Simak tip aman berbelanja online

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Simak tip aman berbelanja online
Sebelum belanja online simak dulu tip berikut ini

JAKARTA, Indonesia — Tanggal 12 Desember tahun ini kembali diperingati sebagai Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas). Tentunya kita sudah tidak sabar untuk membeli produk-produk yang kita inginkan dengan harga murah. Namun terkadang kita ragu dengan keamanan berbelanja via dunia maya.

Sebelum belanja online ada baiknya kamu simak dulu tip dari Sophos berikut ini agar menjadi lebih aman dan tidak mengalami penipuan.

1. Penawaran yang menggiurkan bisa jadi palsu

Jika penawaran yang diberikan sepertinya tidak masuk akal, ada baiknya kamu mengecek ulang beberapa kali sebelum membeli. Cara teraman untuk mengecek adalah dengan mengunjungi situs resmi untuk melihat harga asli dan pengumuman diskon untuk produk tersebut.

2. Pastikan jaringan aman

Sebelum membayar, terutama untuk pembelian dengan kartu kredit atau debit, pastikan jaringan yang diakses adalah “https” yang berarti jaringan tersebut aman. Tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa transaksi teraman adalah dengan cash on delivery atau melalui perantara toko.

3. Berhati-hati dengan Typosquatting

Pernah melihat situs dengan nama yang sama tapi terlihat berbeda? Bisa jadi situs tersebut melakukan Typosquatting. Hal ini pernah terjadi pada situs Tvvitter yang sekilas terlihat seperti Twitter. Kamu harus pastikan alamat situs belanja yang kamu kunjungi benar-benar resmi.

4. Pastikan kata sandi cukup aman

Agar lebih aman, kamu harus pastikan untuk membuat kata sandi yang aman. Jangan lupa tambahkan angka dan karakter unik dalam kata sandi agar lebih sulit ditebak.

5. Cek URL sebelum diklik

Sebelum mengklik tautan yang kamu dapatkan dari email, kamu harus mengeceknya terlebih dahulu. Jika kamu menggunakan web browser, pindahkan kursor ke arah link tersebut tanpa mengklik dan pastikan link tersebut adalah resmi. Jika menggunakan telepon pintar kamu bisa tekan dan tahan link tersebut untuk memunculkan URL.

Selamat berbelanja online! —Rappler.com

Ilustrasi belanja online dari Shutterstock

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!