kamu bisa meminta seseorang di jaringan untuk mengenalkan pada tenaga profesional yang dibutuhkan. Biasanya kolega kamu akan membantu dengan senang hati, apalagi jika kamu juga pernah memberikan bantuan kepadanya.

Ketika bertemu dengan kenalan baru, kamu bisa mengajak kolega untuk menemani. Hal ini agar membuat kamu nyaman untuk bicara dengan orang asing yang baru dikenal. Kolega yang menghubungkan kamu dengan orang baru tersebut bisa membantu membuka percakapan hingga membicarakan tentang latar belakang kesuksesan kamu.

4. Bergabunglah dengan organisasi bisnis

Jika selama ini kamu hanya fokus pada pekerjaan utama, sekarang pikirkan untuk melakukan kegiatan lain di luar tugas kantor. Tahun depan, kamu harus lebih aktif agar bisa membangun hubungan dan jaringan baru.

Salah satu caranya dengan bergabung dengan kelompok bisnis yang menyatukan para pemimpin bisnis dari berbagai pasar. Mungkin tugas kamu akan bertambah, selain mengurus pekerjaan, juga akan terlibat dalam berbagai kegiatan organisasi. Ini adalah latihan mental yang baik dan membantu Anda mendapatkan masukan tentang bagaimana bisnis berjalan di luar industri yang digeluti.

5. Selalu mencari peluang baru

Pikirkan orang-orang yang mungkin akan membantu kamu untuk mengembangkan karier di masa mendatang. Carilah nama mereka di kartu nama atau melalui media sosial profesional. Kalau kamu menemukan momen yang pas, misalnya saat menemukan satu bacaan yang sesuai dengan bidang industri mereka, maka bagikanlah. Lakukan hal itu dengan tulus untuk membantu mereka tumbuh dalam kariernya. Kemudian, kamu bisa memulai percakapan dengannya.

Bangun pondasi jaringan yang kuat dengannya. Jangan sampai kamu hanya menghubungi seseorang jika ada perlu saja. Jangan tinggalkan kesan buruk pada kolegamu. – Rappler.com

Artikel ini sebelumnya pernah diterbitkan di situs qerja.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!